Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!

801
Pola hidup sehat penting banget untuk Mama terapkan dalam keseharian. Hindari 5 kebiasaan buruk ini untuk pola hidup sehat.

Kesibukan akan rutinitas harian seringkali membuat Mama melakukan banyak hal untuk menyeimbangkannya. Entah disadari atau tidak, Mama kerap mencari kemudahan dan kepraktisan dalam aktivitasnya. Dan akhirnya membentuk sebuah pola hidup.

Ya kalau dipikir lagi, tentu cara ini tidak salah ya, Ma. Mengingat ada banyak hal yang harus Mama kerjakan dan selesaikan. Tapi sayang seperti ini malah merusak kesehatan Mama. Kesehatan yang mungkin saat ini belum terasa tapi akan sangat berdampak di kemudian hari.

Mama, untuk menghindari dampak buruk tersebut terhadap pola hidup, ada baiknya Mama meminimalisir melakukan 5 kebiasaan buruk ini!

1. Mengonsumsi makanan yang dikira sehat

Sebenarnya kata selamat itu berdua ya, Ma. Maksudnya akan balik lagi ke pola pikir masing-masing individu, meski sebenarnya ada benang merah menurut persepsi umum. Namun ada kalanya juga, masyarakat mengalami perubahan paradigma karena pengaruh iklan dan lingkungan.

Nah, bila kita berbicara tentang makanan yang sehat, sebenarnya perlu ditinjau lagi ya, Ma. Apakah makanan yang dikira sehat ini sudah benar-benar sehat? Jangan-jangan kita sedang mengalami perubahan pandangan ya, Ma. Ambil contoh pada makanan siap saji berbahan dasar ayam.

BACA JUGA


Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Yuk, Kurangi Makanan Cepat Saji! Inilah 7 Alasan Kenapa Mama Harus Melakukannya!

Makanan cepat saji memang menawarkan kecepatan dan kepraktisan untuk diolah. Namun, seharusnya Mama sadar (dan nggak pura-pura nggak tahu) ...

Read more..

Mungkin Mama akan mengatakan makanan yang sehat karena ayam sebagai daging putihnya, tidak mengandung banyak lemak. Tapi penyajiannya yang dilengkapi dengan krim atau mayonaise tentu bisa menambah jumlah kalori yang tidak baik bagi kesehatan. Belum lagi di saat ayam ini digoreng dengan jumlah tepung. Lemak pada minyak goreng dan karbohidrat pada tepung tersebut akan berubah menjadi kalori yang seharusnya dihindari.

Dan bukannya pola hidup sehat juga mewajibkan kita untuk menjaga asupan gizi makanan ke dalam tubuh?

2. Terlalu lama duduk

Aktivitas yang satu ini bisa dikatakan kegiatannya para Mama, ya. Menonton televisi, mengecek online shop, mengetik, menyeterika, mencuci dan lain sebagainya.

Lalu apa pengaruhnya ke pola hidup sehat?

Terlalu lama duduk membuat Mama kurang bergerak. Dengan demikian, maka peredaran darah Mama menjadi kurang lancar, tulang mengalami penurunan ketahanannya, lalu sendi dan otot pun menjadi kaku.

Untuk mengatasinya Mama tidak perlu repot ke pusat kebugaran. Jika Mama memiliki keterbatasan waktu, cukup lakukan peregangan ringan di rumah, dan sering-sering lah berjalan. Misalkan saat pergi ke pasar, apabila biasanya Mama menggunakan motor, bisa diganti dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Tapi jika hal ini masih juga terasa berat, aturlah waktu lalu targetkan untuk berjalan keliling rumah sesuai waktu yang Mama tentukan. Memang sih terkesan ekstrim, hanya saja untuk membentuk kebiasaan baru yang baik demi pola hidup sehat, why not?

Nah sedikit tips bagi Mama, untuk membentuk kebiasaan baru kita harus memaksakan diri. Dipaksa saja, nanti lama-lama bisa dan menjadi terbiasa. Nggak masalah jika belum terbiasa, dengan niat dan semangat maka kebiasaan baru itu akan teradaptasi dengan sendirinya.

3. Terlalu banyak mengonsumsi minuman tidak sehat

Minuman yang tidak sehat itu ada banyak jenisnya lho, Ma. Misalnya nih, sebuah jus kemasan yang iklannya sangat menggugah selera dan dilabeli sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat. Padahal di balik label ini, ada bahan pengawet dan mengandung gula yang tinggi. Bahan-bahan tersebut tidak baik untuk kesehatan kan, Ma? Jadi, sebisa mungkin mengonsumsi buah segar atau bikin jus rumahan saja dan kurangi yang instan!

Selain itu ada juga minuman yang terasa enak untuk sebagian orang, seperti alkohol dan soda. Entah mengapa alkohol dan soda begitu digemari.

Padahal di kemasannya sudah jelas bahan-bahannya mengandung sodium, gula dan zat-zat yang sukar dicerna oleh tubuh kita. Selain itu, minuman jenis tersebut bisa membuat kalori menumpuk dalam tubuh. *Hiiyy...

So, baiknya hindari minuman seperti itu, ya. Air putih itu sejuta manfaatnya loh Ma. Ada baiknya mulai membiasakan mengonsumsi air putih rutin 2 liter sehari demi pola hidup sehat.

4. Pil diet

Ayo, apakah Mama termasuk orang yang suka mengonsumsi pil diet?

Sebenarnya pil diet ini sama buruknya dengan melakukan suntik silikon untuk kecantikan lho, Ma. Artinya sama-sama memasukkan zat asing ke dalam tubuh kita. Sayangnya, masih banyak Mama yang senang dengan hal-hal instan seperti ini.

Padahal nih Ma, pil diet itu mengandung obat pencahar yang lumayan tinggi loh. Nah, hal seperti itu nggak baik yes untuk tubuh kita. Efeknya itu nanti Mama rasakan nanti.

Melakukan olahraga ringan di rumah adalah jalan terbaik dan aman yang bisa Mama ambil. Nggak usah forsir sehari sejam, no no, setengah jam saja sudah cukup. Bingung mau lakuin olahraga apa? Coba deh tengok Instagram Meira Anastasia, banyak banget olahraga ringan di rumah yang sering dibagikan oleh istri Ernest Prakarsa ini.

One more thing, Ma, percuma Mama minum pil diet tapi malas berolahraga! Nggak ada yang instan Ma, semua butuh proses dan usaha.

BACA JUGA


Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Mama bingung ingin menerapkan cara diet yang mana? Sebelum memilih satu yang Mama sanggup, yuk ketahui dulu mitos seputar diet di artikel ...

Read more..

5. Melewatkan waktu makan

Kadang kala demi alasan kecantikan, perempuan rela melakukan apapun. Iyes, APAPUN.

Duh nggak perlu saya list ya, Ma, pasti Mama pada tahu deh. Contoh kecil nih, biar berat badan tetap ideal, kita sering melewatkan waktu makan.

Sayangnya itu bukanlah cara yang tepat untuk mempertahankan tubuh ideal. Tubuh ini perlu asupan tenaga yang diperoleh dari makanan. Melewatkan waktu makan hanya menambah perkara sakit saja. Bukannya tubuh ideal yang diperoleh tapi mengundang sakit!

Nggak ada salahnya Mama makan berkali-kali kok, tapi dalam porsi kecil saja. Dan kurangi makanan gorengan maupun cepat saji. Makan tepat waktu itu penting dan terutama makanan apa yang akan kita konsumsi itu yang harus menjadi perhatian.

Pola hidup sehat nggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu Mama lakukan termasuk meminimalisir 5 kebiasaan buruk ini yang seringkali dilakukan.

Pelan-pelan saja Ma lakukannya. Dengan melakukan kebiasaan baru yang positif lambat laun, pola hidup kita pun akan berubah. Trust me!

So, semangat selalu ya Ma untuk hidup sehat!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pola Hidup Sehat Bisa Mama Capai Dengan Meminimalisir 5 Kebiasaan Buruk Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Indah Mutiara putri | @imp9nn

Membaca adalah caraku mengenal dunia, dan menulis adalah caraku mengenal sebaik-baiknya diri. Hai saya indah mutiara putri, berada di Rocking Mama karena ingin belajar dan senang berbagi. Semoga apa yang saya tulis di sini memberi nilai-nilai kebaikan,

Silahkan login untuk memberi komentar