Mau Bekerja dari Rumah? Ini Dia Panduan untuk Membuat Ruang Kerja Sendiri

home office

Mau Bekerja dari Rumah? Ini Dia Panduan untuk Membuat Ruang Kerja Sendiri

135
Bener nih, sudah yakin mau bekerja dari rumah? Yuk, mulai siapkan ruangannya!

Halo Ma! Apa kabarnya pekerjaan Mama sekarang? Sudah merasa mantap untuk resign dan mulai bekerja dari rumah?

Memang, bekerja di sebuah perusahaan menjanjikan jenjang karier yang cemerlang. Apalagi, kalau Mama adalah seorang perempuan yang sangat berdedikasi pada pekerjaan. Gajinya juga lumayan, cukup untuk membantu keuangan keluarga, sekaligus bisa menabung untuk keperluan masa depan.

Tapi, setelah mempertimbangkan banyak hal, saat ini Mama yakin untuk mengundurkan diri dari kantor dan memilih bekerja dari rumah saja. Way to go, Ma! Apa pun keputusannya, jika sudah dipikirkan masak-masak adalah yang terbaik untuk keluarga, Rocking Mama akan senantiasa mendukung! Semoga sukses, ya!

Oh iya, sudah mempersiapkan sebuah tempat di rumah untuk 'disulap' menjadi ruang kerja belum? Iya, untuk mendukung keberhasilan niat Mama bekerja dari rumah. Kalau belum, yuk intip langkah-langkah membuat ruang kerja di rumah berikut ini!

Ada 2 hal yang harus Mama perhatikan dalam membuat ruang kerja di rumah. Yang pertama adalah membuat pertanyaan-pertanyaan, yang kedua persiapan fisik.


BACA JUGA


Bekerja dari Rumah? Pastikan Mama Punya 7 Kebiasaan Ini!

Bekerja dari Rumah? Pastikan Mama Punya 7 Kebiasaan Ini!

Bekerja dari rumah memiliki tantangan yang berbeda dengan bekerja di kantor. Dengan 7 tips ini, Mama pasti akan bisa mengelola diri sendiri ...

Read more..


Ini 5 pertanyaan yang bisa Mama ajukan untuk membuat sebuah ruang kerja di rumah agar proses bekerja dari rumah lancar


1. Jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan dari rumah ini?

Jenis pekerjaan tentu saja memengaruhi ruang kerjanya, Ma. Yang bekerja sebagai penulis tidak membutuhkan ruangan sebesar instruktur senam, misalnya.

Oleh karena itu, coba Mama bayangkan sendiri, kira-kira berapa besar ruangan yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan Mama.


2. Apakah pekerjaan Mama membutuhkan team work, atau single-fighter?

Seorang pekerja single-fighter yang bekerja dari rumah akan melakukan semua pekerjaannya sendiri. Misalnya saja akuntan, yang sibuk sendiri. Berbeda dengan seorang arsitek yang butuh kerja tim, sehingga perlu ruang kerja yang lebih besar.


3. Akankah menerima tamu?

Namanya kerja, meski itu bekerja dari rumah, tentu menjalin hubungan dengan banyak orang. Tapi, seorang penjahit akan membutuhkan juga sofa-sofa empuk bagi tamunya.

Sedangkan seorang guru bahasa private-online cukup punya backdrop keren, atau sekadar dinding berlapis wall paper yang bermotif bagus untuk melakukan banyak video calling dengan para murid.


4. Berhubungan dengan banyak kertas, atau barang?

Jika Mama seorang agen asuransi, maka pasti akan berhubungan dengan banyak kertas. Berbeda cerita jika Mama punya toko online, yang tentunya butuh ruang penyimpanan untuk menaruh stock barang.


5. Bagaimana dengan jam kerjanya?

Seorang desainer grafis bergantung lebih pada mood dan ide, sehingga jam kerjanya relatif fleksibel. Di sisi lain, seorang psikolog yang bekerja dari rumah pastinya tetap punya jadwal praktik.

Jika jam kerja Mama fleksibel, bisa menempati sebuah ruangan strategis yang dekat dengan ruang-ruang lain di dalam rumah. Sebaliknya, jika terjadwal, sebaiknya memiliki ruangan yang tersendiri agar lebih profesional dan lebih fokus.


BACA JUGA


Bagi Mama yang Bekerja di Rumah, Ini Dia 14 Workspace Cantik untuk Inspirasi!

Bagi Mama yang Bekerja di Rumah, Ini Dia 14 Workspace Cantik untuk Inspirasi!

Tambah motivasi untuk bekerja di rumah dengan mempercantik workspace Mama

Read more..


Nah, sekarang coba kita lihat mengenai persiapan fisik agar Mama lancar bekerja dari rumah.


1. 3x3 meter persegi

Idealnya, seseorang harus memiliki space sebesar 9-10 meter persegi untuk dirinya sendiri agar leluasa bergerak --baik bergerak secara fisik maupun mental. Kurang dari itu akan mengganggu kinerja, karena badan merasa terkurung, dan ide jadi susah keluar.

Jika Mama bekerja dari rumah, maka usahakan untuk melakukannya di dalam ruangan (minimal) sebesar itu, ya!



2. Ruangan yang lebih besar untuk pekerjaan team work dan didatangi tamu

Setidaknya butuh 4x5 meter persegi untuk bekerja dengan sebuah tim kecil sebanyak 2-3 orang.

Dalam ruangan 20 meter persegi itu, Mama bisa meletakkan 3 buah meja kerja berukuran standar dan satu set sofa kecil untuk para tamu.

Jangan lupa untuk membaca tips-tips tata ruang mungil agar tidak berkesan sempit, ya!


3. Beli meja kerja dan kursi yang nyaman

Ini penting, mengingat Mama akan menghabiskan waktu berjam-jam di sana.

Sebuah meja kerja yang pas untuk seorang penulis dengan sebuah laptop dan printer biasanya cukup yang panjangnya 120 sentimeter.

Bila butuh rak berisi kertas-kertas pesanan dan tagihan, juga berbagai alat tulis kantor lain, pilih yang panjangnya 150 sentimeter. Yang jelas, Mama harus punya kursi dengan sandaran empuk.

Bila Hayati lelah, segera sandarkan punggung untuk rehat sejenak.


4. Perhatikan pencahayaan

Pilih sebuah ruangan dalam rumah yang sekiranya memiliki pencahayaan alami yang cukup. Misalnya di samping jendela, atau yang dekat dengan teras depan atau belakang.

Ruang kerja di sudut terpencil rumah akan butuh banyak lampu, dan cepat membuat mata lelah karena terus-menerus menyesuaikan diri dengan cahaya yang seadanya.



5. Buatlah senyaman mungkin

Karena Mama bekerja dari rumah, maka bagaimanapun juga, Mama sudah tidak berada di tempat yang penuh dengan formalitas lagi.

Mama bekerja dari rumah, yang tentunya akan sekali-sekali diganggu anak-anak dan keperluan rumah lain yang mendesak. Menata ruang kerja yang homey atau berkesan rumahan akan selalu mengingatkan bahwa Mama ada pada sekaligus dua alam yang berbeda: kantor dan rumah.


BACA JUGA


Bekerja di Rumah, Begini Strategi Agar Kita Tetap Produktif dan Si Kecil pun Tenang!

Bekerja di Rumah, Begini Strategi Agar Kita Tetap Produktif dan Si Kecil pun Tenang!

Bekerja di rumah sambil mengasuh anak memang jadi cita-cita sebagian perempuan. Meski sekilas tampak nyaman, tapi bukan berarti tanpa ...

Read more..


Well, sekarang sudah siap membuat home office yang nyaman, kan Ma?

Selamat bekerja, menghasilkan karya dan berkontribusi untuk sesama, sambil tetap mengawasi rumah, ya Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Bekerja dari Rumah? Ini Dia Panduan untuk Membuat Ruang Kerja Sendiri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar