Mengatasi Stres Secara Lebih Efektif, Lakukan 3 Hal Ini Setiap Kali Mama Membutuhkan

Mengatasi Stres Secara Lebih Efektif, Lakukan 3 Hal Ini Setiap Kali Mama Membutuhkan

1.6K
3 cara mengatasi stres berikut ini cukup sederhana, Ma. Mama bisa melakukannya di mana pun, setiap kali Mama membutuhkannya. Coba yuk!

Telat bangun pagi, nggak sempat bikin sarapan untuk keluarga, ke-gep bos telat ngantor, rapat maraton, deadline kerjaan menumpuk dan tiba di rumah tubuh udah letih, makin dobel rasanya melihat rumah kayak kapal pecah. Hvft, what a day?!

Mama pernah merasakan satu hari yang berat seperti itu? Mulai dari pagi hingga malam ada saja masalah, ujung-ujungnya bikin stres dan nggak bisa mikir! Kayak semesta lagi berkonspirasi untuk melawan kita. Hiks

Ketika mengalami dan ‘chaos day’ itu rasanya pengin banget menghindar atau sedikit membekukan waktu. Duh! Kejadian seharian itu bikin hidup kita terasa seperti ketimpa tangga plus kejatuhan durian.

Dan ketika bangun pagi, kita memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi stres dan segala hal yang membuat hari kemarin kacau. Sayangnya, kenyataan seringkali ‘mengkhianati’ keinginan kita.

Well, that’s life, Ma!

Setiap manusia, pasti merasakan yang namanya stres. Apa saja bisa menjadi pemicu stres, entah itu hal kecil maupun besar.

Ketika kita menginginkan hal-hal bekerja sesuai kemauan kita, tapi otak tidak mau bekerja sama dan ujungnya nothing we can do, di situlah kita berada di satu kondisi yang dinamakan stres.

Pakar psikologi menyebut keadaan seperti itu dengan fight or flight, di mana saat mengalami kejadian tak terduga, tubuh dan pikiran kita akan berada di satu momen, “Apakah saya harus menghadapinya atau membiarkannya saja?”

Mama berpikir apa sih yang salah, dan di waktu yang sama Mama pun berusaha mencari solusi. Inilah yang menyebabkan ketegangan, stres, tekanan darah naik dan lain sebagainya.

Beranjak dari hal tersebut, para pakar psikologi pun memberikan saran untuk mengatasi stres dengan berusaha menguranginya atau managing it. Lebih simpel lagi disarankan, agar selalu menempatkan diri kita di satu kondisi bahwa nggak selamanya satu hal itu akan berdampak buruk bagi kita. Ciptakan rasa nyaman dengan diri sendiri dengan berpikir positif.


BACA JUGA


Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi - Cara Kerja, Manfaat, dan Tips dalam Menggunakannya Agar Efektif Meredakan Stres yang Mama Rasakan

Aromaterapi, dengan formula tepat, bisa membantu meredakan stres hingga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, telusuri manfaat wangi-wangian ...

Read more..


Nah, untuk mengatasi stres yang lama kelamaan bisa bikin depresi, Mama bisa melakukan 3 hal simpel ini di rumah.


1. Play soothing, nature music


Bagaimana musik bisa mengatasi stres?

Sebelumnya Mama harus tahu terlebih dahulu tanda-tanda stres. Salah satunya detak jantung berdetak lebih cepat dari keadaan normal. Nah, pakar psikolog menemukan bahwa dengan mendengarkan musik yang slow atau musik instrumental alam akan bisa membuat detak jantung normal.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh The Israel Medical Center’s Louis Amstrong Center for Music and Medicine, seorang mama senang menidurkan bayinya dengan menyanyikan sebuah lagu anak-anak. Hasilnya? Mereka menemukan bahwa detak jantung bayi berdetak dengan normal dan bayi tidur dengan lelap.

Jadi, ketika Mama sudah merasa stres, maka untuk mengatasi stres tersebut segeralah dengarkan musik yang slow. Mama bisa bikin playlist lagu-lagu slow agar memudahkan Mama untuk mendengarkan saat stres melanda. Pejamkan mata dan menyatulah dengan musiknya.

Percaya deh Ma, pikiran akan terasa tenang.

Let the music heal your soul ....


2. Deep breathing


Saat bernapas, kita akan menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida.

Mama sering perhatikan nggak apa yang dikatakan dokter sebelum mengecek tekanan darah? Dokter sering meminta pasien untuk tarik napas pelan lalu embuskan. Kenapa? Karena dengan slow breathing membantu detak jantung agar normal dan juga menstabilkan tekanan darah.

Bagaimana cara memulai deep breathing?

Teknik ini sebetulnya sudah lama ada, dan efeknya memang bisa menenangkan pikiran dan mengatasi stres. Ini dimulai dari beberapa dekade silam dan masih sering dilakukan oleh para yogis.

Yang perlu Mama lakukan adalah mencari tempat yang sunyi dan bebas dari gangguan apa pun itu. Lalu, tarik napas pelan – tahan - embuskan. Bayangkan udara yang dihirup memasuki seluruh rongga tubuh dan diembuskan perlahan.

Teknik pernapasan ini sangatlah mudah dan Mama hanya memerlukan waktu 5-10 menit per hari untuk melakukannya.

Untuk membantu Mama, coba sekarang lakukan deep breathing sembari menyamakan ritmenya dengan gambar berikut ini. Lakukan hingga Mama merasakan efek yang ditimbulkannya. Tenang, dan rileks.




BACA JUGA


Mengatasi Stres yang Dialami Papa Harus Dilakukan Secara Dua Arah! Yuk, Ma, Bantu dengan Cara Berikut!

Mengatasi Stres yang Dialami Papa Harus Dilakukan Secara Dua Arah! Yuk, Ma, Bantu dengan Cara Berikut!

Mengatasi stres memang bukanlah perkara yang mudah. Betul? Perlu banyak hal yang harus dilakukan. Apabila Papa mengalami stres, Mama wajib ...

Read more..


3. Mindfulness meditation


Para peneliti menemukan bahwa mindful meditation bisa membantu mengatasi stres dan menyembuhkan penyakit seperti anxiety disorder, asma, depresi, tekanan darah tinggi, bisa meningkatkan fokus untuk waktu yang lama dan mengatasi masalah tidur.

Meditasi telah dilakukan selama ribuan tahun di Asia oleh orang-orang yang berbeda, sehingga sekarang ada berbagai bentuk meditasi. Tapi, dari semua meditasi yang diciptakan memiliki satu tujuan dan itu kembali lagi ke pribadi masing-masing dalam menemukan sebuah ketenangan.

Ada dua model meditasi yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi stres.

  • Guided meditation
    Meditasi ini kita lakukan sambil mendengarkan rekaman suara seseorang yang menuntun kita melakukan tahapan meditasi. Biasanya meditasi ini akan dilakukan dengan mata terpejam. Mama akan diminta untuk menyatukan pikiran dan fokus akan udara yang dihirup selama bernapas. Cara ini juga bisa membantu untuk meningkatkan fokus Mama.
  • Mantra meditation
    Seperti namanya, Mama akan melakukan meditasi ini dengan duduk diam, tenang tanpa ada gangguan apa pun dari lingkungan sekitar. Dengan mata terpejam, Mama akan menyebutkan sebuah kata atau kalimat secara berulang untuk membantu fokus dan tidak terganggu.


BACA JUGA


Paolo Kenzo: Hidup Bahagia, Sehat dan Sejahtera Itu Bukan Sekadar Khayalan! Kenalan dengan Berbagai Teknik Self Healing Yuk!

Paolo Kenzo: Hidup Bahagia, Sehat dan Sejahtera Itu Bukan Sekadar Khayalan! Kenalan dengan Berbagai Teknik Self Healing Yuk!

Hidup bahagia, sehat dan sejahtera itu bisa kita usahakan, Ma, bukan hanya karena nasib saja yang mengaturnya untuk kita. Kenalan lebih jauh ...

Read more..


Kadang kita nggak bisa menebak akan satu hal, apakah itu bisa membuat stres atau tidak. Kalaupun Mama sudah terlanjur menghadapi beberapa masalah dan terasa berat, berusahalah untuk tetap tenang lalu kendalikan pikiran. Lakukan tiga langkah mudah di atas untuk mengatasi stres yang melingkupi Mama.

Stres harus bisa kita manage dan sembuhkan, Ma. Karena jikalau tidak, itu akan berujung ke depresi yang memerlukan penanganan lebih lanjut oleh ahli.

Stay healthy ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengatasi Stres Secara Lebih Efektif, Lakukan 3 Hal Ini Setiap Kali Mama Membutuhkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar