Ketahui Cara Merawat Rambut yang Benar dan Hindarilah 9 Hal yang Dapat Merusak Rambut Berikut!

Source : Pixabay.com

Ketahui Cara Merawat Rambut yang Benar dan Hindarilah 9 Hal yang Dapat Merusak Rambut Berikut!

992
Mau punya rambut indah? Harus tahu bagaimana cara merawat rambut yang benar. Salah treatment bisa-bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh.

Punya rambut indah, terlihat sehat, dan kuat, pastinya itu impian semua orang. Terlebih lagi bagi wanita, urusan rambut menjadi nomor satu. Karena rambut adalah mahkota bagi wanita.

Cara merawat rambut memang bisa standar saja. Tapi, ternyata, nggak cukup lho kalau hanya rutin mencuci rambut secara berkala. Ada hal lain yang harus kita perhatikan dalam cara merawat rambut ini. Salah-salah treatment, yang tadinya berniat menjadikan rambut sehat, alih-alih malah bikin rambut kita rusak.

Duh, padahal rambut yang rusak akan mengurangi kepercayaan diri kita.

Ada beberapa hal yang sering kita lakukan sehari-hari yang terkadang justru memicu kerusakan rambut. Hal apa aja sih?


BACA JUGA


Merawat Rambut Agar Senantiasa Berkilau, Bervolume Lebih Plus Ujung Rambut yang Sehat? 100 Tips Ini Bisa Bantu Mama!

Merawat Rambut Agar Senantiasa Berkilau, Bervolume Lebih Plus Ujung Rambut yang Sehat? 100 Tips Ini Bisa Bantu Mama!

Mau rambut Mama senantiasa sehat dan berkilau? Well, prinsip utama dalam merawat rambut adalah membersihkan, menutrisi, menata, dan ...

Read more..


Jika Mama ingin punya rambut sehat, kuat dan indah, perhatikan cara merawat rambut yang benar dan hindari hal-hal berikut ini


1. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Bukan kulit kita saja yang butuh perlindungan, Ma. Tapi rambut kita juga. Kalau terlalu lama terkena paparan sinar matahari, bisa menyebabkan rambut kita kering.


2. Terlalu banyak memakai kondisioner

Siapa yang sehari-harinya mencuci rambut memakai kondisioner?

Well, saat ini sampo yang banyak dijual di pasar bebas, rata-rata sudah dilengkapi dengan kondisioner. Jika kita memakai tambahan kondisioner lagi sesudah mencuci rambut, terkadang bisa membuat rambut kita lepek dan lembap.

Karena itu, Ma, meski memang cara merawat rambut yang benar adalah menggunakan kondisioner demi perlindungan lebih, namun sebaiknya pakailah kondisioner sesekali saja jika dibutuhkan.

Selain itu juga memakai kondisioner tidak boleh sampai ke akar rambut lho. Pakailah hanya di ujung rambutnya saja. Karena jika sampai ke akar rambut, jika tidak dicuci dengan bersih, bisa meninggalkan bekas dan menyebabkan tumbuhnya ketombe.


3. Salah Menggunakan Sampo

Jika sampo yang kita gunakan tidak cocok, sebaiknya tidak dilanjutkan pemakaiannya ya, Ma. Karena pemilihan sampo yang salah akan menyebabkan rambut kering, berketombe, atau bahkan rusak.



4. Mencuci rambut setiap hari

Wah, mencuci setiap hari itu cara merawat rambut yang salah?

Nggak juga sih, Ma. Tapi mencuci rambut setiap hari akan mengurangi kelembapan rambut dan menyebabkan rambut kering. Akan lebih baik jika Mama mencuci rambut 2-3 hari sekali.


BACA JUGA


Rambut Rontok, Kenali Dulu 4 Penyebabnya!

Rambut Rontok, Kenali Dulu 4 Penyebabnya!

If your hair is done properly and you have on good shoes, you can get away with anything. ~ Iris Apfel

Read more..


5. Salah dalam penggunaan hair styler

Yang termasuk hair styler di antaranya adalah pengering rambut, catokan rambut, curly hair, dan sejenisnya, Ma.

Menggunakan hair styler juga ada tips dan triknya. Harus tahu kapan penggunaannya dan bagaimana cara menggunakannya. Salah-salah ini bukan menjadi cara merawat rambut yang cocok untuk Mama, tapi malah membuat rambut Mama rusak.

Pertama, saat kita membeli hair styler, kita wajib tahu tujuan dan suhu yang disarankan berapa. Jika terlalu panas, bisa berpotensi menyebabkan rambut kita kering. Penting untuk kita tanyakan lebih dulu kepada pramuniaganya, berapa suhu yang disarankan dalam penggunaan hair styler tersebut.

Kedua, jangan menggunakan catokan rambut dalam keadaan rambut basah. Ini berlaku untuk Mama yang berhijab ataupun yang tidak. Jika ingin mengeringkan rambut, keringkan dulu dengan hair dryer. Jika sudah setengah kering, baru bisa dilanjutkan dengan memakai catokan rambut. Tapi sebelumnya bisa dioleskan terlebih dahulu vitamin rambut, untuk melindungi rambut saat sebelum memakai catokan rambut.

Ketiga, paling bagus sih, sebaiknya kurangi pemakaian hair styler ini, Ma. Pakailah jika benar-benar dibutuhkan saat keluar rumah atau hendak bepergian. Jika kita hendak di rumah saja, sebaiknya nggak usah deh. Cukup angin-anginkan saja, sehingga rambut kering alami.


6. Terlalu banyak mendapat paparan kimia

Smoothing (pelurusan rambut), colouring (pewarnaan rambut), itu bisa memicu terjadinya rambut rusak. Jika Mama memang menginginkan melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya diiringi dengan treatment dan cara merawat rambut yang seimbang ya, Ma.



7. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Terlalu banyak menyisir rambut dengan sisir yang salah secara paksa, akan menyebabkan rambut patah. Pakailah sisir yang bergigi jarang guna untuk mempercepat rambut kering.


8. Tidak pernah potong rambut

Walaupun mama berhijab, jangan lupakan cara merawat rambut yang satu ini ya, Ma. Lakukan pemotongan rambut secara berkala setiap 3 bulan.

Hal ini berguna untuk membuang ujung-ujung rambut yang rapuh, supaya mempercepat regenerasi rambut kita. Selain itu, dengan berganti gaya rambut, kita jadi terlihat lebih fresh dan ini berpengaruh lho ke pikiran kita, Ma. So, kalau suntuk dan jenuh, coba deh ke salon dan potong rambut. Pasti mood kembali baik.


9. Tidak pernah melakukan perawatan rambut

Nah, ini yang paling sering dilupakan oleh semua orang. Padahal melakukan perawatan rambut itu tidak sulit kok, Ma.

Lakukan saja creambath atau hair masker minimal 1 bulan sekali. Atau jika Mama punya waktu lebih, bisa 2 kali sebulan. Atau memang tidak ada waktu ke salon untuk perawatan rambut, bisa melakukan perawatan rambut secara alami di rumah. Sudah banyak tutorial DIY di Youtube tentang pemanfaatan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut.

Khusus untuk rambut yang diwarnai, lakukan perawatan rambut lebih sering daripada rambut normal pada umumnya. Misalnya untuk creambath lakukan seminggu satu kali. Hair masker 2 kali dalam sebulan. Kurangi pemakaian hair styler, karena bisa memicu rambut menjadi mudah patah. Karena rambut yang diwarnai lebih rentan rusak daripada rambut yang tidak mendapat paparan kimia sama sekali.


BACA JUGA


Perawatan Rambut Dengan 3 Bahan Alami Ini Bisa Menyehatkan Rambut Mama

Perawatan Rambut Dengan 3 Bahan Alami Ini Bisa Menyehatkan Rambut Mama

Perawatan rambut dengan bahan alami lebih aman untuk digunakan oleh Mama

Read more..


Nah, gimana, Ma? Sudahkah Mama melakukan cara merawat rambut dengan benar dan menghindari beberapa hal penting yang dapat merusak rambut di atas?

Dengan Mama rajin melakukan perawatan rambut sangat berguna untuk regenerasi rambut kita, dan menjadikan rambut kita lebih sehat.

Stay pretty, Mama!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketahui Cara Merawat Rambut yang Benar dan Hindarilah 9 Hal yang Dapat Merusak Rambut Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Caroline Adenan | @carolineadenan397

Silahkan login untuk memberi komentar