Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta

824
Saat semua orang berbondong-bondong keluar Jakarta saat liburan, kita bisa kok malah memilih liburan di Jakarta. Kalau masa libur, Jakarta lebih lengang!

So, Mama, apakah Mama termasuk dari sekian banyak orang yang menganggap Jakarta bukanlah tempat liburan yang ideal? Well, kalau dilihat-lihat, liburan di Jakarta itu kok rasanya gimana gitu ya? Ya, memang Jakarta adalah tempat yang terlalu sibuk untuk dijadikan sebagai tempat berlibur, tapi nggak berarti juga Jakarta tidak bisa menjadi tempat yang asyik untuk liburan.

Buat orang-orang ‘udik’ macam saya *uhuk*, Jakarta bahkan bisa seasyik Puncak, seindah Yogyakarta bahkan mungkin secantik Kuta. Mau tahu, tip-tip orang udik kayak saya kalau liburan di Jakarta?


Nih ini ada beberapa trik liburan di Jakarta yang mungkin bisa dimanfaatkan

1. Tentukan mau ke mana selama liburan di Jakarta


Liburan di Jakarta - Image via The Jakarta Post

Tentu saja, kita harus menentukan dulu kita ingin berwisata ke mana, selama liburan di Jakarta.

Apakah ke Monas? Atau ke Kebun Binatang Ragunan? Atau mungkin ke Taman Mini Indonesia Indah? Atau sekadar muter aja naik bus Citytour yang gratis itu?

Well, tempat-tempat wisata dan atraksi di Jakarta tersebut sudah sangat terkenal. Jadi kemungkinannya adalah tempat wisata ini akan penuh dikunjungi oleh wisatawan lain, sehingga mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan kita berwisata selama kita liburan di Jakarta.

Yaaa, tapi kalau dari luar kota Jakarta kayak saya gini, ya masa nggak mengunjungi tempat-tempat itu sih?

Yah, nggak apa-apa juga sih ke sana, tapi sebagai alternatif berikutnya sebaiknya kita memilih tempat wisata yang tidak terlalu populer untuk dikunjungi, apalagi di saat liburan.

Jadi setelah ke tempat yang ramai, kita bisa ngadem dulu ke tempat yang agak lengang untuk kemudian ke tempat yang ramai lagi yes?

Ke museum misalnya. Atau bisa juga kita mengunjungi Kota Tua, berwisata arsitektur klasik yang ada di sana sembari berkeliling dengan sepeda. Ugh, kayaknya asik ya. Atau sekadar ke Taman Suropati.


BACA JUGA


Mau Wisata Kuliner di Jakarta, Coba Follow Akun-Akun Instagram Berikut! Wiskulan Makin Seru!

Mau Wisata Kuliner di Jakarta, Coba Follow Akun-Akun Instagram Berikut! Wiskulan Makin Seru!

Nyari tempat wisata kuliner di Jakarta? Coba follow akun Instagram berikut

Read more..


2. Perhitungkan kemacetan


Liburan di Jakarta - Image via Time

Ini sih klasik. Jakarta dan kemacetan. Dua hal yang sepertinya akan selalu berhubungan, setidaknya hingga saat ini. Pokoknya kita memang harus menyiapkan mental diri sendiri, sudah pasti akan kena macet.

Well, kemacetan akan berpengaruh pada waktu tempuh kita. Jarak yang dekat bisa saja harus ditempuh dalam waktu beberapa jam, jika memang kita melakukan perjalanan pada jam-jam macet. Selain memboroskan waktu, kemacetan juga akan banyak menguras energi dan emosi. Capek duluan deh jadinya.

Ada baiknya kita menghindari waktu-waktu macet ini. Biasanya pada hari kerja, kemacetan akan terjadi di area-area pusat niaga dan perkantoran.

Untuk selama masa liburan di Jakarta, carilah beberapa alternatif jalan untuk bisa mencapai tujuan berwisata, agar ketika kita tahu akan terjebak macet, bisa segera beralih ke jalan alternatif tersebut.

Peta mana peta?

Atau, Mama juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi smartphone agar bisa terhindar dari kemacetan ini.


3. Atur waktu dengan sebaik-baiknya


Liburan di Jakarta - Image via World Travel Guide

Pada saat liburan, seperti misalnya liburan sekolah atau Lebaran, tempat-tempat wisata ini tentu saja akan dibanjiri oleh wisatawan.

Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya kita mengatur waktu libur Mama. Kalau saya, biasanya saya malah mengajukan cuti ketika masa liburan sudah hampir habis. Saat yang tepat ketika tempat-tempat wisata sudah mulai berkurang pengunjungnya. Kita bisa memanfaatkan momen ini agar lebih nyaman berwisata.

Sesuaikan dengan kondisi load pekerjaan ya, antara Mama dan Papa.


BACA JUGA


5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

5 Tempat Camping Sekeluarga Buat Mama yang Pengin Liburan Penuh Petualangan Namun Tetap Mengutamakan Kenyamanan Maksimal

Fasilitas beberapa tempat camping ini seperti di hotel berbintang. Mama dan si kecil bisa menemukan sensasi menginap di dalam tenda yang ...

Read more..


4. Cuaca yang Mendukung


Cuaca yang cerah tentu akan membuat kegiatan berwisata kita lebih lancar dan menyenangkan. Pantau cuaca selama liburan di Jakarta dan sekitarnya, seperti Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi pada pagi hari sebelum berangkat.

Jika cuaca diramalkan akan turun hujan, lebih baik kita pilih objek wisata indoor sehingga kita akan meminimalisir kemungkinan untuk kehujanan.

Selain itu, dengan memperhatikan ramalan cuaca, kita juga bisa mengatur dengan transportasi apa kita akan berangkat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan payung atau jas hujan, jika memang cuaca diramalkan akan turun hujan.


5. Mau menginap di mana


Nah, ini yang bahkan sudah harus benar-benar pasti jauh sebelum berangkat. Kecuali tujuannya untuk ngebolang, ada baiknya kita sudah reservasi hotel jauh-jauh hari sebelum berangkat untuk liburan di Jakarta.

Reservasi hotel juga gampang sekarang. Online pun hanya memakan waktu hitungan menit. Kalau dulu, saya sempat ngalamin tuh, Ma, kalau reservasi masih mesti ke agen perjalanan. Sekarang mah tinggal klak klik doang.

Kalau buat saya, iya saya sih bukan tipe petualang, kalau berangkat ke kota lain dengan sudah mengantongi tiket reservasi hotel itu lebih menenangkan.


BACA JUGA


Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan Nggak Sekadar Gaya Hidup Kekinian, Namun Juga Memberi 6 Pelajaran Penting Tentang Hidup Ini!

Liburan membuat kita lebih bisa menerima perbedaan dan lebih toleran. Pada tahap tertentu, berjalan menyisiri belahan bumi lain membuat kita ...

Read more..


Tuh, simpel kan, caranya untuk menikmati liburan di Jakarta ala orang udik kayak saya. Hahaha.

Punya trik lain? Ayo share di kolom komen. Siapa tahu besok kapan-kapan saya ke Jakarta lagi, bisa saya praktikkan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan di Jakarta? Kenapa Enggak? Berikut Tip Menghabiskan Libur di Jakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar