Setelah Melahirkan, Ini Dia 7 Penyesalan yang Biasanya Dirasakan oleh Seorang Mama Baru!

Mom and Baby

Setelah Melahirkan, Ini Dia 7 Penyesalan yang Biasanya Dirasakan oleh Seorang Mama Baru!

113.5K
Setelah melahirkan, hidup seorang perempuan akan berubah. Pastikan tak ada penyesalan menyertainya.

Setelah melahirkan, perasaan seorang ibu itu sebetulnya penuh dengan emosi yang bercampur aduk! Bahagia, tentu saja! Tapi sedih juga ada. Sedih memikirkan bentuk tubuh yang akan berubah selamanya, misalnya.

Yang jelas, rasa bingung akan melanda. Yah, namanya juga pengalaman pertama setelah melahirkan, pasti kikuk dan banyak salah langkahnya. Ngga apa-apalah, Mama, santai saja.

Eh, bisa betulan santaikah? Atau menyesal? Yuk lihat daftar penyesalan yang mungkin saja dilakukan oleh para ibu baru setelah melahirkan berikut ya!


BACA JUGA


Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

Momen kehamilan dan melahirkan adalah dua hal yang sangat menakjubkan bagi perempuan. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai “ ...

Read more..


Ini dia daftar penyesalan yang hinggap di hati para ibu setelah melahirkan buah hati kesayangannya


1. Menyesal karena terlalu banyak membaca


Memang, membaca itu perlu. Banget! Kita harus banyak membaca agar bisa mempersiapkan diri dan kondisi apalagi setelah melahirkan nanti. Tapi yang namanya 'terlalu' itu salah, Ma. Tanya saja pada Bang Rhoma. Hihihi.

Ya, salah karena terlalu banyak membaca itu artinya membiarkan informasi berseliweran di kepala. Informasi kan ada yang ditulis berdasar fakta, atau pengalaman semata.

Saat Mama membaca semua bacaan tanpa difilter, maka semuanya bercampur aduk dalam pikiran, terkumpul tanpa terserap dengan baik.

Di sini, peran Mama sebagai pembaca harus berlaku objektif. Pilih 2 atau 3 artikel saja dari sumber terpercaya untuk didiskusikan bersama Papa, baru tentukan mana yang terbaik untuk diterapkan.


2. Menyesal karena terlalu banyak mendengarkan


Setelah melahirkan, semua orang langsung berbondong-bondong menjenguk Mama dan si bayi. Membawa sekantung hadiah dan ... nasihat!

Nasihat yang bahkan sejak Mama mengumumkan kehamilan pun sudah menjejali pikiran. Hvft! Bukannya Mama tidak tahu berterima kasih ataupun sok tahu, tapi please deh, kalau tipsnya datang berjubel begitu, Mama pasti pusing dan bertambah bingung!

Lagi-lagi, pilih orang-orang yang paling Mama percaya, ya. Dari mereka, yakin deh nasihatnya nggak akan keliru atau memaksa.


3. Menyesal karena tidak menggendong si bayi lebih banyak


Pernah mendengar satu nasihat salah kaprah "Bayi jangan digendong terus, nanti bau tangan!"?

Tolong Ma, abaikan! Nggak ada itu yang namanya bayi ketagihan bau tangan mamanya dan jadi keenakan digendong!

Kalaupun iya, ya bersyukurlah. Daripada nagih tangan si mbak babysitter! Lagipula, apa sih yang bisa dilakukan bayi mungil itu, selain kesenangan karena didekap, dimanja oleh orang yang paling menyayanginya?

Bayi kan nggak punya kerjaan selain tidur dan menyusu, Ma. Jadi berada dalam buaian Mama adalah piknik terbesar, hiburan terindah, yang pernah diberikan seseorang terhadapnya.


4. Menyesal karena terlalu banyak membeli barang


Sebenarnya itu sangat maklum-able. Namanya baru punya anak satu, semua barang kebutuhannya pasti diborong. Stroller, tempat tidur, keranjang bayi, car seat, mainan, baju-baju yang lucu. Ugh, gemes!

Saking senangnya belanja, sampai lupa bahwa bayi Mama tidak mungil selamanya. Bahkan baju yang tadinya imut itu akan jadi tidak lucu lagi saat sudah tidak bisa dikancing karena kekecilan--dalam dua bulan!

Jadi, beli seperlunya saja, Ma. Kalaupun semua dirasa perlu, baik-baiklah dalam menjaganya, karena dalam beberapa bulan ke depan pasti harus disimpan untuk dilungsurkan!


BACA JUGA


Melahirkan Melalui Operasi Caesar Bukan Berarti Kita Lemah, Ma! 13 Foto dari Para Rocking Mama Berikut Buktinya!

Melahirkan Melalui Operasi Caesar Bukan Berarti Kita Lemah, Ma! 13 Foto dari Para Rocking Mama Berikut Buktinya!

Saat kita menjalani kelahiran dengan operasi caesar, saat itu pula akan banyak orang yang menuding kita sebagai ibu yang tak becus. Tak ...

Read more..


5. Menyesal karena merasa harus sempurna


Sebelum punya baby, Mama pasti yang pertama mengambilkan air minum untuk Papa--bahkan sebelum diminta. Sebelum bayi mungil itu lahir, pasti Mama juga yang pertama bangun untuk menyiapkan segala keperluan rumah tangga.

Tapi setelah melahirkan?

Yah, yakinkan diri bahwa ketidakmampuan Mama untuk mengerjakan semua itu bukan berarti Mama adalah istri dan ibu rumah tangga yang tidak baik, ya! Sungguh, ketidaksempurnaan itu adalah hal yang sangat wajar.

Utamakan saja dulu sang buah hati, dan kebutuhan Mama sendiri. Kalau Mama sehat, niscaya babynya sehat dan Papa bahagia.

Coba tanyakan pada Papa, kalau Mama jatuh sakit karena harus sempurna, dan Papa menggantikan tugas Mama menjaga si bayi, apakah dia masih merasa ingin tersenyum lagi?


6. Menyesal karena terlalu banyak mengabadikan sang buah hati di media sosial


....sampai lupa mengabadikannya dalam memori dan hati Mama!

Zaman sekarang, mengabadikan sesuatu itu mudah, ya Ma? Tinggal klik dan klik, semua tersimpan rapi di file dunia maya. Kapan pun bisa dilihat kembali, walaupun Mama tidak ingat rasanya pada saat menjalani itu. Hiks!

Saya pernah melihat seorang mama merekam bayinya yang sedang belajar renang. Ia sibuk memberi instruksi pada yang memegangi bayinya saat itu. "Ke kiri, ke kanan, senyum, tahan!" teriaknya ceria.

Sayang, cerianya karena tak sabar ingin mem-posting hasil videonya di dunia maya. Bukan ceria karena berbagi perasaan dengan buah hatinya.

Yuk ah, Ma, pegangi sendiri si kecil, rasakan hangatnya kebersamaan dalam setiap kegiatannya, dan biarkan orang lain yang mengabadikannya.

Jangan dibalik!


7. Menyesal karena mendoakan 'Cepat besar, ya nak!'


Tidak ada yang salah dengan doa itu, sih. Tapi, bila tanpa terasa doa itu terkabul, Mama akan rindu membuai si kecil lagi. Huhuhu.

Sebetulnya, intinya hanya ingin berkata bahwa Mama harus menikmati setiap masa, kok. Biar saja Mama kelelahan karena kurang tidur setelah melahirkan, dengan puting perih karena digigit si bayi. Biarlah badan bau muntah dengan rambut gimbal karena ketumpahan pure buah.

Akan tiba masanya, Mama bisa menyisip kopi dan sepiring kecil camilan pada saat masih panas, dengan sebuah novel romantis di tangan. Tapi dengan suasana sepi, karena anak-anak sudah sibuk dengan urusannya sendiri.


BACA JUGA


Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

"Sitting for a Moon", atau biasa juga disebut sebagai "sit moon period", dan dalam bahasa Mandarin disebut "Zuo Yue Zi", adalah sebuah ...

Read more..


Well, selamat menjadi mama baru ya. Selamat menikmati hari-hari setelah melahirkan dengan si mungil, dengan perasaan dan perhatian yang sepenuhnya tercurah kepadanya!

Salam gemes buat bayinya, Ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setelah Melahirkan, Ini Dia 7 Penyesalan yang Biasanya Dirasakan oleh Seorang Mama Baru!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar