Pijat Sehat dan 20 Manfaat Terbaiknya untuk Kesehatan Mama

Pijat Sehat dan 20 Manfaat Terbaiknya untuk Kesehatan Mama

2.2K
Pijat sehat sudah terbukti secara klinis mampu mengurangi kecemasan (anxiety) dan depresi! So, ayo, jadwalkan pijat sehat sekarang setidaknya 10 menit seminggu sekali, Ma!

Siapa Mama di sini yang hobi pijat sehat atau massage? Saya sih YES!

Sepanjang sejarah menjadi Mama, pijat sehat merupakan me time dan relaksasi yang tak bisa saya tolak. Hmmm ... apalagi saya sudah punya langganan Mbah Pijat yang sudah cucok! Kalaupun si Mbah sedang pulang kampung, saya juga sudah mencoba layanan pijat sehat online itu, Ma. Lumayan lho, therapist-nya berpengalaman dan cukup profesional.

Kalau ada Mama yang nggak suka pijat sehat, well, barangkali rasanya perlu deh Mama mempertimbangkannya. Pijat sehat itu nggak cuma bagus buat tubuh lho, ternyata tapi juga buat pikiran dan perasaan.

Jadi untuk Mama, baik yang sibuk di rumah maupun di kantor, yang setiap hari berkelindan dengan kesibukan yang sering membuat stres dan lelah, coba deh dipijat dan rasakan manfaatnya. Saya sih ketagihan. Saya rasa, tidak perlu harus belanja di mal dan keluar uang banyak untuk mengurangi stres. Sentuhan dan pijitan Mbah Pijat sudah mengalahkan semua bentuk relaksasi! Hahaha.



Eh, balik ke soal manfaat dari pijat sehat nih, Ma! Apa aja sih manfaatnya buat tubuh kita?


20 manfaat pijat sehat bagi tubuh kita


1. Pijat sehat bisa mengurangi sakit kepala


Saat mulai diterpa banyak kesibukan yang demanding, baik di rumah maupun di kantor, kita biasanya jadi mudah sekali terserang sakit kepala kan, Ma? Yes, pusing deh pala Mama Barbie! Apalagi bagi Mama yang mudah tegang dan stres. Pusing, migren, atau bahkan vertigo?

Penelitian medis telah membuktikan bahwa pijat sehat secara teratur dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah yang menyakitkan ini lho, Ma.


2. Pijat sehat melemaskan dan membuat tubuh rileks

Pastinya, apalagi jika menggunakan alat atau kelengkapan yang membuat tubuh menjadi hangat. Minyak untuk memijat dengan aroma terapi, atau minyak yang menghangatkan badan, atau barangkali sebuah batu pijat Swedia?

Tekanan dari pijatan dan kombinasi hawa panas mampu menenangkan otot-otot pegal Mama. Jika tubuh Mama sudah seminggu tegang di kantor, pijat sehat ini adalah cara yang baik untuk bersantai.


3. Pijat sehat mengurangi nyeri sendi

Nyeri sendi adalah masalah umum yang dialami oleh semua orang dari ibu hamil sampai penderita fibromyalgia.

Menerima pijat sehat secara teratur akan dapat mengurangi rasa sakit ini. Bahkan, banyak profesional medis merujuk pasien dengan nyeri sendi ke therapist pijat berlisensi.


4. Pijat sehat bisa mengurangi kecemasan secara dramatis


Sekitar 40 juta orang Amerika memiliki beberapa bentuk kecemasan yang ternyata dapat melewati batas emosional yang melumpuhkan. Kecemasan, atau anxiety, bahkan bertanggung jawab untuk hampir sepertiga dari total biaya kesehatan mental orang Amerika, Ma!

Kabar baiknya adalah bahwa pijat sehat dapat mengurangi tingkat hormon pemicu stres sebanyak setengahnya dari tubuh Mama. Ini akan mengurangi gejala kecemasan atau anxiety ini, Ma.


5. Mengurangi sakit punggung (back pain)

Nyeri punggung merupakan salah satu keluhan medis yang paling umum, tetapi kini Mama tidak perlu merasakan nyeri ini sepanjang waktu.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijat sehat mengurangi kebutuhan untuk obat penghilang rasa sakit sebesar 36%, dan lebih efektif daripada perawatan chiropractic atau akupunktur.


6. Neuromuscular massage untuk cedera gerakan berulang

Cukup mengejutkan bahwa 86% dari seluruh orang dewasa Amerika yang memiliki pekerjaan, sebagian besar dari mereka melakukan tugas berulang yang dapat melukai tangan, pergelangan tangan, lengan, leher dan punggung mereka.

Untungnya pijat sehat yang khusus pengobatan untuk neuromuscular, akan membantu mengurangi rasa sakit ini. Teknik neuromuscular benar-benar dapat mengatasi akar penyebab masalah otot untuk memberikan hasil yang optimal.


7. Pijat sehat meningkatkan fleksibilitas


Kebanyakan orang tubuhnya tidak sefleksibel seperti yang mereka inginkan. Yes, kaku. Kondisi ini sering menyebabkan ketidaknyamanan pastinya ya, Ma.

Untungnya, ada pijat sehat yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut, sehingga bisa membantu kita untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.


8. Pijat sehat baik untuk pasien kanker

Penelitian membuktikan, bahwa 4 dari 10 orang dewasa akan berperang dengan kanker pada beberapa titik dalam hidup mereka.

Pijat sehat sekarang sedang banyak digunakan sebagai pengobatan komplementer karena menawarkan pengurangan banyak gejala yang berhubungan dengan kanker, termasuk mual, nyeri, insomnia, dan kelelahan.


9. Re-energi dengan pijat sehat

Apakah Mama sering merasa terkuras energinya di akhir hari? Atau, saat akhir pekan saat anak-anak libur dan Papa mereka ada di rumah, Mama malah justru lemas lunglai tak berdaya?

Well, pijat sehat akan membuat Mama lebih santai sekaligus membuat merasa lebih energik sepanjang sisa hari.

Cobain deh!


10. Pijat sehat meredakan insomnia


Pada waktu tertentu, sepertiga dari orang dewasa mengalami serangan insomnia, sehingga tidak mengherankan bahwa orang akan terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur.

Studi tentang tidur menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara pijat sehat yang dikakukan secara mingguan dengan usaha mengurangi insomnia.

Mama juga mau membuktikan?

Penting bagi Mama untuk mempertimbangkan banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh kurang tidur, termasuk sistem kekebalan tubuh yang lemah dan risiko terkena depresi yang lebih besr.

Jadi yuk, pijat sehat dulu, supaya tidur Mama lebih berkualitas.


11. Meningkatkan kualitas hidup

Pasien medis yang menerima perawatan paliatif mengalami dorongan dalam kualitas hidup mereka dengan pijat biasa.

Hal yang sama berlaku untuk semua orang. Ini juga salah satu alasan utama bagi lebih dari setengah dari 32,6 juta orang Amerika yang mendapatkan pijat sehat, setidaknya sekali setahun melakukannya, karena alasan kesehatan.


12. Pijat sehat membantu masalah pencernaan

Semua orang mengalami masalah pencernaan sesekali, dan pijat perut akan dapat membantu.

So, jika Mama telah sembelit selama 3 hari, atau memiliki masalah pencernaan kronis, pijat sehat adalah cara yang baik untuk memperbaiki sistem pencernaan Mama agar bekerja lebih baik.


13. Pijat sehat melawan stres

Tahukah Mama, bahwa stres kronis dapat meningkatkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, sirosis hati dan paru-paru? Selain itu, stres juga bertanggung jawab terhadap banyaknya kecelakaan dan bunuh diri.

Yes, stres memang berbahaya! Bisa dibilang, stres mampu menjadi pembunuh.

Karena itu, jangan remehkan stres. Mama harus bisa menghindari stres. Nah, Mama dapat mengambil keuntungan dari manfaat terapi pijat sebagai penghilang stres.


14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari peningkatan sistem kekebalan tubuh, terutama orang-orang yang biasanya berurusan dengan beberapa penyakit ringan setiap tahun.

Saya sih hampir selalu disapa oleh batuk pilek atau migraine beberapa kali dalam setahun. Kalau Mama bagaimana?

Nah, sebuah kelompok riset di Cedars-Sinai Medical Center menemukan bahwa 45 menit pijat sehat ternyata mampu mengubah respon kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, mendapatkan pijat sehat mingguan atau dua mingguan adalah cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Mama.


15. Pijat sehat bisa mengalahkan PMS

Well, rasa sakit yang dialami beberapa wanita, sebelum dan selama siklus menstruasi, dapat secara efektif diperangi oleh pijat sehat.

Penelitian telah menunjukkan, bahwa ada hubungan langsung antara pijat dan penurunan retensi air, depresi, dan gejala lain dari marabahaya menstruasi. Jadi kayaknya setuju kan, kalau kita say good bye to PMS, dan laly say “Yes” to massage, ya Ma.


16. Menjadi lebih fokus dengan chair massage

Mama pasti familiar dengan kursi pijat yang banyak ditawarkan di pusat perbelanjaan? Atau, bahkan sudah membelinya untuk pijat sehat sendiri di rumah?

Tahu nggak sih, Ma, banyak perusahaan yang menawarkan kursi pijat untuk digunakan oleh karyawan mereka.

Ternyata ini merupakan cara yang secara ilmiah dapat membuat orang merasa lebih fokus. Dorongan mental yang diterima dari 15 menit kursi pijat akan membuat tugas sehari-hari lebih mudah dan dapat mengurangi peluang mengalami kecelakaan.


17. Pijat sehat meningkatkan kesehatan wajah, kulit kepala, dan rambut


Pijat sehat pada wajah dan kulit kepala dapat menimbulkan rasa santai, dan juga akan meningkatkan kesehatan kulit kepala, rambut, dan kulit wajah Mama.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa pijat wajah dapat mencegah kulit kendur dan menangkal keriput! Hmmm ... berasa sih, apalagi kalau dilengkapi dengan masker dan totok wajah ya, Ma.


18. Pijat sehat memperbaiki postural stres

Mama yang sering menghabiskan waktu duduk, terutama yang sering bekerja di depan komputer, hati-hati deh dengan ancaman serius nyeri leher dan bahu yang disebabkan stres postural, yang juga dapat berdampak glutes dan punggung bawah.

Pijat sehat mengatasi stres fisik ini dan akan meringankan gejala nyeri yang Mama alami.


19. Pijat sehat dapat menurunkan tekanan darah

Jika Mama memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, maka coba deh, jadwalkan pijat sehat. Kita-kita yang punya gaya hidup yang sibuk dan tekanan darah tinggi, bisa mendapatkan keuntungan kesehatan ini hanya dengan pijat sehat 10 menit. Ngga sempat panggil Mbah Pijat? Kursi pijat pun jadilah. Jadwalkan seminggu sekali ya, Ma.


20. Meningkatkan sirkulasi darah


Pijat sehat membantu sirkulasi darah Mama, dan juga sederet manfaat lainnya.

Misalnya, jika Mama memiliki kondisi kesehatan yang memperlambat sirkulasi darah Mama, pijat sehat akan memberikan kulit yang lebih sehat, fungsi organ yang lebih baik dan ditingkatkan pertumbuhan sel.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ini Dia 5 Cara Tidur Nyenyak Sebagai Bekal Awal Hidup Sehat Mama Sehari-hari

Ada yang susah tidur? Rasanya gimana, Ma? Pastinya nggak enak ya di tubuh. Makanya Mama harus tahu beberapa cara tidur nyenyak yang bakalan ...

Read more..


Nah, pastinya nih, kalau bisa dipijat oleh terapis pijat rasanya pilihan terbaik, ya, baik Mama yang datang ke tempat mereka atau mereka yang datang ke rumah.

Setelah ada berbagai manfaat pijat sehat saya uraikan di atas, maka tak perlu diragukan lagi kan bagaimana manfaat pijat sehat bagi kesehatan Mama (fisik dan psikis)? Mama juga bisa melakukan semacam self-massage, yang bisa Mama lakukan sendiri atau dengan alat bantu, di sela aktivitas harian Mama.

Well, segitu dulu ya, Ma. Saya mau pijat sehat dulu ah. Bhay!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pijat Sehat dan 20 Manfaat Terbaiknya untuk Kesehatan Mama". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ophi Ziadah | @OphiZiadah

Mom of Trio Alinga, Zaha, and Paksi. Legislative drafter who loves blogging. Visit her personal blog at www.ophiziadah.com www.marlekum.net

Silahkan login untuk memberi komentar