Ketahui 3 Rahasia Terbesar Diet Ini Agar Mama Sukses Menurunkan Berat Badan!

Ketahui 3 Rahasia Terbesar Diet Ini Agar Mama Sukses Menurunkan Berat Badan!

1.8K
Bingung dengan rencana diet yang sudah disusun rapi tapi tak juga mendatangkan hasil, Ma?

Hmmm ... mungkin sekarang saatnya Mama mengubah cara Mama berpikir.

Lho, maksudnya gimana tuh?

Begini, Ma. Mama pernah mendengar mengenai kekuatan pikiran positif saat dalam usaha mewujudkan impian atau cita-cita kan? Yes, itu dia. Sugesti. Nah, ternyata kekuatan pikiran positif ini juga bisa kita gunakan untuk menyukseskan program diet kita lho. Yang kita perlu lakukan adalah menanamkan pikiran-pikiran positif itu dalam benak kita sehingga bisa menyugesti diri dan program diet kita pun berhasil.

Lalu, sugestinya apa saja?


1. Berangkat dari hasil


Berapa bobot tubuh ideal yang Mama inginkan? Tulislah di atas kertas. Kemudian bayangkanlah bagaimana bentuk tubuh ideal saat Mama sudah berhasil mencapainya. Seksikah? Menarikkah? Akan membuat Papa tambah sayangkah?

Temukan foto selebriti atau personal trainer yang memiliki bentuk tubuh seperti impian Mama, kemudian pajang dan letakkan di tempat yang sering Mama lewati, misalnya di kamar mandi atau di depan komputer. Jangan lupa jelaskan pada Papa, mengapa Mama memasang foto tersebut ya. Jangan sampai Papa malah jadi salah mengerti nanti. Hahaha. Berabe kan?

Cara sugesti seperti ini, menurut David Moxon, Ketua Departemen Psikologi dari Peterborough Regional College di Inggris, mampu memperkuat niat untuk mencapainya, sekaligus juga bisa memengaruhi perilaku kita sehari-hari. Karena jika ada suatu hal yang terus diulang-ulang dalam pikiran, lama kelamaan kita akan menerimanya sebagai bagian dari diri kita, Ma. Sehingga alam bawah sadar diri kita akan membuat kita menyesuaikan diri dengan pikiran tersebut.

Well, kalau kondisinya sekarang masih jauuuh banget dari berat badan idaman, jangan dulu berkecil hati ya, Ma. Masih menurut Moxon, jika Mama memiliki keinginan yang kuat, pikiran Mama akan menyuntikkan semangat dan motivasi untuk mewujudkannya. Hingga suatu saat nanti, tubuh Mama sendiri yang akan menganggap bahwa pola makan sehat dan olahraga sebagai bagian keseharian Mama.


Baca juga: Mana Sih yang Lebih Baik dan Lebih Efektif untuk Menjaga Kesehatan Tubuh? Diet atau Olahraga?


2. Menumbuhkan motivasi


Image via Elle

Cara termudah untuk meningkatkan motivasi dalam mencapai tujuan (terutama tujuan diet) adalah dengan membayangkan keuntungan yang bisa kita dapatkan di masa depan.

So, apa nih keuntungan yang bisa kita dapatkan dari diet yang kita lakukan? Banyak ya, Ma. Di antaranya:

  • Tampil lebih gaya dalam balutan jeans
  • Bisa memilih baju mana pun yang disuka saat shopping
  • Wajah jadi lebih tirus dan lebih cantik
  • Nggak lagi kehabisan napas saat harus naik turun tangga di kantor
  • Bisa mengenakan bikini tanpa harus menyembunyikan lemak-lemak yang menggelambir
  • Dan lain-lain.

Yes, yes, yes. Tulis semua yang bisa Mama dapatkan di masa depan dengan berdiet dan mencapai berat ideal yang Mama inginkan. Namun, sebelum Mama mulai menuliskannya, sebaiknya Mama lakukan dulu sedikit introspeksi. Tanyakan hal ini pada diri Mama sendiri, apa sih sebenarnya yang membuat Mama ingin berdiet? Banyak ahli mengatakan, bahwa jika Mama melakukan diet demi menyenangkan orang lain, maka semangat dan konsistensi Mama untuk bisa mencapainya nggak akan sebesar jika Mama melakukannya untuk diri Mama sendiri.

Nah, kalau seandainya dari awal Mama ingin melakukan diet supaya lebih disayang Papa, maka Mama harus membaliknya menjadi, “Saya ingin menurunkan berat badan saya supaya lebih sehat, lebih seksi, dan merasa lebih nyaman. Sehingga saya bisa terus mengurus suami dan anak-anak saya hingga mereka dewasa nanti.”

Menjadikan diri sendiri sebagai ‘penilai’ terhadap upaya diet ini akan menjadikan Mama merasa memiliki kontrol terhadap kehidupan Mama sendiri, dan mampu mengarahkannya sesuai dengan keinginan Mama.

Kalau Mama ingin lebih termotivasi lagi, maka bacalah buku-buku kisah sukses diet orang lain, Ma. Catatlah motivasi-motivasi mereka yang kira-kira bisa Mama adopsi, dan juga trik-trik mereka.


Baca juga: 7 Cara Berdiet yang Justru Membahayakan Kesehatan Mama


3. Kenali Bentuk Dukungan yang Mama Perlukan


Pertarungan dalam sebuah pertandingan terasa lebih seru ketika dimeriahkan oleh banyak suporter. Banyaknya dukungan yang ditujukan kepada pemain bisa memberikan suntikan semangat dan energi positif pada mereka.

Begitu juga dengan diet, Ma. Mama akan lebih tahan banting terhadap berbagai godaan dalam berdiet apabila orang-orang di sekeliling Mama bersikap suportif.

Minimal, dapatkan dukungan dari suami, Ma. Nggak masalah jika mungkin Papa nggak bisa ikut menemani ke gym, atau juga nggak bisa ikut menjalani pola makan sehat. Dukungan tetap bisa Mama dapatkan dari mereka dalam bentuk misalnya nih, nggak seenaknya ngemil di depan Mama, atau membujuk Mama untuk bolos jadwal olahraga hanya untuk menemaninya jalan-jalan.

Terakhir, Dr. Christine Fenn, seorang ahli gizi dan konsultan penurunan berat badan dari Aberdeen, Inggris, menyarankan kita yang pengin berdiet ini untuk mendapatkan dukungan dari diri sendiri dengan cara menerima diri apa adanya. Jangan banyak mengeluhkan bentuk tubuh yang curvy, dan lebih baik fokus pada kondisi ideal yang ingin kita ciptakan.


Baca juga: Untuk Lebih Sehat di Tahun 2016, Ada 3 Rahasia Besar yang Harus Mama Ketahui dan Lakukan (dan Bukan Sekadar Resolusi)


Apa pun yang kita cita-citakan di masa depan hanya akan berhasil dicapai kalau kita mampu menerima kondisi saat ini sebagaimana adanya. Terus berkeluh kesah dan membenci diri sendiri hanya akan mendatangkan energi negatif, dan kecemasan yang nggak perlu serta bisa menghambat usaha Mama untuk melakukan perbaikan.

Selamat menjalani hidup sehat, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ketahui 3 Rahasia Terbesar Diet Ini Agar Mama Sukses Menurunkan Berat Badan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar