Pastikan 10 Bahan Makanan Pembuat Awet Muda ini Mama Konsumsi untuk Mencegah Penuaan Dini

Pastikan 10 Bahan Makanan Pembuat Awet Muda ini Mama Konsumsi untuk Mencegah Penuaan Dini

3.5K
Makanan pembuat awet muda ini juga perlu masuk dalam menu sehari-hari untuk program anti aging Mama, selain tentunya membiasakan pola hidup yang sehat lainnya.

Selama ini ketika mendengar kata anti aging apa yang terlintas di pikiran Mama? Awet muda! Iya, yang selalu ada dalam pikiran tentang anti aging adalah produk, jasa, ataupun makanan pembuat awet muda, yang pastinya diharapkan membuat kita awet muda.

Sebenarnya pemikiran ini dibentuk oleh pasar yang pintar memilih kata agar terdengar ‘canggih’ dan membuat orang ingin membeli atau mencoba suatu produk. Nggak salah sih, karena sejatinya setiap perempuan selalu ingin tampil cantik berapa pun usianya.

Menjadi tua seiring usia itu memanglah hal alami yang tidak bisa kita tolak. Saat umur memasuki pertengahan 35 tahun, tanda-tanda ‘tua’ kadang mulai muncul, seperti keriput di sekeliling mata, flek maupun kulit menjadi kering. Seakan mengetahui keinginan para perempuan yang ingin meminimalisir tanda-tanda ‘tua’ tersebut, maka terciptalah produk anti aging.

Perlu Mama tahu, anti aging bukanlah melulu perkara kosmetik tapi lebih bertumpu pada gaya hidup. Anti aging bukanlah sekadar kulit wajah dan tubuh bebas kerutan, tapi lebih ke cara hidup sehat dan memiliki hidup berkualitas hingga usia lanjut yang harus diupayakan oleh semua orang.

FYI, kulit yang mengalami ‘penuaan dini’ bisa disebabkan oleh 3 faktor ini lho, Ma.


3 faktor penyebab penuaan dini



1. Paparan radikal bebas

Sel tubuh memiliki umur hidup. Apabila sel kulit terpapar radikal bebas terus-menerus, misalnya dari asap rokok, bahan kimia, kosmetik dengan kimia sintetis, sinar rontgen, makanan dalam kemasan yang digoreng dengan panas tinggi, bahkan stres akan menyebabkan sel kulit akan rusak lebih cepat.

Jika ini terjadi terus-menerus, maka jatah pembentukan sel baru akan berkurang. Kulit pun akan cepat nampak tua.


2. Hormon

Melewati usia 30-an, orang mengalami penurunan hormon. Ada yang mulai di usia 30-an, ada yang di usia 39 tahun. Hormon yang berkurang, misalnya growth hormone, menyebabkan penurunan massa otot yang mengakibatkan perubahan bentuk tubuh, lebih mudah gemuk atau pergerakan menjadi lebih lambat.

Apabila tidak diatasi, maka terjadi penuaan dini pada bentuk dan fungsi tubuh.


3. Genetis

Tubuh kita tersusun oleh sekitar 100 triliun sel-sel hidup. Apabila salah satunya mati, tubuh akan menggantikannya dengan sel baru secara berkala. Kemampuan tubuh untuk meregenerasi dirinya sendiri ini merupakan bagian dari mekanisme anti aging. Hanya saja, kemampuan sel ini akan maksimal ketika Mama memiliki pola hidup dan makan yang tepat.


See, anti aging tak selamanya bisa ‘dihambat’ oleh kosmetik. Hampir semua nutrisi yang berasal dari makanan alami yang Mama konsumsi, dapat berkontribusi pada mekanisme anti aging.

Untuk mendapatkan manfaat anti aging dari makanan, Mama bisa melakukan pola sederhana; makan satu porsi buah (kira-kira sebesar kepalan tangan) tiga kali sehari sudah sangat membantu menyuplai vitamin dan mineral. Cukupi protein bagi tubuh, dengan perhitungan 1 gram per 1 kg berat tubuh.

Nah, jadi ada nih makanan pembuat awet muda? Ada, Ma.


10 bahan makanan pembuat awet muda ini bisa membantu Mama dalam memberikan nutrisi untuk kontribusi lebih besar dalam mekanisme anti aging.


1. Anggur merah


Makanan pembuat awet muda: anggur merah

Buah anggur merah, terutama kulitnya, kaya akan resveratrol yang memiliki sifat antioksidan dan anti radang, sehingga dapat mencegah penuaan dini, bahkan mencegah penimbunan plak pada dinding pembuluh darah.

Resveratrol juga punya khasiat antiestrogenik, yang berarti membantu mencegah terjadinya kanker yang berhubungan dengan kelebihan hormon estrogen pada perempuan.


2. Bluberry


Makanan pembuat awet muda: blueberry

Menurut penelitian badan agrikultura di USA, satu cup bluberry liar memiliki kandungan antioksidan paling tinggi di antara 20 buah lainnya lho, seperti stroberi, plum atau raspbery.


3. Beras merah


Makanan pembuat awet muda: beras merah

Mengonsumsi beras merah secara teratur akan membantu mengurangi peradangan dan kaya akan vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin) yang sangat baik untuk kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit bersisik dan timbul ruam-ruam.


4. Teh hijau


Makanan pembuat awet muda: teh hijau

Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau mengurangi dampak radikal bebas. Selain membuat wajah awet muda, antikanker, teh hijau juga membantu mengatur kadar gula dalam darah.


5. Bawang putih


Makanan pembuat awet muda: bawang putih

Bawang putih memiliki beberapa khasiat anti aging: mengontrol gula darah, mengikat toksin kimiawi yang masuk ke dalam tubuh, menurunkan kolesterol, dan membantu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.


6. Delima (pomegranate)


Makanan pembuat awet muda: buah delima

Menurut penelitian, minum buah delima yang dihaluskan tanpa campuran apa pun (sebanyak 250 ml) selama 3 bulan, mampu membersihkan plak-plak pembuluh darah.


7. Acai berry


Makanan pembuat awet muda: acai berry

Acai berry segar kaya akan antisionin yang bersifat antioksidan dan memiliki khasiat kuat melawan kanker. Acai berry juga memiliki keunikan zero sugar alias tanpa gula.


8. Avokad


Makanan pembuat awet muda: avokad

Avokad kaya akan lemak sehat, sangat bermanfaat untuk membantu mendapatkan berat tubuh ideal.

Haluskan avokad bersama bijinya, Ma. Biji avokad kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kolesterol, asal dikonsumsi tanpa gula. Jangan khawatir, biji avokad tak memiliki rasa pahit kok.


9. Ikan


Makanan pembuat awet muda: salmon

Ikan merupakan sumber protein yang lebih sehat dibanding daging hewan lain. Khususnya ikan laut dalam, seperti tuna dan salmon. Sirip dan sisik ikan laut dalam membuat toksin di lautan lebih sulit masuk ke dalam tubuhnya. Ikan tuna dan salmon merupakan antiradang yang sangat kuat.


10. Susu kedelai


Makanan pembuat awet muda: susu kedelai

Susu kedelai kaya isoflavin yang bertugas memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan polusi, sinar matahari dan proses tubuh. Minum susu kedelai juga membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta mencegah pembekuan darah yang membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.


Tak ada yang salah dengan keinginan tampil cantik dengan menggunakan serangkaian produk kecantikan sebagai anti aging. Hanya saja perlu Mama seimbangkan juga dengan pola hidup sehat. Makan makanan pembuat awet muda yang bernutrisi seperti makanan-makanan di atas akan sangat membantu kita dalam menghindari penuaan dini.

Sehat selalu, ya, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pastikan 10 Bahan Makanan Pembuat Awet Muda ini Mama Konsumsi untuk Mencegah Penuaan Dini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar