Sabun Mandi Ternyata Nggak Bisa Sembarangan Dipilih - Bisa-Bisa Fatal!

Sabun Mandi Ternyata Nggak Bisa Sembarangan Dipilih - Bisa-Bisa Fatal!

212
Sabun mandi yang salah akan membuat kulit tersiksa. Hati-hati memilih sabun mandi!

Kalau Mama memilih sabun mandi itu karena apa? Merek? Wanginya? Harga? Atau bahan di dalamnya?

Kalau saya pribadi, selama ini membeli sabun mandi campur-campur ya. Sekali waktu karena pengin coba merek X karena iklannya, di lain waktu pas ada promo sabun mandi lain eh beli deh, dan akhir-akhir ini suka beli based on ingredients.

Perkara memilih sabun mandi nggak hanya sampai di situ saja, sekarang mau sabun batang atau cair? Duh! Makin banyak saja nih. Dari beberapa teman yang saya tanyai, lebih prefer ke sabun cair. Entah ya, apa karena praktis atau traveling friendly makanya dipilih.


BACA JUGA


Mau Tahu Perawatan Tubuh Para Seleb? 3 Artis Hollywood Ini Mengungkapkan Rahasia Cantik Mereka untuk Mama!

Mau Tahu Perawatan Tubuh Para Seleb? 3 Artis Hollywood Ini Mengungkapkan Rahasia Cantik Mereka untuk Mama!

Gimana mau tampil cantik, kalau perawatan tubuh saja malas kita lakuin, dan perawatan tubuh yang alami tetap yang paling oqhe

Read more..


Sebelum membeli sabun mandi, ada baiknya Mama mengetahui terlebih dahulu 4 jenis sabun mandi ini.

1. Sabun batang


Terbuat dari lemak netral yang padat dan dikeraskan melalui proses hidrogenasi. Jenis alkali yang digunakan adalah natrium hidroksida dan sukar larut dalam air.

Kebanyakan orang mulai meninggalkan sabun batang karena alasan kurang higienis dan berisiko menjadi tempat perpindahan bakteri, namun sabun batang dipercaya irit dan memiliki wangi yang lebih tahan lama.


2. Sabun cair


Sabun jenis ini dibuat dari minyak kelapa jernih dan penggunaan alkali yang berbeda yaitu kalium hidroksida. Bentuknya cair dan tidak mengental pada suhu kamar. Sabun cair lebih digemari karena praktis dan mudah penyimpanannya, terutama bagi orang yang suka bepergian.


BACA JUGA


Perawatan Tubuh yang Low-Budget Bisa Mama Lakukan Dengan 3 Cara Ini

Perawatan Tubuh yang Low-Budget Bisa Mama Lakukan Dengan 3 Cara Ini

Perawatan tubuh itu wajib dilakukan loh Ma walaupun badan terasa capek. Melakukan perawatan tubuh pun bisa mengembalikan mood yang hilang ...

Read more..


3. Shower gel

Sabun dengan kandungan emulsi berupa cocamide DEA, lauramide DEA, linoleamide DEA dan oleamide DEA ini berfungsi mendapatkan tekstur gel. Sabun jenis ini memang belum terlalu populer dan biasanya lebih sering digunakan oleh perempuan yang hobi berendam karena menghasilkan busa yang cenderung lebih banyak.


4. Sabun antiseptik


Mengandung bahan aktif antibacterial, seperti triclosan, triclocarban/trichlorocarbamide, yang berguna untuk membantu membunuh bakteri dan mikroba, namun tidak efektif untuk menonaktifkan virus.

Sebaiknya, gunakan sabun antiseptik hanya pada kondisi tertentu saat dibutuhkan oleh tubuh karena kandungannya menyebabkan kulit menjadi kering jika digunakan dalam jangka waktu lama.


BACA JUGA


Perawatan Tubuh Dengan 7 Sisa Bahan Makanan Ini Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan Mama

Perawatan Tubuh Dengan 7 Sisa Bahan Makanan Ini Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Kecantikan Mama

Saya paling suka mengoptimalkan penggunaan barang hingga benar-benar habis. Contohnya nih, body lotion yang sudah nggak mengeluarkan cairan ...

Read more..


Sekarang Mama sudah tau yes, ternyata ada empat jenis sabun loh. Selama ini taunya batang sama cair saja. Hehehe.

Agar nggak salah pilih sabun mandi, ada baiknya Mama membeli disesuaikan dengan jenis kulit.


1. Kulit berminyak

Kulit berminyak memproduksi banyak sebum atau minyak alami kulit dan rentan terhadap jerawat sehingga perlu dibersihkan secara teratur.

  • Sebaiknya hindari sabun yang mengandung glycolic acid dan pilih yang mengandung lebih banyak bahan natural, seperti oatmeal, sea salt, dan tea tree oil karena lebih lembut bagi kulit.
  • Pilih sabun batang atau gunakan sabun yang bersifat eksfoliasi untuk menyeimbangkan kelebihan produksi minyak pada kulit.

2. Kulit kering

Kebalikan dengan kulit berminyak, kulit kering nggak mengandung cukup sebum. Perlu lebih hati-hati dalam memilih sabun mandi karena kulit kering berisiko rusak daripada jenis kulit berminyak.

  • Pilih sabun mandi dengan kandungan glycerin yang mudah larut saat dicampur dengan air. Uniknya, kandungan ini juga ternyata dapat menyerap kandungan air di udara sehingga sangat cocok untuk kulit kering agar tetap terjaga kelembapannya.
  • Jatuhkan pilihan pada sabun yang memiliki kandungan aloe vera, olive oil, jojoba, cocoa butter, ekstrak avokad dan vitamin E.

3. Kulit sensitif

Sabun mandi untuk kulit sensitif memiliki karakteristik bebas dari parfum atau pewangi maupun pewarna. Biasanya komposisi sabun dibuat dengan pH yang lebih seimbang.

  • Sebaiknya hindari penggunaan sabun antiseptik. Selain bersifat mengeringkan, kandungan di dalamnya cenderung nggak bersahabat bagi Mama yang memiliki masalah kulit atopic/kekeringan.
  • Lebih baik pilih sabun mandi yang sifatnya lunak atau sabun cair yang mengandung moisturizer.
  • Hindari sabun mandi yang berbentuk padat. Hal ini disebabkan bahan pemadatnya yang bersifat basa, kebalikan dari pH kulit yang bersifat asam.

4. Kulit normal dan kombinasi

Berbahagialah Mama yang memiliki kulit normal karena jenis kulit ini biasanya cukup bebas dari masalah. Jika Mama yang memiliki kulit kombinasi, area kulit yang cenderung berminyak ada di daerah tertentu seperti dahi dan hidung, sedangkan area kulit lain cenderung kering.

  • Sabun mandi yang tepat untuk kedua jenis kulit ini adalah sabun untuk kulit normal.
  • Sebaiknya hindari sabun mandi yang diformulasikan khusus untuk kulit kering atau kulit berminyak karena ini hanya akan membuat area kulit yang berminyak jadi lebih berminyak.


BACA JUGA


10 Perawatan Tubuh yang Wajib Mama Lakukan Setiap Harinya untuk Investasi Diri Jangka Panjang

10 Perawatan Tubuh yang Wajib Mama Lakukan Setiap Harinya untuk Investasi Diri Jangka Panjang

Melakukan perawatan tubuh secara teratur sama saja dengan melakukan investasi pada hidup kita sendiri. Karena apa yang akan terjadi di hari ...

Read more..


Sekarang Mama nggak perlu bingung lagi yes, di depan jejeran sabun mandi. Sudah tahu kan jenis kulit Mama? Tinggal dipilih saja merek yang sesuai dengan kriteria di atas.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sabun Mandi Ternyata Nggak Bisa Sembarangan Dipilih - Bisa-Bisa Fatal!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar