Belum Ada Mbak Asisten Rumah Tangga, Begini Cara Mengatasi Kerepotan Pagi Hari!

Belum Ada Mbak Asisten Rumah Tangga, Begini Cara Mengatasi Kerepotan Pagi Hari!

1.7K
Mbak asisten rumah tangga benar-benar nge-PHP. Padahal biasanya pagi itu adalah waktu paling riweuh sepanjang masa. Bagaimana cara mengatasi kerepotan pagi tanpa si mbak asisten rumah tangga?

Morning, Ma!

Hari ini sepertinya kita benar-benar sudah kembali ke rutinitas biasa sebelum Lebaran ya, atau bahkan sebelum puasa. Anak-anak mungkin belum sekolah sih, tapi Papa dan/atau Mama pasti sudah kembali ngantor. Btw, sudah kembali dapat mbak asisten rumah tangga lagi belum, setelah mbak asisten rumah tangga yang sebelumnya tiba-tiba mutusin kita lewat SMS dan bilang nggak mau balik lagi?

Hadeh. Semoga sih sudah ya. Sehingga kelangsungan hidup masing-masing penghuni rumah tidak terganggu.

Kalau belum dapat pengganti asisten rumah tangga juga, sebagai Mama yang tukang rusuh alias hampir selalu buru-buru di pagi hari, seperti saya *uhuk!*, bakalan butuh skenario yang mumpuni pada awal-awal hari. Semacam panduan yang singkat-padat-jelas supaya aktivitas pagi di rumah itu tetap berjalan lancar dalam harmoni bersama aktivitas anggota keluarga lain, gitu. Biar nggak tabrakan satu sama lain.

Hm, gimana ya? Ada tipsnya kah? Well, these are 5 of them.


BACA JUGA


Ketika si Mbak Asisten Rumah Tangga Belum Juga Kembali, Jangan Panik!

Ketika si Mbak Asisten Rumah Tangga Belum Juga Kembali, Jangan Panik!

Sudah biasa kala mbak asisten rumah tangga nge-PHP-in kita dengan nggak balik setelah mudik Lebaran. Nggak perlu panik, dan langsung ambil ...

Read more..


5 tips mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga


1. Know your biological clock


Mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga - Kenali jam biologis

Terburu-buru adalah satu-satunya langkah yang salah untuk memulai pagi. Bukan terbangun dengan napas tersengal akibat mimpi buruk, bukan juga karena turun dari tempat tidur dengan kaki kiri. Jangan juga menyalahkan jam beker kesayangan yang kurang kejam saat membangunkan. Karena memang bukan itu masalahnya, tapi rusuh iya!

Padahal Ma, for your information, we are equipped with our own alarm clock!

Yes, kita memiliki alarm sendiri, loh. Maha Besar Tuhan dengan segala ciptaanNya yang sempurna, tubuh kita mempunyai sebuah sistem yang menjaga aktivitas kita dengan sebaik-baiknya. Namanya Ritme Sirkadian, yang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Franz Halberg dari Jerman, pada tahun 1959.

Sirkadian sendiri berasal dari bahasa latin ‘circa’ yang artinya ‘sekitar’ dan ‘dies’ yang artinya ‘satu hari’. Menurut beliau, fungsi-fungsi tubuh manusia itu berubah-ubah dalam satu hari, bisa naik-turun, aktif-tidak aktif, sesuai dengan waktu-waktu tertentu. Fungsi-fungsi itu adalah suhu badan, tingkat metabolisme, kesiagaan, detak jantung, kemampuan mental, komposisi kimia tubuh, sampai dengan pola bangun dan tidur.

So, Ma, there is no excuse!

Tidak ada alasan lagi untuk terbangun dengan buru-buru dan kesal pada si beker, ya, karena pada dasarnya, ‘aplikasi bawaan pabrik’ aka ritme sirkadian kita sudah secara alamiah memberi tahu kapan waktunya mengantuk dan kapan saatnya harus bangun tidur. Otomatis, tanpa perlu disetel-setel lagi. Cool, right?


2. Prepare your outfit


Mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga - Persiapkan semuanya sejak semalam

Seandainya semua kantor itu mengharuskan karyawannya pakai seragam, maybe our morning would seem much easier. Tidak perlu mengaduk-aduk lemari untuk mencari padanan yang bagus untuk A-line marun kesukaan Mama. Nggak usah ngubek-ubek keranjang setrikaan, mencoba menemukan kerudung termanis sebagai paduan blazer hijau toska Mama. None of it will happen. Senangnya!

Tapi, apa jadinya dunia fashion jika semuanya seragam? Lagipula, memakai baju yang itu-itu saja, dan sama-sama saja dengan seluruh rekan kerja, apa tidak membosankan? *sungkem pada para pegawai negeri atau siapa pun yang bekerja dalam balutan seragam*

Jadi, solusi atas kepusingan me-mix and match baju kerja yang akan kita kenakan pada pagi hari, adalah mempersiapkannya dengan rapi pada malam sebelumnya.

Yup, gantungkan atasan, bawahan, blazer, sampai kerudung yang akan dipakai keesokan hari dengan manis di belakang pintu ya, Ma. Because I swear, this will save you a lot of your morning time!


3. Have your basic makeups in one place


Mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga - Kumpulkan semua keperluan di satu tempat

Selain outfit, sebuah keharusan lain dalam ritual dandan pagi hari kita adalah peralatan makeup standar. Bukan begitu?

Mama tentu tidak ingin berbungkuk-bungkuk di kolong meja rias mencari pensil alis yang sekiranya terjatuh di sana kan? Juga tidak mau mengerahkan tenaga besar demi mengeluarkan sisa-sisa alas bedak yang ternyata sudah hampir habis itu dari tube-nya? Di pagi hari sebelum berangkat kerja yang waktunya sempit itu? No way!

Nah, kalau begitu, taruh semua makeup dasar Mama seperti fondation, compact powder, pensil alis, dan lipstik (tambahkan sendiri daftarnya jika yang empat tadi kurang ya!) dalam satu pouch yang selalu diletakkan di atas meja rias.

Jangan dipindah-pindah, dan pastikan bahwa tidak ada satu pun yang berada dalam keadaan nyaris habis. Jangan pula dipisah-pisah ya, Ma, karena nanti susah lagi mencari satu atau dua dari mereka!

Believe me, this self-favor will keep you away from morning freak-ness. Hahaha.


BACA JUGA


Hidup Lebih Bahagia? Semua Berawal di Pagi Hari dengan 4 Cara yang Sangat Sederhana Ini!

Hidup Lebih Bahagia? Semua Berawal di Pagi Hari dengan 4 Cara yang Sangat Sederhana Ini!

Menjadi bahagia itu pilihan, bahkan merupakan pilihan pertama yang harus kita hadapi begitu kita membuka mata di pagi hari. Mau bahagia, ...

Read more..


4. A scheduled breakfast menu


Mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga - Siapkan menu untuk seminggu sekalian.

Sebagai Mama yang baik, tentu saja soal sarapan berada di pundak kita. Betul? Sebuah tanggung jawab yang terkadang membuat bahu kita pegal karena ternyata pusing juga menyiapkan makan pagi bagi anak-anak dan suami setiap hari. Harus berganti-ganti, serta memenuhi standar gizi seimbang pula!

Selembar jadwal menu yang tertempel di pintu kulkas pastinya akan sangat membantu, Ma! Sebait-dua bait tulisan itu akan meringankan beban pikiran akan pilihan makanan yang harus disiapkan.

Senin, nasi goreng telur ceplok dengan potongan timun, misalnya. Lalu pada Selasa, sandwich dengan lembaran smoked beef dan daun selada. Untuk Rabu, kentang dan buncis rebus dengan filet dada ayam yang berdadu-dadu. Dan seterusnya, yang jelas harus simple, mudah untuk dikerjakan.

Dengan menu sarapan yang variatif itu, pasti seluruh anggota keluarga akan semangat menjelang hari. Hemat waktu untuk berpikir, adalah pangkal dari kebebasan atas segala keruwetan!


5. A little help from dearest husband


Mengatasi kerepotan pagi hari tanpa asisten rumah tangga - Minta Papa untuk membantu

Yak, ini penting! Bisa jadi perempuan itu ditakdirkan untuk mampu bekerja secara multitasking. Berbagai jenis kegiatan bisa kita lakukan dengan disambi-sambi.

Tapi, usahakan untuk melibatkan juga suami dalam kesibukan pagi hari, Ma. Perempuan itu tangguh, tapi bukan berarti harus jadi manusia super yang mengerjakan segalanya sendiri!

Jangan riweuh sorangan, mulai dari menyiapkan sarapan, memandikan, memakaikan baju, dan menyuapi anak-anak, lalu saat sedang asyik berdandan, tiba-tiba si belahan jiwa berteriak, “Ayo berangkat, Ma, jangan lama-lama dong dandannya! Sudah telat nih!”

Laaah! Gubrak deh.

Oleh sebab itu, biasakan untuk berbagi tugas dengan suami, ya Ma. Kalau Mama on duty di dapur, minta Papa untuk membantu mempersiapkan anak-anak.

Syukur-syukur, para buah hati sudah mandiri, bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri, jadi Mama dan Papa tidak terlalu repot lagi. Mama tinggal menyiapkan sarapan untuk seluruh anggota keluarga, lalu mandi, berpakaian, berdandan. Sedangkan Papa tinggal mandi dan berpakaian saja.

Eh, kok tetep banyakan kerjaan Mama ya? Hihihi.


BACA JUGA


Bingung Memilih ART? Saran-Saran Rocking Mama Ini Bisa Bantu Mama!

Bingung Memilih ART? Saran-Saran Rocking Mama Ini Bisa Bantu Mama!

Jangan lupa untuk selalu memperlakukan dia seperti bagian dari keluarga dan penuhi haknya

Read more..


Okay then, jadi mulai besok pagi sudah bisa menghilangkan ‘kerusuhan’ itu meski tanpa asisten rumah tangga ya, Ma? Semua berjalan mulus sesuai orbit masing-masing, pada tempatnya, pada waktunya.

Remember, proper preparation prevents poor performance. Jangan lupa bubuhkan sedikit kecupan dan senyuman pada seluruh keluarga yaa!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belum Ada Mbak Asisten Rumah Tangga, Begini Cara Mengatasi Kerepotan Pagi Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar