Tertarik Menjadi Blogger? Lakukan 7 Tips Membuat Blog Ini, and Enjoy the Process!

Tertarik Menjadi Blogger? Lakukan 7 Tips Membuat Blog Ini, and Enjoy the Process!

871
Membuat blog, bisa jadi sulit, bisa juga enggak. Asal Mama menikmati setiap proses menjadi seorang blogger, tak menutup kemungkinan Mama juga mendapatkan penghasilan darinya.

Mama tentu sudah sangat familiar dengan istilah blog dan blogger. Apa sih blog dan blogger itu?

Blog atau web-log, merupakan aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan yang awalnya berfungsi sebagai catatan harian ataupun log penulisnya. Penulis blog inilah yang disebut blogger.

Satu blog bisa dikelola oleh satu blogger, bisa juga dikelola oleh dua atau banyak blogger. Mama tertarik juga untuk membuat blog dan menjadi seorang mom blogger?


BACA JUGA


Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller, Keempat Sosok Ini Bisa Mama Jadikan Inspirasi

Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller, Keempat Sosok Ini Bisa Mama Jadikan Inspirasi

Mama memiliki hobi menulis? Pada umumnya sudah memiliki blog, yes. Menjadi sukses berawal dari blog itu bisa lho, Ma. Keempat sosok ini ...

Read more..


Coba lakukan 7 tips memulai dan membuat blog di bawah ini.

Temukan alasan Mama sebelum membuat blog


Mengapa Mama ingin membuat blog?

Apakah karena ingin berbagi kepada keluarga jauh Mama? Apa karena ingin berbagi pengalaman parenting dengan sesama mama atau blogger lainnya? Atau karena Mama ingin menghasilkan uang dari blog Mama?

Mama harus menggali dan menemukan alasannya. Alasan ini akan menjadi dasar yang kuat agar Mama bisa rutin menerbitkan tulisan di blog nantinya. Tapi jangan karena paksaan orang lain ya, Ma.


Tentukan niche atau topik blog


Sebuah blog sebaiknya memiliki sebuah niche atau topik tertentu yang akan selalu dibahas di dalam blognya.

Ada baiknya, saat mulai membuat blog, temukan dulu topik yang benar-benar Mama minati atau sesuai dengan passion Mama, atau suatu hal yang ingin benar-benar Mama pelajari lebih dalam. Fokus, Ma! Tidak melebar ke mana-mana.

Niche ini juga dapat menjaga antusiasme Mama dalam menulis agar tulisan Mama terus meningkat. Blog bisa menjadi fasilitas untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan Mama atau bisa juga untuk mengembangkan keahlian yang Mama miliki.


Pilih platform, template dan pelajari ilmu dasar blog


Bagian ini gampang-gampang susah nih Ma, butuh belajar sendiri, ulik-ulik sedikit. Platform ini adalah layanan atau tempat kita membuat blog. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Untuk pemula yang benar-benar belum pernah mempelajari blogging, Mama bisa mencoba platform gratis dari wordpress . com atau blogger . com terlebih dahulu.

Tak perlu khawatir, Ma. Banyak materi dasar membuat blog yang Mama bisa cari dan pelajari di Internet. Jika merasa kebingungan, Mama bisa bertanya atau minta bantuan di komunitas blogger yang Mama ikuti.

Pilih tampilan atau template blog yang simpel dulu, jangan yang terlalu ramai. Saat senggang, coba pelajari bagaimana cara mengedit template tampilan blog Mama. Seiring waktu Mama akan tahu, seperti apa template yang cocok dengan kepribadian Mama.

Yang pasti, buatlah agar pembaca lebih fokus pada tulisan Mama dan nyaman berada di blog Mama.


Latih kemampuan menulis


Kita semua punya bakat terpendam yang menunggu untuk diasah agar keluar hasilnya.

Sama seperti hobi memasak atau bermain piano, menulis adalah keterampilan yang perlu dipraktikkan dan butuh feeling yang tajam. Makin sering kita berlatih, makin ahli pula kita dalam menulis, makin bagus kualitas tulisan kita. Apalagi kalau ternyata kita memang mempunyai bakat, cepat sekali melatihnya.

Tips utama dalam membuat blog dan menjadi blogger yang sukses adalah memperbanyak jam terbang dalam menulis. Tulis apa yang Mama sukai dan menulislah seperti Mama sedang berbicara pada orang lain, agar tulisan Mama terasa lebih hidup.

Menjadi sedikit berbeda dengan yang lain juga tidak apa-apa, Ma. Tonjolkan ciri khas atau keunikan diri Mama. Jika dirasa perlu, sesekali Mama bisa mengikuti kompetisi menulis dan lomba blog.

Jangan ragu atau malu Ma, masing-masing penulis atau blogger memiliki tipe pembacanya sendiri.


BACA JUGA


3 Blogger Beauty Blogs Ini Berhasil Menjadi Brand Ambassador Terkenal di Dunia. Yuk, Ma, Intip Siapa Saja Tuh?

3 Blogger Beauty Blogs Ini Berhasil Menjadi Brand Ambassador Terkenal di Dunia. Yuk, Ma, Intip Siapa Saja Tuh?

Beauty blogs selalu menjadi sarana informatif perihal kecantikan. Berbagai review merk kecantikan, tips hingga tutorial sering disajikan di ...

Read more..


Masuk komunitas blogger


Bergabung dengan komunitas menulis atau komunitas blogger akan bisa menambah semangat Mama.

Dalam komunitas, Mama akan bertemu dengan blogger lain yang bisa men-support Mama. Mama bisa ikut sharing, minta kritik atau saran yang bisa meningkatkan keterampilan Mama dalam membuat blog, update informasi blogging dan sebagainya.

Komunitas blogger ini juga banyak sekali ragam ataupun jenisnya, Ma. Ada yang khusus mempelajari konten, ada mendalami teknik blogging (misalnya SEO), ada juga komunitas regional yang hanya menjadi tempat sharing update blog dan lainnya.

Tinggal Mama pilih saja komunitas yang seperti apa yang cocok untuk Mama.


Konsisten dalam menerbitkan konten baru


Tidak harus menerbitkan atau publish konten blog setiap hari kok, Ma. Yang penting adalah konsistensi. Misal konsisten seminggu sekali, seminggu 3x (di hari Senin, Rabu, Jumat), tiga hari sekali dan sebagainya.

Sesuaikan saja dengan kemampuan dan waktu luang yang Mama miliki. Tapi jangan terlalu jauh juga ya Ma jarak waktunya. Jika Mama konsisten, Mama akan menemukan rutinitas baru yang menyenangkan.


Share ke media sosial untuk mendapatkan pembaca


Mama tentu sudah akrab dengan media sosial kan? Media sosial apa saja yang Mama miliki saat ini? Facebook, Twitter, Instagram, Path, atau lainnya?

Nah, media sosial juga punya peranan penting dalam membuat blog, karena bisa menjadi alat untuk menarik pengunjung ke blog Mama (biasanya disebut traffic blog). Pengunjung yang datang ke blog Mama, akan melihat-lihat dan membaca tulisan Mama. Jika mereka tertarik, mereka bisa menjadi pembaca setia Mama lho, Ma.

Jangan malu ya untuk share tulisan Mama ke media sosial ya, Ma. Pede saja, walau tulisan Mama mungkin hanya curhatan. Bisa saja di luar sana ada orang lain yang terinspirasi dan bisa belajar dari curhatan Mama.


BACA JUGA


Hobi Traveling dan Pengin Mendapatkan Penghasilan Darinya? Coba 5 Profesi Ini!

Hobi Traveling dan Pengin Mendapatkan Penghasilan Darinya? Coba 5 Profesi Ini!

Hobi traveling hanya habiskan uang saja? Hmmm ... pasti Mama belum tahu mengenai 5 profesi yang dikembangkan dari hobi traveling ini

Read more..


Nah, sudah melakukan 7 tips membuat blog ini, Ma? Nikmati prosesnya ya, Ma. You will love it! Mama akan enjoy menjadi seorang mom blogger!

Happy blogging, Ma! Selamat menulis dan berekpresi!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tertarik Menjadi Blogger? Lakukan 7 Tips Membuat Blog Ini, and Enjoy the Process!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fera Marentika | @cicifera

Freelance Content Writer • Mom Blogger • Around @RSIAPratiwi, @Adiyantop & @FarwazIsmail • #1minggu1cerita • cicifera.com

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

thanks for share Investasi Reksadana