Mau Menggunakan Produk Kosmetik Alami? Pastikan Aman dengan 7 Tips Panduan Ini!

Mau Menggunakan Produk Kosmetik Alami? Pastikan Aman dengan 7 Tips Panduan Ini!

5.6K
Make up is a way for a woman to look and feel like herself, only prettier and more confident. - Bobbi Brown

Go Green!

Tren yang berkembang akhir-akhir ini adalah go green atau kembali ke alam. Masyarakat kita sekarang ini mulai sadar akan pentingnya memakai produk yang ramah lingkungan. Barangkali terjadinya bencana alam, global warming, gaya hidup yang nggak sehat memicu masyarakat kita untuk berbenah dan mencintai lingkungan lagi. Satu langkah kecil sudah dimulai pemerintah dengan mengenakan harga atas kantong plastik jika ingin berbelanja di supermarket dan minimarket. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan plastik yang susah terurai oleh tanah sehingga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan alam.

Tak terkecuali di kalangan perempuan. Kini merebak segala macam produk-produk alami. Sebut saja, kosmetik, sabun, minyak untuk tubuh, eyeshadow, maskara, body butter , butter antiaging hingga BB cream. Sekarang ini dengan mudahnya Mama bisa menemui produk-produk tersebut dengan label ecofriendly. Tentunya ini adalah kabar baik, ya, Ma. Kita nggak perlu khawatir berlebihan untuk menggunakannya. Nggak perlu khawatir kalau ada kandungan zat-zat terlarang di dalamnya.


Baca juga : 7 Cara berdiet yang justru membahayakan kesehatan Mama!


Bagi Mama yang selama ini menerapkan pola food combining di keseharian, pasti sudah tahu penggunaan sisa perasan jeruk nipis atau lemper sering dioleskan ke wajah, kaki atau tangan. Nah, akhir-akhir ini ramai dibicarakan di media sosial penggunaan baking soda sebagai pembersih multifungsi. Mulai dari obat penghilang sakit maag, dijadikan odol gigi, sebagai pengganti sampo, bahkan baking soda ini mulai digunakan untuk urusan bersih rumah mulai dari cuci pakaian hingga membersihkan keramik.

Too bad, ternyata menggunakan produk alami pun muncul beragam keluhan.

"Duh, coba lihat deh wajahku jadi merah gini setelah pakai jeruk nipis!"
"Baking soda untuk mandi? Saya udah coba, ealah malah gatal-gatal badanku!"
"Katanya nih oil olive banyak manfaat untuk kulit, kok jadinya wajahku tambah subur jerawatnya?!"

Kalau yang terjadi seperti itu, sedih juga ya Ma. Mereka yang sudah semangat untuk memakai produk ecofriendly akan berhenti dan beralih ke produk konvensional kembali.

Sebenarnya nih, Ma, keluhan-keluhan tersebut bisa diatasi dengan mudah. Bagaimana caranya? Mama perlu tahu cara tepat untuk beralih dari produk konvensional ke ecofriendly. Ciyusan? Iyes, Ma!


Kali ini, Rocking Mama akan berbagi 7 tips bagaimana menggunakan kosmetik alami yang aman untuk kulit Mama.


1. Kenali kondisi kulit Mama


Dalam penggunaan produk apa pun, hal pertama yang Mama harus lakukan yaitu kenali kondisi kulit. Mama harus tahu dengan pasti jenis kulit yang Mama miliki dan apa saja masalahnya. Barangkali Mama memiliki kulit normal cenderung kering, atau berminyak dan berjerawat, adanya scar, bekas jerawat. Jika Mama sudah mengetahui jenis kulit, maka akan dengan mudah menentukan produk apa yang mesti digunakan.


Baca juga : Mama merasa kurang percaya diri karena selulit dan stretch mark? Coba atasi dengan 3 langkah ampuh ini!


2. Ketahui karateristik produk


Setiap bahan mempunyai karakter yang berbeda.

Sebut saja jenis oil. Mama bisa menemukan perbedaan antara olive oil, coconut oil, castor oil, almond oil, sunflower oil, rosehip oil dan lain sebagainya. Nah, di sini penting bagi Mama untuk memastikan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan sebelum menggunakannya. Jadi, Mama nggak akan asal pilih produk.

Contoh kasus ya, Mama pengin mencari produk untuk pembersih wajah atau istilah kerennya, oil cleansing. Yang perlu Mama lakukan pertama kali adalah cari tahu informasi, apakah Mama bisa menggunakan olive oil, castor oil, kombinasi keduanya atau minyak lain.

Perlu Mama ingat, ada banyak perbedaan antara produk konvensional dengan produk ecofriendly khususnya yang homemade. Perbedaan yang mencolok ada pada bau. Untuk produk alami pada umumnya wangi yang bisa tercium nggak sewangi produk konvensional. Apalagi jenis oil barangkali bagi sebagian orang, baunya nggak terlalu enak di hidung.

Pengalaman saya menggunakan olive oil pertama kali, saya sedikit kaget dengan baunya. Jangan tanya bau yang wangi lho Ma, ini nggak ada wangi sama sekali! Begitu pula saat mengenal rosehip oil. Baunya seperti kacang tanah mentah, Ma! *iyucks*

Begitu pula untuk tekstur dan konsistensi. Produk alami beda lho, Ma. Ada baiknya sebelum memutuskan membeli, Mama harus siap menerima perbedaan tersebut. Sebagian besar produk alami yang sudah pernah saya pakai, teksturnya nggak senyaman produk konvensional. Jelas berbeda karena produk alami nggak terkandung bahan-bahan kimia tambahan untuk pengawet yang sering digunakan di industri kosmetik.


3. Cara penggunaan


Seringkali terjadi nih Ma, satu bahan dipakai untuk semua hal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, baking soda untuk semua. Padahal, ada cara penggunaannya dengan menakar berapa banyak baking soda yang dipakai untuk deodoran misalnya, akan berbeda saat Mama pakai untuk keramas. Begitu juga dengan oil, Mama harus tau pasti cara menggunakannya sebagai pembersih wajah, untuk pijat atau pelembap wajah.


Baca juga : Pengin kulit mulus? Coba rawat dengan kunyit deh, Ma!


4. Step by step


Saran nih Ma, ada baiknya nggak langsung blas mengganti semua produk di meja rias dengan produk alami.

Begini Ma, perlu banget Mama mengetahui respon kulit terhadap masing-masing produk. Maka, sebaiknya Mama coba satu per satu terlebih dahulu. Apabila sudah sreg dengan kulit, bisa Mama lanjutkan dengan yang lain. Jadi, mengganti produknya itu bergiliran ya, Ma.


5. Lakukan tes terlebih dahulu


Untuk Mama yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya melakukan uji tes terlebih dahulu. Jangan sampai Mama seperti membeli kucing dalam karung. Walaupun itu produk alami, belum tentu cocok kan di kulit Mama.

Ada tip singkat dari Greenmommy - salah satu penghasil ecofriendly skincare di Indonesia- untuk menguji produk apakah layak dipakai oleh kulit atau tidak. Caranya, oleskan sedikit di siku bagian dalam, lalu balut dengan plester luka. Biarkan minimal 24 jam. Kalau bisa jangan sampai terkena air. Hasilnya, jika di tes ini nggak ditemui keluhan, maka Mama bisa meneruskan penggunaannya.


6. Beri kesempatan bagi kulit untuk merespon


Ma, jangan terlalu cepat men-judge, "Ah, ini mah nggak cocok untuk kulit saya!"

Penting untuk Mama lakukan yaitu memberikan kesempatan bagi kulit untuk menunjukkan respon yang sebenarnya terhadap satu produk. Hal ini nggak langsung terjadi selama kurun waktu 24 jam lho Ma! Karena pada umumnya produk alami memberikan hasil sedikit lambat daripada produk konvensional. Sabar dulu, ya, Ma!

Contoh nih, saya menggunakan rosehip oil selama sebulan. Dan dalam sebulan baru sedikit menampakkan hasilnya. Scar yang saya oleskan belum menutup dengan sempurna, yang ada lubangnya menjadi agak dangkal terlebih dahulu. Efek lainnya sih, kulit nampak lebih glowing . *tsah* Hehehe... Jadi, saya harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu Mama ketahui juga, ada produk yang memiliki efek purging. Apa tuh? Jadi gini, produk tersebut apabila digunakan akan menimbulkan breakout di wajah, misalnya jerawat. Mama harus tahu efek ini sebelumnya, agar ketika memakai produknya Mama nggak akan kaget dan sebaiknya sabar hingga efeknya itu mereda.


Baca juga : Hati-hati make up kadaluwarsa, Ma!


7. Trial (And Error)


Walaupun menggunakan produk alami, fakta bahwa kulit manusia itu unik nggak bisa kita pungkiri. Jadi, belum tentu satu bahan yang cocok di kulit saya, akan menemukan hal yang sama di kulit Mama.

Menemukan produk alami yang cocok sudah seperti mencari jodoh. Hehehe... Nggak sekali coba langsung klop, tapi dibutuhkan beberapa kali. Saya pun begitu. Nggak cocok dengan produk A, saya pun mencoba produk B. Saya menikmati hal ini sebagai bentuk petualangan yang menyenangkan untuk menemukan produk yang pas, aman, dan ramah lingkungan.


Baca juga : Ini dia 7 perawatan ekstrem dari seluruh dunia! Mau coba?


Semoga tips ini memberikan pengetahuan baru ya untuk Mama agar lebih teliti dalam membeli produk alami. Jangan mudah berputus asa jika belum menemukan yang pas, ya Ma!

Selamat mencoba, Ma...


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Menggunakan Produk Kosmetik Alami? Pastikan Aman dengan 7 Tips Panduan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Widyanti Yuliandari | @widyantiyuliandari

Ibu dua anak, pecinta sayur dan buah lokal, food combiner, blogger dan penulis buku.

Silahkan login untuk memberi komentar