Mitos dan Fakta tentang Yoghurt Berikut Ini Sebaiknya Mama Kenali untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya Secara Maksimal!

Mitos dan Fakta tentang Yoghurt Berikut Ini Sebaiknya Mama Kenali untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya Secara Maksimal!

2K
Yoghurt makin banyak dikenal dan selalu direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat. Namun, ternyata masih ada mitos salah kaprah yang menyertainya.

Yoghurt sekarang lagi ngehits nih di kalangan Mama!

Kata "yoghurt" berasal dari bahasa Turki, yoğurt, dari kata sifat "yoğurt" yang berarti "padat" atau "tebal". Sebenarnya yoghurt dibuat dari susu yang diberi semacam bakteri, sehingga sedikit memadat atau kental. Dan sesungguhnya, fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang membuat tekstur susu menjadi seperti gel.

Nggak ada catatan pasti, dari mana dan siapa pencipta yoghurt. Namun, bukti sejarah menunjukkan produk susu ini telah ada sejak abad ke-3 sebelum Masehi. Ada yang bilang, kemungkinan asal mula yoghurt adalah dari fermentasi alami dan spontan oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa Bulgar, para nomaden yang bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 sebelum Masehi, yang kini tinggal di Balkan.

Yoghurt pun mudah ditemui di supermarket. Yoghurt yang dijual di pasaran pun mulai dari produk lokal hingga luar negeri. Dari yang cair hingga yang padat. Kelebihan utama yoghurt ini bisa diminum langsung atau dijadikan padanan es krim atau buah-buahan.

Karena yoghurt bagus untuk diet sehat dan sangat dianjurkan juga untuk Mama yang lagi hamil. Manfaat yoghurt yang lain di antaranya adalah:

  • Menyehatkan kulit
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri jahat
  • Mencegah tumbuhnya jamur candida albicans yang menyerang daerah kewanitaan
  • Mencegah osteoporosis
  • Membantu pencegahan kanker rahim dan prostat

Wah, banyak juga ya, Ma.

Tapi, mungkin bagi sebagian Mama masih meragukan manfaat yoghurt bagi kesehatan. Bisa saja karena menerima info yang salah, atau karena mitos yang telanjur beredar di masyarakat. Padahal jika mengetahui info yang benar tentang khasiat yoghurt, Mama pasti nggak ragu lagi untuk mengonsumsinya.


BACA JUGA


5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

5 Makanan Ini Ternyata Nggak Bergizi Seperti yang Digembar-gemborkan - Be Wise!

Banyak makanan beredar di pasaran yang diklaim sehat dan bergizi. Namun kalau kita lebih jeli lagi, ternyata makanan tersebut justru ...

Read more..


Berikut mitos vs fakta tentang yoghurt yang beredar di masyarakat. Yuk, disimak, Ma!


Mitos: Yoghurt merupakan susu basi


Fakta: Yoghurt dibuat dari susu segar yang dipasteurisasi, kemudian difermentasikan dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.

Kedua bakteri ini memfermentasi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat yang menjadikan tekstur yoghurt menjadi lebih padat, segar dan lebih muda dicerna.


Mitos: Asam yoghurt menyebabkan maag, sakit perut dan diare


Fakta: Yoghurt aman untuk lambung, bahkan mampu mempertahankan fungsi saluran cerna. Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang akan menjaga kesehatan pencernaan, bahkan untuk penderita intoleran laktosa sekalipun.

Dalam The Books of Yoghurt karangan Sonia Uvezian dijelaskan, bahwa perut manusia, terutama lambung, mempunyai pH 1, sedangkan yogurt mempunyai pH 4. Jadi yoghurt cukup aman bagi lambung. Apalagi di awal penemuannya, yoghurt justru digunakan untuk pengobatan diare massal.


BACA JUGA


Yuk, Konsumsi 8 Makanan Penambah Energi Ini Agar Mama yang Super Sibuk Tidak Mudah Capek!

Yuk, Konsumsi 8 Makanan Penambah Energi Ini Agar Mama yang Super Sibuk Tidak Mudah Capek!

Ayo konsumsi 8 makanan penambah energi ini, Ma, agar tubuh tetap berenergi meski Mama memiliki banyak aktivitas

Read more..


Mitos: Yoghurt tidak bergizi


Fakta: Yoghurt = superfood!

Yoghurt bukanlah minuman biasa. Yoghurt merupakan salah satu makanan sehat yang sangat baik untuk kita konsumsi. Di dalamnya tak hanya terkandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermopilus yang menyehatkan pencernaan, namun juga banyak nutrisi lainnya seperti kalsium, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh.


Mitos: Yoghurt rasanya nggak enak


Fakta: Yoghurt rasanya yummy!

Selain sarat manfaat, yoghurt mempunyai cita rasa yang lezat! Rasa khas yoghurt yang asam segar bisa dipadukan dengan buah-buahan segar yang makin menyehatkan tubuh. Kini juga tersedia yoghurt dalam kemasan dengan potongan buah.


Mitos: Semua yoghurt sama


Fakta: Tak semua yoghurt sama.

Cermatilah saat memilih yoghurt untuk dikonsumsi keluarga, karena ternyata tidak semua yoghurt dijajakan di pasaran itu sehat.

Sebelum membeli, bacalah label dengan teliti. Pilihlah yoghurt yang memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu yang mempunyai bakteri hidup minimal dua jenis dalam jumlah yang banyak.


BACA JUGA


Yuk, Intip dan Tiru Menu Sarapan Sehat Favorit 5 Food Blogger Indonesia Ini!

Yuk, Intip dan Tiru Menu Sarapan Sehat Favorit 5 Food Blogger Indonesia Ini!

Menyiapkan sarapan untuk keluarga di pagi hari yang sibuk merupakan tantangan tersendiri untuk kita, ya, Ma? Seperti yang kita tahu, hampir ...

Read more..


Sekarang nggak ragu lagi kan, Ma, tentang manfaat yoghurt? Healthy life starting from you!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mitos dan Fakta tentang Yoghurt Berikut Ini Sebaiknya Mama Kenali untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatannya Secara Maksimal!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar