Menghilangkan Jerawat Nggak Semudah yang Dibayangkan! Kenali Jenisnya Dan Atasi Dengan Beberapa Trik Berikut Ini!

Menghilangkan Jerawat Nggak Semudah yang Dibayangkan! Kenali Jenisnya Dan Atasi Dengan Beberapa Trik Berikut Ini!

2.6K
Menghilangkan jerawat kadang butuh trik khusus. Apalagi jerawat yang membandel, duh menghilangkan jerawatnya pun butuh lots of effort!

Tak mengenal usia, jerawat datang dan pergi. Mengganggu rasa percaya diri. Menghilangkan jerawat pun sudah Mama lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari datang ke klinik kecantikan, cara alami tapi masih saja jerawatnya muncul. Kzl deh!

Penyebab jerawat itu banyak. Bisa dari asupan makanan hingga perubahan hormon. Pengobatannya akan ditentukan berdasarkan penyebab dan tingkat keparahannya.

Setidaknya, ada 3 jenis jerawat pada kita setelah dewasa.

BACA JUGA


5 Kesalahan Make Up Ini Akan Membuat Penampilan Mama Tampak Lebih Tua Lho!

5 Kesalahan Make Up Ini Akan Membuat Penampilan Mama Tampak Lebih Tua Lho!

Berbagai tren yang muncul di 2017 ini, tren fashion, tren gaya rambut, hingga tren make up. Meskipun namanya 'tren', gak semua cocok Mama ...

Read more..

Simak yuk, cara menghilangkan jerawat dan menyamarkannya sementara dengan bantuan make up.

1. Jerawat komedo

sumber : sehatcenter

Terjadi akibat produksi kelenjar minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat permukaan pori. Apabila komedo dibiarkan, lama kelamaan permukaan kulit wajah pun terasa kasar, berwarna kehitaman, dan tidak rata.

Menghilangkan jerawat, jangan menekan atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan. Lakukan facial scrub seminggu sekali untuk membuka pori dan mengangkat kotoran. Bersihkan sisa kosmetik dengan produk pembersih, terutama malam hari sebelum tidur. Pilih produk perawatan wajah sesuai jenis kulit berformula noncomedogenic.

Tip make up

Bubuhkan concealer warna jingga yang dicampur dengan warna nude pada bagian yang berjerawat. Aplikasikan BB cream yangs ekaligus dapat merawat kulit karena mengandung pelembap dan SPF. Akhiri dengan penggunaan bedak tabur.

2. Cystic acne

sumber : beautyhelathplus

Lebih popular dengan sebutan jerawat batu. Ukurannya relatif besar dan tidak bermata, sehingga membentuk benjolan besar yang meradang berwarna kemerahan. Biasanya terasa sakit saat diraba.

Menghilangkan jerawat bisa Mama lakukan facial di salon kecantikan atau klinik perawatan kulit dengan pengawasan dokter kulit secara rutin. Facial dilakukan untuk membuka pori-pori sehingga lemak yang menumpuk dan membatu dapat terangkat secara sempurna. Jangan melakukan sendiri di rumah, karena teknik facial yang salah dapat mengakibatkan kulit makin meradang.

Tip make up

Tutup warna jerawat yang kemerahan dengan concealer warna hijau. Lakukan tepat pada benjolan jerawat. Lanjutkan dengan memakai BB cream atau alas bedak agar kulit wajah terlihat lebih halus, serta bedak tabur rata sempurna.

BACA JUGA


Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Kesehatan kulit wajah penting banget untuk diperhatikan. Semakin bertambah usia, perawatan yang dibutuhkan Mama harus ekstra nih demi ...

Read more..

3. Jerawat pustula

sumber : acne.com

Jerawat jenis ini berwarna kemerahan dan “bermata” dengan titik puncak berwarna putih. Apabila dibiarkan dan tidak diberi perawatan ekstra, lama kelamaan akan menimbulkan kista, nanah, infeksi berkelanjutan, dan tumbuh terus menerus. Penyebabnya bervariasi, di antaranya bakteri pada permukaan kulit, pemakaian peralatan make up yang kotor, stress, hingga hormon.

Menghilangkan jerawat jenis ini bisa Mama lakukan dengan konsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu. Jika jerawat meradang, dokter akan menyarankan mengonsumsi obat antiobiotik yang mengandung klindamisin untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.

Tip make up

Aplikasikan bedak tabur yang dilanjutkan dengan concealer hanya pada titik jerawat. Untuk menutupi jerawat kemerahan secara sempurna, campurkan concealer warna hijau dan kuning. Lanjutkan dengan mengaplikasikan CC cream yang bertekstur lebih ringan dibanding BB cream. Bubuhkan kembali bedak tabur secara tipis untuk sentuhan akhir.

Saat ingin menutupi jerawat dengan make up, selalu aplikasikan bedak tabur terlebih dahulu tepat pada bagian yang berjerawat. Bedak tabur yang diaplikasikan pada jerawat akan membantu menyerap minyak pada permukaan jerawat dan sekitarnya, sehingga concealer dapat menempel lebih lama pada kulit.

Jangan gunakan foundation saat kulit wajah sedang berjerawat. Lebih baik gunakan BB cream atau CC cream yang bertekstur lebih ringan. Kedua produk tersebut dapat membantu kulit tetap bernapas.

Nah, meski ada beberapa trik menutup jerawat dengan make up, namun ingat, Ma. Menutupi jerawat bukan hanya dengan memfokuskan penggunaan concealer pada titik jerawat Mama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghilangkan jerawat.

1. Kesalahan memilih kosmetik dan alergi sering kali menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, sisa make up dan kotoran yang tidak dibersihkan secara sempurna juga dapat menyumbat pori kulit sehingga terjadi komedo dan peradangan. Kosmetik berat bertekstur pekat, seperti krim pelembap dan foundation, harus diangkat dengan susu pembersih khusus dan dilanjutkan dengan toner. Ingat, sabun wajah hanya efektif untuk mengangkat debu dan minyak. Bersihkan wajah 2 kali sehari pagi dan malam hari.

2. Waspadai faktor genetis yang menurun dari keluarga, seperti ukuran kelenjar minyak dan daya aktif kelenjar berproduksi.

3. Hormon dan gaya hidup berpengaruh besar terhadap produksi kelenjar minyak. Saat hormon ini meningkat (bisa jadi akibat stres), produksi minyak juga meningkat. Kadang diperparah dengan gaya hidup tak sehat, seperti merokok, minum alkohol, dan jam tidur yang kurang.

4. Perhatikan asupan makanan. Hindari diet yang terlalu ketat, dan tidak seimbang karena akan menjadi ‘bumerang’ dan membuat kondisi hormon tidak stabil. Secara umum makanan yang diduga berpengaruh terhadap timbulnya jerawat adalah makanan pedas, berlemak tinggi, seperti kacang, daging berlemak, susu, es krim, cokelat serta gula dan seafood.

BACA JUGA


3 Tips Penggunaan Kosmetik Ini Bisa Bantu Mama Menghemat Pengeluaran Pribadi

3 Tips Penggunaan Kosmetik Ini Bisa Bantu Mama Menghemat Pengeluaran Pribadi

Penggunaan kosmetik bisa untuk beragam fungsi loh Ma. Dengan begitu Mama bisa menghemat beberapa lembar rupiah

Read more..

Memang sih jerawat itu bikin sebal karena mengganggu penampilan, tapi Mama nggak boleh cuek ya dalam perawatan menghilangkan jerawat. Membersihkan wajah secara rutin dengan produk tepat sesuai kulit wajah bisa membantu Mama juga dalam menghilangkan jerawat.

Semoga beberapa trik dan tips ini bisa membantu Mama menghilangkan jerawat yang membandel.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menghilangkan Jerawat Nggak Semudah yang Dibayangkan! Kenali Jenisnya Dan Atasi Dengan Beberapa Trik Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar