Jangan Cuma Asal Bermain! 9 Permainan Anak Ini Bisa Menstimulasi Kecerdasan Majemuknya Lho!

Jangan Cuma Asal Bermain! 9 Permainan Anak Ini Bisa Menstimulasi Kecerdasan Majemuknya Lho!

751
Permainan anak memang banyak ragamnya ya. Tapi 9 permainan anak ini terbukti mampu melatih dan meningkatkan kecerdasan majemuknya, Ma!

Ma, pasti sudah tahu kan kalau bermain itu tidak hanya baik untuk anak-anak, tapi juga penting untuk tumbuh kembang mereka? Jadi biarkan anak-anak melakukan permainan anak kesukaan mereka ya, Ma.

Eitss, tapi jangan sampai mereka bermain dengan permainan anak yang berbahaya dan tidak aman, Ma. Bahaya dan tidak aman di sini bukan berarti sebatas hanya berpengaruh secara fisik lho, Ma. Aman atau tidaknya permainan anak juga berhubungan dengan mental mereka.

Mama mau nggak nih, saya kasih sontekan permainan anak yang aman, nyaman, dan bahkan mendukung kecerdasan majemuk mereka? Mau ya? Permainan anak rekomendasi saya ini favorit banget, yang rasanya nggak bakalan usang dimakan waktu, pun sederhana namun banyak manfaatnya.

Permainan anak berikut ini melibatkan semua aspek kecerdasan majemuk anak, sehingga membuatnya memiliki makna. Meaningful!


BACA JUGA


7 Permainan yang Dapat Mama Mainkan dengan Si Kecil di Mana Saja Tanpa Menggunakan Smartphone

7 Permainan yang Dapat Mama Mainkan dengan Si Kecil di Mana Saja Tanpa Menggunakan Smartphone

Children don't need more things. The best toys a child can have is a parent who gets down on the floor and plays with them. ~ Bruce Perry

Read more..


Permainan anak apa sajakah yang bisa menstimulasi kecerdasan majemuk si kecil?


1. Main Sepeda


Bermain sepeda keliling komplek sangat baik melatih motorik anak.

Permainan anak satu ini nggak hanya sehat karena membuat seluruh organ penting anak-anak bergerak dan berfungsi dengan baik, tetapi juga bisa melatih keseimbangan, sportivitas, dan daya konsentrasi si kecil, Ma.

Main sepeda sendiri, seru. Ramai-ramai bareng keluarga atau teman-teman sebayanya? Lebih seru seru lagi!

Naik sepeda bisa melatih kecerdasan fisik atau kinestetik, dan juga kecerdasan interpersonal si kecil, saat mereka bersepeda bersama keluarga atau teman-temannya

Bersepeda membuat kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi meningkat secara maksimal. Otot jantung akan semakin kuat, namun tekanan darah justru menurun.

Saat mengayuh sepedanya, tubuh si kecil akan mengeluarkan hormon endorfin yang memicu rasa nyaman dan hati yang riang.


2. Main Rumah-Rumahan


Main rumah-rumahan dengan boneka-boneka beraneka rupa dan ragam jenis serta perlengkapannya.

Permainan anak ini akan melatih imajinasi dan kemampuan komunikasi anak-anak, memberi mereka ruang untuk mengekspresikan ide dan kegemaran mereka masing-masing.

Tidak hanya kecerdasan kinestetik yang dilatih dengan permainan anak ini, namun juga kercerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, bahkan kecerdasan bahasa.

Lengkap ya, Ma!


3. Main Peran


Bermain peran ini mirip dengan main rumah-rumahan. Baik dari bentuk permainan anak maupun manfaatnya. Hanya saja tidak ada boneka yang mereka perankan, namun mereka memerankan sosok tertentu.

Manfaat permainan anak ini terhadap perkembangan kecerdasan anak-anak cukup lengkap, Ma, mulai dari kinestetik, bahasa, visual spasial, intrapersonal, interpersonal, hingga kecerdasan matematikanya.

Kok matematika juga?

Iya, ada peran-peran yang dimainkan anak-anak yang membutuhkan teknik berhitung. Misalnya saat ada yang berperan menjaid seorang banker, atau penjual dan pembeli.


4. Main Congklak

Hmmm ... permainan anak favorit sejak kecil nih, Ma.

Main congklak mampu melatih kesabaran anak-anak serta motorik halusnya. Secara tidak langsung, hal ini tentu baik bagi perkembangan kecerdasan intrapersonal, interpersonal, dan matematika mereka.

Bermain congklak juga melatih sportivitas dan kejujuran, Permainan anak ini juga mengajarkan bahwa menang dan kalah dalam bermain itu hal yang biasa dan harus disikapi sewajarnya.


5. Main Catur


Permainan anak dan dewasa ini melatih konsentrasi.

Catur mampu melatih konsentrasi dan mengembangkan kecerdasan matematika logik. Sebetulnya ini juga nggak bisa disebut sebagai permainan anak sih, tapi justru olahraga otak.


BACA JUGA


Kenalkan Si Kecil dengan 5 Permainan Tradisional Ini Yuk, Ma!

Kenalkan Si Kecil dengan 5 Permainan Tradisional Ini Yuk, Ma!

Hai, Mama! Masih ingat kan betapa pentingnya kegiatan bermain bagi anak-anak? Apakah Mama juga masih ingat permainan tradisional apa saja ...

Read more..


6. Main Masak-Masakan


Saya sih suka memainkan permainan anak satu ini sejak kecil. Mungkin karena dulu cita-cita saya jadi chef kali ya. Sayang, nggak kesampaian.

Tahukah Mama, kalau permainan anak ini bisa melatih banyak aspek kecerdasan anak-anak. Tebak apa? Selain kecerdasan kinestetik dan morotik halusnya yang dilatih, main masak-masakan juga membuat anak belajar memahami lingkungan dan alam sekitarnya.

Dengan imajinasi mereka, anak-anak akan memanfaatkan tanaman di lingkungan rumah sebagai bahan masakan.


7. Main Petak Jongkok atau Petak Umpet


Permainan anak ini membuat anak-anak bergerak, menyusun strategi, dan sekaligus melatih sportivitas.

Permainan petak jongkok atau petak umpet juga bisa dilakukan di dalam atau di luar rumah. Main petak umpet atau petak jongkok paling dominan mempertajam kecerdasan kinestetik-fisik dan intrapersonal anak-anak.


8. Main Air dan Berenang


Aktivitas permainan anak ini sangat jelas manfaatnya bagi kesehatan fisik dan psikis.

Berenang akan melatih otot-otot anak dan melatih motorik kasarnya. Selain baik untuk fisiknya, berenang juga menumbuhkan kepercayaan diri pada anak-anak lho, Ma.

Seperti halnya bersepeda, berenang juga menimbulkan efek senang dan ceria pada anak-anak. Selain melatih kecerdasan fisik atau kinestetiknya, berenang juga melatih kecerdasan natural anak.


9. Menggambar dan Mewarnai


Dalam aktivitas menggambar dan mewarnai, anak-anak membentuk beragam bentuk lalu mempercantiknya dengan beragam warna.

Selain baik untuk kecerdasan kinestetik dan motorik halusnya, menggambar dan mewarnai membuat mereka senang dan meningkatkan kemampuan dan kecintaan mereka akan seni.


BACA JUGA


8 Permainan Seru Nan Sederhana Ini Ternyata Membawa Manfaat Luar Biasa pada Balita Lho! Yuk, Mainkan Setiap Hari!

8 Permainan Seru Nan Sederhana Ini Ternyata Membawa Manfaat Luar Biasa pada Balita Lho! Yuk, Mainkan Setiap Hari!

Anak-anak dan permainan, memang 2 hal yang sudah sepaket. Bermain tak hanya menjadi dunia mereka, namun menjadi cara mereka belajar. 8 ...

Read more..


Si kecil di rumah punya permainan anak favorit lain, Ma? Yuk, sharing di sini ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Cuma Asal Bermain! 9 Permainan Anak Ini Bisa Menstimulasi Kecerdasan Majemuknya Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ophi Ziadah | @OphiZiadah

Mom of Trio Alinga, Zaha, and Paksi. Legislative drafter who loves blogging. Visit her personal blog at www.ophiziadah.com www.marlekum.net

Silahkan login untuk memberi komentar