Liburan Jangan Sampai Menyisakan Masalah. Atasi dengan Beberapa Trik Penyelamatan Keuangan Berikut!

Liburan Jangan Sampai Menyisakan Masalah. Atasi dengan Beberapa Trik Penyelamatan Keuangan Berikut!

770
Liburan memang perlu dan penting! Tapi yang juga penting (tapi sering diabaikan) adalah jangan sampai liburan menyisakan masalah keuangan karena kita tak cermat mengelolanya. Atasi dengan beberapa trik penyelamatan keuangan berikut.

Puasa telah berlalu. Masa liburan dan Lebaran pun akan segera usai. Semoga sesudah peristiwa besar dan membahagiakan tersebut selesai, keadaan keuangan dan suasana hati Mama tetap damai dan lega.

Liburan, apalagi yang bertepatan dengan hari raya (dari agama apa pun), biasanya memang akan membuat kita harus spend more money than usual. Ya, gimana enggak. Meski mungkin kita sudah punya rencana dan itinerary yang jelas, but still ... masih tetap akan lebih banyak dari hari biasa. Betul nggak, Ma?


BACA JUGA


Puasa dan Lebaran Identik dengan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok - Ternyata Ini Sebabnya!

Puasa dan Lebaran Identik dengan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok - Ternyata Ini Sebabnya!

Harga kebutuhan pokok selalu meroket naik saat bulan puasa dan menjelang Lebaran. Fenomena alam, ataukah buatan manusia

Read more..


Beberapa waktu yang lalu, Rocking Mama pernah menayangkan cara smart supaya Mama nggak bangkrut saat Lebaran. Jika Mama sudah menerapkannya, maka mungkin saat ini Mama nggak akan kesulitan dan nggak galau. Namun bila sebaliknya yang terjadi, maka Mama perlu melakukan beberapa tindakan penyelamatan dompet dengan segera.


Beberapa hal yang bisa Mama lakukan untuk menyelamatkan keuangan pasca liburan


  1. Hitung berapa utang yang Mama tumpuk selama puasa dan liburan Lebaran
  2. Apakah ada dana simpanan (investasi) yang dipergunakan bagi keperluan puasa dan Lebaran? Jika ada, segera hitung berapa yang Mama gunakan.
  3. Jumlahkan total biaya yang Mama habiskan selama bulan puasa dan Lebaran!
  4. Bila masih memiliki dana simpanan, pergunakanlah untuk membayar lunas semua utang yang telah dibuat (terutama yang menggunakan kartu kredit atau kredit tanpa agunan). Karena bunga utang pasti lebih tinggi daripada bunga simpanan. Jangan ambil risiko dan menumpuk beban bunga pinjaman ataupun utang yang memberatkan setelah liburan Lebaran ini.
  5. Namun seandainya Mama sudah kehabisan dana simpanan, maka juallah barang-barang berharga yang masih dimiliki untuk menutup utang.
  6. Kalau barang berharga kurang mencukupi, carilah pinjaman dari kantor atau keluarga (yang berbunga ringan). Bayarlah segera pinjaman utang berbunga tinggi.
  7. Setelah itu hitung berapa potongan gaji yang dipergunakan untuk membayar lunas semua utang dalam wakti 6 bulan.
  8. Pergunakan waktu 6 bulan berikutnya untuk mengembalikan dana investasi yang telah Mama pakai.


BACA JUGA


Kesalahan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bisa Terjadi Karena 7 Hal Sepele Berikut. Hati-hati, Ma!

Kesalahan Pengelolaan Keuangan Keluarga Bisa Terjadi Karena 7 Hal Sepele Berikut. Hati-hati, Ma!

Kesalahan keuangan keluarga bisa terjadi karena kita melakukan beberapa hal sepele. Kenali apa yang salah, dan segera lakukan tindakan ...

Read more..


Nah, selanjutnya yang perlu Mama lakukan adalah merencanakan liburan berikutnya, entah itu liburan sekolah, Lebaran atau liburan yang lain dengan mulai mencicil total dana yang dibutuhkan. Jangan mengulangi kesalahan yang sama dua kali ya, Mama! No no.

Jadi, kali ini gaji Mama (dan Papa) yang dipergunakan untuk membayar kembali utang dan dana investasi (yang dipakai untuk liburan tahun ini), biaya hidup dan cicilan liburan tahun depan. Lalu jangan liburan berlebihan dahulu, selama Mama belum membangun dana wisata.

Seandainya Mama berhasil dalam menikmati puasa dan Lebaran tanpa mengorbankan dana investasi dan tidak berutang, maka Mama akan jauh lebih mudah untuk merencanakan dan mulai mencicil kebutuhan dana liburan lagi berikutnya.


BACA JUGA


Begini Seharusnya Cara Seorang Rocking Mama Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Yay for Financial Freedom!

Begini Seharusnya Cara Seorang Rocking Mama Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Yay for Financial Freedom!

"Don't give up on your dreams of Financial Freedom. First, change your attitude, next take action." ~ Kim Kyosaki

Read more..


Yah, memang, Ma. Selayaknya liburan dan wisata, dalam rangka apa pun itu, harus dipersiapkan atau dianggarkan dan dimiliki dananya sebelum Mama berangkat. Sebisa mungkin, malah mulai dari jauh-jauh hari.

Sehingga saat liburan tiba, Mama bisa menghabiskan anggaran sesuai rencana. Ketika liburan berakhir, maka hanya kenangan manis saja akan terkenang selalu! Bukannya liburan lewat, hati malah jadi susah karena harus bayar utang.

Setuju, Ma?

Ayo, Ma, semangat untuk memperbaiki manajemen dompet Mama ya, dan jangan ulangi lagi kesalahan yang sama.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Jangan Sampai Menyisakan Masalah. Atasi dengan Beberapa Trik Penyelamatan Keuangan Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar