Rambut Rontok, Kenali Dulu 4 Penyebabnya!

beauty-zone.org

Rambut Rontok, Kenali Dulu 4 Penyebabnya!

53.1K
If your hair is done properly and you have on good shoes, you can get away with anything. ~ Iris Apfel

Rambutnya rontok, Ma?

Rambut rontok barangkali adalah masalah rambut yang paling sering ditemui ya? Rambut yang gugur atau menempel pada sisir dalam jumlah yang banyak pasti menimbulkan kekhawatiran. Apalagi kalau lalu diikuti dengan menipisnya volume rambut secara perlahan-lahan. Aduduh. Sedih deh!

Untuk mengatasi persoalan ini, ada baiknya kita kenali dulu penyebab-penyebab kerontokan rambut. Dengan mengenali penyebabnya, kita nggak cuma berupaya mengatasi kerontokan rambutnya saja, tapi juga bisa melakukan tindakan untuk mencegahnya agar nggak semakin parah. Setuju, Ma?

Nah, yuk, coba deh kita lihat apa aja sih yang bisa menyebabkan rambut yang kita bangga-banggakan ini rontok.


Penggunaan Bahan Kimia

Well, saat ini banyak sekali perawatan rambut yang ditawarkan oleh salon-salon kecantikan maupun yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Semua kelihatan menarik, iya nggak sih? Namun sayang, semuanya harus menggunakan bahan kimia maupun teknologi yang berlebihan hingga akhirnya bisa merusak rambut. Tidak dipungkiri bahwa rebonding, smoothing, catok dan lain-lain itu akan membuat tampilan rambut kita jadi tampak lebih apik. Tapi, coba deh, bandingkan dengan efek jangka panjang yang akan dialami oleh rambut. Jadi, setuju kan, kalau kita harus berpikir ulang kalau mau melakukannya apalagi kalau berlebihan gitu, Ma?

Stress

Nah, ini nih. Penyebab ini yang seringkali luput dari perhatian kita. Menjadi seorang ibu, entah memiliki karir di luar atau hanya fokus sebagai ibu rumah tangga, keduanya bisa membuat kita begitu kelelahan. Lalu, tanpa kita sadari pikiran yang lelah ini akan menciptakan ketidakseimbangan pada tubuh yang akan mengganggu siklus rambut. Ini mengakibatkan rambut akan lebih cepat rontok. Hiks.

Kehamilan

Kehamilan juga akan membawa beberapa perubahan pada hormon. Ditambah lagi saat kelahiran adalah peristiwa besar bagi tubuh perempuan, yang pastinya akan mempengaruhi mekanisme tubuh untuk beberapa bulan paska kelahiran. Meskipun kondisi rambut akan membaik seiring tubuh melakukan recovery, tapi ada baiknya, Ma, untuk tetap menjaga kondisi rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami perawatan rambut.

Hypervitaminosis

Yang terakhir adalah Hypervitaminosis atau kelebihan vitamin yang akan menimbulkan gejala-gejala tertentu pada tubuh. Pada kasus Hypervitaminosis A, salah satu gejala yang muncul pada tubuh adalah rambut yang rontok dalam jumlah berlebih. Nah, kalau Mama mencurigai hal ini sebagai faktor penyebab kerontokan rambut Mama, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengatur makanan agar lebih seimbang, misalnya dengan meminimalkan konsumsi suplemen vitamin di luar makanan. Dengan demikian risiko terjadi Hypervitaminosis pun bisa dihindari.


Nah, kalau penyebab-penyebab kerontokan rambut di atas sudah bisa dikenali, dan kemudian bisa diatasi, pastinya mulai saat ini Mama bisa melambaikan tangan pada rambut rontok.

And then, say welcome back pada rambut yang sehat dan kuat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rambut Rontok, Kenali Dulu 4 Penyebabnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Aline Mora | @alinemora

❣ humalien ❣ writer ❣ dream walker ❣ tarot & oracle reader ❣ extraordinary mother ❣ runeranu.wordpress.com akusanglirang.wordpress.com

Silahkan login untuk memberi komentar