Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak

3.6K
Play is our brain's favorite way of learning. ~ Diane Ackerman

Anak yang berusia 0 - 2 tahun memang menghabiskan lebih banyak waktunya bersama mamanya di rumah. Maka, agar ia nggak menjadi bosan, kita harus mengajaknya memainkan bermacam benda-benda yang ada di sekeliling kita. Agar sekaligus membantunya berkembang, maka permainan-permainan yang kita berikan itu sebaiknya dapat memberikan berbagai stimulasi padanya.

Lalu, permainan apa sajakah yang bisa kita mainkan dengan melibatkan si kecil?

Banyak, Ma! Bahkan kalau mau dihitung, ada 10 lebih permainan bisa kita mainkan di rumah bersama si kecil. Bahkan bisa berkembang hingga 100 permainan yang berbeda bisa kita mainkan setiap hari!

Wih, banyak kan?

Coba yuk, kita lihat apa saja yang bisa kita mainkan!



Pola kertas

Pola Kertas - Image via www . woojr . com
Image via www . woojr . com


Aktivitas ini merupakan yang paling sederhana. Siapkan kertas, boleh kertas HVS biasa, kertas kado, ataupun kertas origami. Buat gambar pola atau bentuk yang diinginkan. Lipat kertas seperti kita melipat kipas. Kemudian gambarkan pola pada lipatan paling luar. Gunting sesuai pola, pastikan Mama tidak menggunting keseluruhan pola, sisakan beberapa bagian hingga kertas masih tersambung ke lipatan yang lain.

Setelah selesai menggunting, bentangkanlah! Maka kemudian akan terlihat beberapa bentuk yang bergandengan. Ajaib kan? Hihihi. Si kecil pasti suka! Mama bisa memulainya dengan pola-pola yang sederhana dulu, seperti bentu bintang, bunga, atau beruang. Ada banyak inspirasi di Pinterest, jika Mama kekurangan ide.



Bermain tenda

Bermain Tenda - Image via www . alicecantrell . com
Image via www . alicecantrell . com


Kalau dulu kita menggunakan seprai untuk main rumah-rumahan dan tenda-tendaan seperti ini, nggak seperti anak-anak zaman sekarang kan, Ma? Hihihi.

Permainan tenda ini sangat bermanfaat untuk melatih koordinasi motorik kasar anak melalui gerakan masuk dan keluar tenda, dan juga saat bermain, ia akan bergerak di ruangan yang sempit.

Mama bisa mempergunakan tenda siap pakai yang banyak dijual di pasaran, atau bisa juga mengajak si kecil bernostalgia dan bermain ala survivor dengan membuat tenda sendiri dari kursi-kursi dan seprai, seperti Mama dulu. Ajak si kecil menata perabotan di dalamnya, atau mengarang drama sederhana. Atau sekadar leyeh-leyeh saja sambil beristirahat. Hahaha. Asyik!


Baca juga: Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!



Membacakan buku

Membacakan Buku -


Bacakan buku, lebih dari sekadar pengantar tidur. Dengan membacakan buku, kita juga bisa membentuk karakter anak lho. Karena anak biasanya senang meniru apa yang dilihat dan didengarnya dari buku yang kita bacakan.

Dalam bidang psikologi, ada sebuah teknik yang disebut bibliotherapy, yaitu sebuah teknik terapi dengan membacakan buku pada seseorang dengan tema yang sesuai dengan masalah yang sedang dialami. Tujuannya, agar orang yang sedang mengalami masalah, bisa menyelesaikannya atau mengubah sikapnya melalui pesan yang tersirat dalam buku tersebut.

Nah, kita juga bisa mengadopsi teknik bibliotherapy itu, Ma, untuk menyampaikan nasihat dan mentransfer nilai-nilai pada si kecil, bahkan tanpa disadarinya! Teknik seperti ini jauh lebih efektif ketimbang teknik menceramahinya lho.

Mama membutuhkan referensi buku-buku yang cocok dibaca oleh anak-anak? Rocking Mama punya lho, rekomendasi lengkapnya!


Baca juga: Ini Dia 13 Buku Anak Terasyik Sepanjang Masa versi Rocking Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kehabisan Ide Main? Ini Dia 10++ Aktivitas Seru untuk Anak Usia 0 - 2 Tahun ala Buku Pojok Bermain Anak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar