Penyakit Kanker Benar-benar Tak Bisa Disepelekan! 13 Artis yang Meninggal Karena Kanker Ini Buktinya!

Penyakit Kanker Benar-benar Tak Bisa Disepelekan! 13 Artis yang Meninggal Karena Kanker Ini Buktinya!

6.8K
Penyakit kanker benar-benar tak bisa dianggap sepele. Dan, semua selalu berawal karena ketidaknormalan kecil dalam tubuh kita. Hanya kitalah yang bisa mencegah penyakit kanker ini datang. Be screened!

Dunia hiburan Indonesia masih berduka karena ditinggalkan kembali oleh salah seorang entertainernya akibat penyakit kanker kemarin. Iya, Julia Perez.

Mungkin saya memang tak kenal sih, pun bukan merupakan penggemarnya. Tapi, fakta bahwa penyakit kanker sudah merenggut nyawa seseorang membuat saya prihatin dan sedih.

Penyakit ini sungguh mengerikan!


BACA JUGA


RIP Jupe aka Julia Perez - Yuk, Kenali si Kanker Serviks, Sang Hantu yang Bisa Mengancam Setiap Wanita

RIP Jupe aka Julia Perez - Yuk, Kenali si Kanker Serviks, Sang Hantu yang Bisa Mengancam Setiap Wanita

RIP Jupe yang akhirnya menyerah pada kanker serviks, dan Yana Zein yang akhirnya kalah juga dari serangan kanker payudara. Dengan mengenali ...

Read more..


Berikut 13 artis yang telah meregang nyawa, menyerah pada penyakit kanker yang dideritanya sebagai bukti bahwa penyakit ini tak bisa disepelekan!


1. Julia Perez

Julia Perez kemarin telah meninggalkan kita, Mama, di usianya yang ke-36 tahun akibat keganasan penyakit kanker mulut rahim atau kanker serviks yang dideritanya sejak September 2014. Setelah menjalani operasi beberapa hari yang lalu, kondisi Jupe terus menurun, hingga kemudian tak tertolong lagi.


2. Renita Sukardi

Bulan April lalu, dunia pertelevisian juga berduka karena pemain sinetron "Tukang Ojek Pengkolan", Renita Sukardi, meninggal dunia akibat penyakit kanker payudara yang sudah dideritanya sejak tahun 2014.

Renita meninggal di usia 37 tahun. Kanker payudara yang dideritanya berawal dari tumor kecil di payudaranya, kemudian menyebar ke tulang dan paru-paru di tahun 2016.


3. Chrisye

Sang maestro musik Indonesia ini meninggal akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya selama 2 tahun. Kanker tersebut diidapnya karena semasa hidupnya ia sangat kuat merokok.

Well, another strong reason to stop smoking, don't you think?


4. Dono Warkop

Dono Warkop telah meninggal pada 30 Desember 2001 di usia 50 tahun, juga karena penyakit kanker paru-paru, Ma.


5. Yana Zein

Yana Zein meninggal akibat penyakit kanker payudara stadium 4 di RS Mayapada Jakarta, 1 Juni 2017 yang baru lalu.

Yana Zein sempat menjalani pengobatan di Tiongkok. Namun, bukannya membaik, kondisinya justru makin menurun begitu pulang dari pengobatannya tersebut.


6. Diana Nasution

Artis senior yang juga merupakan mama dari penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello ini meninggal dunia pada bulan Oktober 2013 akibat penyakit kanker payudara selama 4 tahun.


BACA JUGA


7 Kebiasaan Pemicu Penyakit Diabetes Ini Harus Segera Mama Kurangi, Demi Kesehatan Hingga Nanti!

7 Kebiasaan Pemicu Penyakit Diabetes Ini Harus Segera Mama Kurangi, Demi Kesehatan Hingga Nanti!

Penyakit diabetes adalah silent killer, dan sudah 10 juta penduduk Indonesia mengidap penyakit diabetes. Mama tak ingin termasuk di dalamnya ...

Read more..


7. Melky Goeslaw

Nah, siapa mengira kanker payudara hanya bisa menyerang perempuan?

Melky Goeslaw, papa dari Melly Goeslaw ini, menderita penyakit kanker payudara yang menyebar ke paru-paru, dan kemudian merenggutnya di tahun 2006.


8. Nita Tilana

Barangkali Mama belum terlalu familier dengan Nita Tilana? Dia adalah kakak kandung dari penyanyi Armand Maulana.

Dulu di tahun 1990-an, Nita sempat mengeluarkan satu album, namun kemudian harus menyerah pada penyakit kanker serviks yang menderanya. Nita meninggal pada tahun 2000.


9. Erna Libby

Erna Libby, dulu dikenal sebagai Miss Bantal di salah satu acara di TV Swasta. Erna mengembuskan napas terakhir di tahun 2008, akibat penyakit kanker otak yang menyerangnya selama 3 tahun terakhir.


10. Nira Stania

Barangkali Mama sering melihatnya mondar-mandir di layar televisi sebagai presenter ya, Ma. Nira harus menyerah terhadap penyakit kanker payudara yang sudah dideritanya selama 2 tahun.


11. Desainer Ramli

Tak berapa lama menggelar pagelaran show-nya yang bertajuk "37 Tahun Ramli Berkarya" di bulan November 2012, desainer baju kenamaan ini mengembuskan napas terakhir akibat didera penyakit kanker usus di Januari 2013.

Meski sudah divonis sejak 2009, Ramli tetap memutuskan tak akan berhenti berkarya lho, Ma.


12. Rinto Harahap

Siapa yang tak mengenalnya? Dia adalah pencipta lagu legendaris era tahun 1980-an, dan sudah banyak menerima penghargaan atas dedikasinya di dunia musik Indonesia.

Rinto Harahap menderita penyakit kanker tulang, dan harus menyerah di bulan Februari 2015.


13. Budi Anduk

Budi Anduk adalah seorang komedian yang selalu siap membawa suasana ceria di mana pun dia berada. Sayang, kita tak bisa lagi mendengar banyolannya, karena Budi telah berpulang pada tahun 2016 yang lalu akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.


BACA JUGA


Ini Dia 9 Fakta Mengerikan yang Membuktikan Bahwa Kita Harus Serius Menghadapi Penyakit Alzheimer!

Ini Dia 9 Fakta Mengerikan yang Membuktikan Bahwa Kita Harus Serius Menghadapi Penyakit Alzheimer!

Dua pertiga penderita Alzheimer adalah perempuan, dan banyak di antaranya yang sudah menampakkan gejala saat mereka masih berusia 30 tahun

Read more..


Duh, sedihnya.

Saya sendiri pernah kehilangan salah seorang keluarga akibat penyakit kanker payudara. Terus terang, hal ini juga menghantui saya, Ma.

Namun, saya juga punya teman-teman yang berhasil bebas dari penyakit kanker yang mereka idap selama bertahun-tahun.

Ya, meski penyakit kanker ini memang telah banyak merenggut nyawa orang-orang terkasih kita, dan juga orang-orang terkenal tersebut, namun bukan berarti tak ada harapan sembuh, Ma.

Penyakit kanker bisa diobati. Terbukti 3 artis ini survive sampai sekarang, bahkan sembuh total dari penyakit kanker yang diidapnya.


Para artis penyintas penyakit kanker yang mereka derita

1. Rima Melati

Aktris senior penerima Piala Citra ini telah divonis mengidap penyakit kanker payudara, setelah sebelumnya mengidap penyakit kanker usus besar.

Pola hidupnya yang kurang sehat ikut andil memicu penyakitnya tersebut. Dia mengaku sering kurang tidur, makan serba siap saji, olahraga tidak teratur, dan lainnya.

Setelah berobat ke Belanda dan mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat, Rima Melati pun dinyatakan sembuh dari penyakit kanker.


2. Titiek Puspa

Kalau orang biasanya menderita kanker serviks saja, maka penyakit kanker yang diderita oleh Titiek Puspa lebih mengerikan karena menyerang kandungan ke bawah. Menurut Titiek, penyakitnya tersebut memang bersifat genetis karena ada keluarganya yang juga mengidap penyakit kanker.

Sempat berobat ke Singapura, Titiek Puspa pernah merasa menyerah setelah proses pengobatan berlangsung 2.5 bulan.

Namun, Titiek Puspa bisa sembuh dari penyakit kanker itu dengan jalan meditasi. Beliau harus bermeditasi selama 5 jam setiap harinya. Dalam waktu 13 hari, sembuh total!


3. Epy Kusnandar

Epy Kusnandar pernah divonis menderita penyakit kanker otak stadium lanjut hingga hanya menyisakan waktu 4 bulan saja untuk hidup.

Namun, ia berhasil survive berkat bantuan obat-obatan herbal, Ma. Epy juga menghindari konsumsi daging, dan menjaga pola hidup sehat.


BACA JUGA


5 Penyakit Wanita yang Berbahaya yang Barangkali Belum Mama Sadari - Kenali Gejala dan Pencegahannya!

5 Penyakit Wanita yang Berbahaya yang Barangkali Belum Mama Sadari - Kenali Gejala dan Pencegahannya!

Kenali 5 penyakit wanita yang berbahaya ini, Ma. Dan ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati

Read more..


Yah, memang tak ada hal lain selain berusaha bergaya hidup sehat agar kita semua bisa terhindar dari penyakit kanker yang bagai hantu yang mengancam hidup kita ini.

Sehat-sehat terus ya, Ma. Jika ada sesuatu yang tampak atau terasa tak normal dalam tubuh Mama, jangan sepelekan. Segera lakukan medical check up atau konsultasi dengan dokter.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Penyakit Kanker Benar-benar Tak Bisa Disepelekan! 13 Artis yang Meninggal Karena Kanker Ini Buktinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar