Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!

4.1K
Mendidik anak agar tak ketagihan gadget harus dilakukan secara simultan. Apalagi bagi anak-anak yang memang sudah terlanjur terpapar gadget. Mama dan Papa harus bekerja ekstra keras. Tapi bukan berarti tak mungkin. Coba dengan 10 aktivitas ini yuk!

Mama adalah salah satu orangtua yang bertekad untuk menunda pengenalan gadget ataupun teknologi kepada anak sampai saatnya tiba? Well, kelihatannya semua Rocking Mama selalu memiliki ekspektasi itu ya dalam mendidik anak dan membangun bonding bersama anak.

Realitanya, seiring dengan pertumbuhan anak, dia akan semakin mandiri dan merasa tidak memerlukan bantuan Mama lagi terutama terhadap kebutuhan-kebutuhan kecil. Hal itulah yang secara tidak langsung akan mengurangi kedekatan antara Mama dengannya. Apalagi jika anak sudah terpapar dengan gadget atau teknologi ya, dia akan semakin asyik dengan dunianya yang seolah-olah tidak lagi membutuhkan bantuan Mama.


BACA JUGA


Anak Ketagihan Gadget, Atasi dengan 3 Cara Ini Sebagai Langkah Awal!

Anak Ketagihan Gadget, Atasi dengan 3 Cara Ini Sebagai Langkah Awal!

Anak ketagihan gadget, jangan melulu salahkan dia. Nyadar atau enggak, kitalah yang sudah mengenalkannya pada gadget sejak dia lahir

Read more..


Gadget dan teknologi memang sangat berpengaruh terhadap emosi anak, yang akhirnya juga akan mengurangi kedekatan anak terhadap orangtuanya. Tidak jarang loh, Ma, ditemui anak yang lebih memilih main game seharian daripada bermain bersama mama dan papanya. Dan, bahkan mereka akan cenderung tantrum atau marah-marah saat diminta meninggalkan gadgetnya.

Yang jelas, mama pasti akan kehilangan waktu intim bersama anak, jika anak sudah ketagihan gadget. Padahal Mama juga pasti sudah tahu kan, bahwa gadget juga bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan. Menghabiskan terlalu banyak waktu duduk di depan layar juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan anak, mengurangi tingkat konsentrasi anak, dan mengurangi kualitas tidur anak.

Duh. Ckckck.

Eits, jangan bersedih dulu, Ma. Mama tetap bisa memelihara bonding sekaligus mendidik anak untuk tak tergantung ataupun ketagihan gadget. Ada 10 aktivitas bonding antara anak dan orangtua tanpa campur tangan gadget yang bisa Mama coba nih.


Mendidik anak tak ketagihan gadget, berikut 10 aktivitas yang bisa Mama lakukan bersama si kecil untuk membangun bonding yang lebih kuat dengannya


1. Memasak Bersama


Melibatkan anak mulai dari menyiapkan bahan, memasak hingga penyajian memberikan manfaat baik untuk mereka. Selain membuat anak lebih bersemangat untuk makan, aktivitas memasak merupakan salah satu cara yang baik untuk mendidik anak dan menambah bonding antara orangtua dan anak.

Anak akan meningkat rasa percaya dirinya, karena bisa berkontribusi terhadap urusan keluarga. Sehingga saat dia besar nanti, dia pun akan terbiasa untuk makan bersama keluarga dengan duduk di meja makan. Bukan makan di depan TV, di dalam kamar, apalagi sambil bermain gadget. Sedangkan untuk jangka panjangnya, belajar memasak berarti memberikan keterampilan pada anak-anak yang tak akan pernah sia-sia. Pasalnya, keterampilan memasak akan terus digunakan sepanjang hidupnya. Anak yang bisa memasak pun umumnya lebih mandiri.

Memang akan sangat membutuhkan waktu dan kesabaran sih, Ma. Namun tanpa disadari momen membantu orangtua memasak itu selalu terkenang hingga anak dewasa. Meski saat ini anak akan ogah-ogahan, namun suatu saati momen itu justru yang sering dirindukan.

Saat ia beranjak dewasa, kedekatan ini sangat diperlukan agar anak memiliki rasa tanggung jawab terhadap keluarga dan tak terjerumus hal-hal yang tak diinginkan.


2. Bersepeda


Salah satu olahraga yang tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik tapi juga mental seseorang ialah bersepeda. Ada kesenangan unik yang bisa Mama dapatkan melalui kegiatan ini, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Menyenangkan sekali kan, Ma?

Jadi, mau bersepeda ke mana nih?

Untuk menentukan tempat yang akan dituju, Mama dan Papa perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan anak. Hasil diskusi tersebut akan menentukan pula persiapannya, Ma.

Misalnya, jika taman menjadi tempat tujuannya, maka perlu membawa bekal makanan dan alas karpet atau tikar, karena kayaknya bakalan asyik banget kalau istirahat sebentar setelah bersepeda di taman, sambil menikmati suasana.

Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan jenis sepeda yang dipakai. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Jika Mama masih mempunyai anak batita, sebaiknya pilih sepeda dengan bangku tambahan yang digunakan untuk membonceng anak. Sedangkan untuk anak yang sudah bisa bersepeda, pilih sepeda berukuran tidak lebih besar darinya, sehingga Ia lebih mudah mengendalikannya.


3. Lakukan Percobaan Sains


Berhasil membuat sebuah percobaan adalah hal yang sangat amazing bagi anak-anak, Ma. So, sekali-kali ajaklah anak Mama melakukan eksperimen-eksperimen sederhana untuk dapat mendidik anak lepas dari gadget dan mendapatkan bonding dengannya yang lebih baik.

Salah satu percobaan sains termudah untuk dilakukan adalah reaksi dari cuka dan baking soda. Sebelumnya ingatkan dulu, bahwa percobaan ini harus dilakukan di luar ruangan ya.

Alat dan Bahan :

  1. Botol plastik besar
  2. Cuka
  3. Soda Kue
  4. Balon
  5. Corong
  6. Benang/karet gelang

Cara Kerja :

  1. Tuangkan cuka ke dalam botol yang telah disiapkan hingga ¾ bagian.
  2. Masukkan soda kue ke dalam balon menggunakan corong, sampai separuh bagian dari balon.
  3. Jepit leher balon, lalu rentangkan mulutnya, sehingga mulut botol dapat masuk ke dalamnya.
  4. Masukkan soda kue ke dalam botol dan tercampur dengan cuka sambil memegang balon. Menahan agar botol tahan pada tempatnya ketika muncul gelembung-gelembung udara.
  5. Lepaskan balon dari mulut botol setelah balon mengembang maksimal, lalu ikat ujung balon menggunakan karet.
Hasil :

Setelah air cuka bercampur dengan soda kue, maka terbentuklah gelembung-gelembung gas yang banyak dan menyebabkan balon membesar. Setelah percobaan, saat disentuh permukaan botol terasa dingin.

Nah, Mama bisa mencari berbagai percobaan sains sederhana lainnya, seperti percobaan gunung meletus, atau mungkin mencoba juga mempelajari berbagai sifat daun dengan meneliti daun-daun dari tanaman di kebun. Mama bisa gugling untuk mendapatkan ide lebih banyak lagi.

Semoga kapan-kapan Rocking Mama bisa menampilkan berbagai percobaan sains sederhana yang bisa Mama lakukan bersama si kecil dalam satu artikel ya.


4. Bermain Board Games


Melakukan permainan papan bersama keluarga setiap minggu dapat membantu mendidik anak agar tak ketagihan gadget, Ma.

Iya kan? Kalau memang anak-anak suka ngegames, mengapa nggak diperkenalkan saja dengan board games yang sering Mama dan Papa mainkan saat kecil dulu, misalnya monopoli, catur, ular tangga, ludo dan sebagainya. Bahkan bermain kartu remi atau 41 juga bisa melatih mereka berstrategi dan juga menghitung lho.

Aktivitas ini juga akan memberikan pengaruh besar terhadap habit anak yang terlanjur kecanduan gadget.


5. Bermain Layang-layang


Ketika cuaca cerah dan angin berembus lumayan kencang, bermain layang-layang amatlah seru untuk dilakukan. Apalagi jika dijalankan bareng anak-anak, pastinya tambah seru lagi. Mama dapat mengajak anak bermain layang-layang di tanah lapang.

Selain tepat dan seru untuk dilakukan saat cuaca cerah, bermain layang-layang juga memberikan banyak manfaat bagi anak. Diawali dengan menerbangkan layang-layang sambil berlarian, kemudian menarik benang dengan sekuat tenaga akan membuat anak lebih sehat. Tanpa Mama sadari, permainan layang-layang sudah membuat anak lebih giat untuk bergerak dan berolahraga. Menjadi kebanggaan tersendiri kan, Ma, saat melihat anak tumbuh sehat?


6. Membaca Buku


Membacakan buku cerita untuk anak-anak juga bisa menjadi cara mendidik anak agar tak ketagihan gadget, Ma.

Ada banyak kelebihan yang bisa dipahami anak ketika mendengarkan cerita dari Mama.

Mendengarkan menjadi media penting untuk menambah kosa kata. Terpenting lagi adalah dengan berlama-lama membaca buku bersama anak artinya Mama juga mempunyai waktu lebih untuk berdekatan dengan mereka.


7. Membuat Kerajinan Seni


Aktivitas yang satu ini juga baik untuk perkembangan anak, terutama untuk mendidik anak agar tak ketagihan gadget, Ma.

Bersama dengan anak, mama bisa membuat kerajinan tangan yang sederhana namun tetap menarik dengan menggunakan peralatan dari bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi di rumah. Misalnya, kaleng bekas untuk membuat pot bunga. Hiaslah pot dengan menggunakan cat yang aman digunakan oleh anak.

Jika anak Mama sudah lebih besar, mama bisa mengajaknya menjahit untuk membuat kerajinan-kerajinan sederhana dari kain perca.


8. Bermain Gelembung


Bermain gelembung? Hm, kelihatannya sih sederhana, tapi ternyata gelembung–gelembung sabun dapat mengasah kecerdasan anak lho.

Caranya sederhana, tiuplah gelembung sabun dekat si kecil. Mintalah ia mengejar dan menangkap gelembung sabun tersebut. Terapkan aturan permainan agar anak belajar tentang besar kecil. Misalnya pecahkan gelembung yang paling besar, lalu berikutnya pecahkan gelembung terkecil. Menyenangkan sekali bukan?

Bermain gelembung, selain dapat mendidik anak agar tak ketagihan gadget, juga dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, keseimbangan dan kecakapan motorik kasar anak seperti membungkuk, melompat dan meloncat.


9. Pergi Ke Kebun Binatang


Ketika liburan panjang telah datang, mengajak anak untuk berwisata sangatlah perlu dilakukan.

Contoh berwisata paling sederhana adalah ke kebun binatang. Anak-anak Mama dapat melihat semua binatang favorit mereka dari dekat. Teori-teori yang ia pelajari di sekolah ataupun yang mama ajarkan sebelumnya mengenai macam-macam hewan berdasarkan ciri-ciri fisiknya tidak hanya bisa dibayangkan di kepala, tetapi bisa langsung dilihat.

Asyik banget kan?


10. Membangun Benteng

Pada saat cuaca di luar kurang mendukung atau menjadi sangat dingin, Mama bisa mengajak anak untuk membuat sebuah benteng di dalam rumah. Misalnya dengan merentangkan selimut lebar di antara dua kursi sehingga terbentuk seperti tenda yang menyenangkan.

Lalu, biarkan anak Mama sendiri yang berkreasi untuk membangun bentengnya sekreatif mungkin.


BACA JUGA


Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Anak Tertarik Gadget? Jangan Panik, Ma! Bantu Dia Menggunakannya Secara Bijak dengan 5 Tips Ini!

Waktu terus bergulir. Zaman sudah berubah. Teknologi semakin berkembang, bahkan begitu pesat. Dan saat ini, segala sesuatu menjadi lebih ...

Read more..


Wah ternyata banyak sekali kan, Ma, aktivitas yang bisa Mama lakukan untuk mendidik anak agar tak ketagihan gadget, dan sekaligus meningkatkan bonding dengan mereka?

Yes, aktivitas-aktivitas klasik seperti 10 hal di atas ternyata memberikan dampak besar terhadap kedekatan antara Mama dan anak. Jadi nggak perlu malu jika mama harus menemani anak dan mengikuti gerakan-gerakan lucu seperti yang dilakukan anak-anak ya.

Just have fun with them, without any gadgets!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mendidik Anak Tak Ketagihan Gadget, Berikut Beberapa Aktivitas Tanpa Gadget yang Bisa Mama Lakukan Bersama si Kecil!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yeni Susanti | @yenifkip

Silahkan login untuk memberi komentar