Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!

1.3K
Ada “harga” dan pengorbanan yang harus dibayar oleh setiap perempuan setelah melahirkan atas segala hal luar biasa yang dilakukannya.

Momen kehamilan dan melahirkan adalah dua hal yang sangat menakjubkan bagi perempuan. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai “mukjizat” yang hanya atas kuasa Tuhan semuanya bisa terjadi. Maka bersyukurlah jika Mama menjadi salah satu yang mendapatkan keajaiban ini. Tapi ternyata, kondisi tak sedemikian indah setelah melahirkan.

Bagi sebagian pria, perempuan terlihat lebih seksi pada saat hamil atau pasca melahirkan. Mungkin Mama pun pernah mendapatkan pujian semacam ini pada saat hamil. Tentunya dari suami Mama, dong!

Honestly, saya pun sering mendengar pujian serupa sewaktu hamil dan menyusui. Suami saya selalu bilang bahwa saya terlihat lebih cantik pada masa-masa itu. Hehehe, Boleh ge-er sedikit ya, Ma.

Sebagian besar teman saya pun mengaminkan hal serupa. Mereka bilang, para istri jauh lebih cantik dan glowing ketika sedang mengandung. Secara teori, hal ini mungkin benar adanya. Karena pada saat hamil, terlebih jika sudah sampai pada trimester kedua, ibu hamil mengalami peningkatan jumlah hormon dan volume darah dalam tubuhnya. Hal ini seringkali membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan merona.

Begitu pun dengan aura yang terpancar dari dalam dirinya. Tak dapat dimungkiri, perasaan bahagia dengan hadirnya kehidupan baru membuat sebagian besar Mama berada dalam good feelings, dan akhirnya memancarkan aura positif bagi orang-orang di sekitarnya. Setuju, ya, Ma?

Sayangnya, perasaan bahagia dan cantik seperti ini sering kali berakhir dengan cepat setelah melahirkan.

Stretchmark, kulit yang melar dan menggelambir di beberapa bagian tubuh, bentuk dan berat badan yang tidak lagi ideal, bahkan payudara yang mulai turun dan tak lagi kencang acap kali menimbulkan masalah bagi Mama. Hilang sudah kepercayaan diri kita. Bahkan, tak jarang perempuan mengalami depresi ringan hingga berat akibat perubahan yang sangat signifikan pada tubuhnya.

Tenang, Ma. You’re not alone, I feel you. Bahkan jutaan perempuan di luar sana pernah mengalami situasi serupa.

Ada “harga” dan pengorbanan yang harus dibayar oleh setiap perempuan setelah melahirkan atas segala hal luar biasa yang dilakukannya. Itu sebabnya perempuan diganjar dengan kedudukan mulia. Dan hamil kemudian melahirkan adalah 2 hal di antaranya.

Mama tak perlu merasa sedih, minder, atau bahkan menyesali apa yang sudah terjadi. Kini saatnya bangkit dan kembali mencintai diri sendiri.


BACA JUGA


Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

Ibu Melahirkan Ada Baiknya Melakukan Sit Moon Period Ini Agar Proses Pemulihan Lebih Cepat Dan Tubuh Makin Fit!

"Sitting for a Moon", atau biasa juga disebut sebagai "sit moon period", dan dalam bahasa Mandarin disebut "Zuo Yue Zi", adalah sebuah ...

Read more..


Untuk itu, Mama perlu mengetahui 4 hal berikut ini agar kepercayaan diri Mama tumbuh kembali setelah melahirkan



1. It is true that your body imperfect, but you will realize that your life will be perfect

1. It Is True That Your Body Imperfect, But You Will Realize That Your Life Will Be Perfect -


Membawa kehidupan baru dalam diri Mama selama 9 bulan, bisa dipastikan banyak perubahan akan dialami. 

Selain hormon tubuh yang diproduksi secara besar-besaran, ukuran tubuh dan elastisitas kulit pun semakin meningkat. Dalam kondisi demikian, bercermin tidak lagi menjadi aktivitas yang disukai setelah melahirkan. Bahkan sebagian perempuan enggan memilih fashion dengan model dan warna tertentu karena alasan tidak lagi merasa pantas.

Saya sempat berada dalam situasi demikian. Overweight akibat kenaikan berat badan badan sebanyak 25 kilogram pada kehamilan anak pertama membuat saya hampir frustrasi. Penampilan menjadi tidak menarik, aktivitas fisik cenderung terbatasi karena merasa tak mampu bergerak lincah kembali. 

Dunia saya yang sebelumnya dinamis dan penuh warna tiba-tiba menjadi gelap dan monoton. Karena saya membatasi diri dengan pakaian model “aman” dan warna gelap untuk menyembunyikan bentuk tubuh yang tak lagi indah setelah melahirkan. Berada dalam kondisi demikian sungguh sangat menyiksa, Ma. Dan saya tidak ingin Mama mengalami hal serupa. 

Tubuh kita memang tak lagi sempurna, tapi segera Mama akan menyadari bahwa kehamilan kemudian melahirkan anak akan menyempurnakan hidup sebagai perempuan. Menyadari bahwa menjadi perantara bagi peradaban baru di dunia ini adalah hal yang menjadikan seorang perempuan begitu berharga. Terlebih tidak setiap perempuan mendapatkan kesempatan serupa.

Segera ubah mindset Mama, bahwa kesempurnaan diri tidak dinilai dari sudut pandang fisik saja. Cobalah untuk melihat lebih jauh ke dalam, maka Mama akan menemukan kebanggaan di balik segala ketidaksempurnaan yang fana.



2. Tentang berhubungan intim

2. Tentang Berhubungan Intim  -


Untuk hal yang satu ini, tentu saja Mama harus menunggu hingga 3 atau 6 minggu pasca bersalin. Selain agar pendarahan pasca persalinan bersih, organ reproduksi Mama harus benar-benar siap untuk berhubungan intim kembali setelah melahirkan. 

Terlebih jika Mama harus melahirkan dengan jalan Caesar, karena bisa jadi luka bekas operasi memerlukan waktu lebih lama dalam penyembuhannya.

Terlepas dari segala peringatan mengenai berhubungan intim pasca persalinan secara medik, ternyata, cara ini bisa membantu mengembalikan kepercayaan diri Mama, lo! Setidaknya di hadapan pasangan. 

Perasaan bahagia yang muncul karena merasa dicintai dan diterima pasangan apa adanya, sangat membantu memulihkan kondisi terpuruk akibat perubahan fisik yang signifikan setelah melahirkan.

Hubungan intim di masa-masa setelah melahirkan bisa dibilang sesuatu yang baru bagi pasangan suami istri. Maka dari itu komunikasikan dengan baik dan berusahalah untuk saling mengerti satu sama lain. Sehingga hubungan yang diharapkan bisa me-recovery kondisi Mama bukan malah menimbulkan masalah yang lain.

Jika dirasa perlu, berkonsultasilah dengan ahli untuk mendapatkan saran yang terbaik.


BACA JUGA


Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

Segera Pulih Setelah Melahirkan? Berikut 5 Langkah yang Akan Bisa Membantu Mama!

Setelah melahirkan, Mama pada umumnya sangat bahagia secara psikis. Tapi, bagaimana dengan kondisi fisik

Read more..


3. Mulai mengubah kebiasaan

3. Mulai Mengubah Kebiasaan -


Bolehlah sesekali beralasan malas berolahraga setelah melahirkan karena masih memiliki bayi. Tiduran atau bersantai saat si kecil sedang  pulas. Atau tidak membatasi asupan karena alasan masih menyusui. 

Tapi jangan kebablasan, Ya, Ma! Segera setelah Mama merasa si kecil siap diajak hidup lebih teratur, maka saat itulah Mama harus mulai mengubah kebiasaan.

Mulailah mengatur  pola makan, rutin berolahraga ringan atau aktif berkegiatan seperti sedia kala sehingga tubuh lebih segar.  Terlalu lama bermalas-malasan pasca melahirkan dikhawatirkan justru memperburuk kondisi psikologis Mama. 

Selain itu, kondisi fisik pun menjadi tidak bugar dan kurang bergairah.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Setelah Melahirkan, Banyak Perempuan Kehilangan Kepercayaan Dirinya - 4 Langkah Ini Akan Efektif Mengembalikannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Damar Aisyah | @damarnuraisyah

I am a day dreamer, a mom of two who love to write anything about kids, parenting, earlychildhood education. I am interest in traveling, crafting and any activities related to women empowerment.

Silahkan login untuk memberi komentar