Inilah 10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang dan Bisa Mama Lakukan di Sela Rutinitas Harian

Inilah 10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang dan Bisa Mama Lakukan di Sela Rutinitas Harian

3.1K
Hobi yang dapat menghasilkan itu sangat menyenangkan! Melakukannya dengan hati senang, bonusnya pun kita bisa mendapatkan uang.

Hobi yang dapat menghasilkan tentunya bikin Mama menjadi lebih semangat untuk melakukannya. Bener nggak?

Pastinya semua orang memiliki hobi yang dilakukannya entah itu tiap hari, seminggu sekali atau ada waktu tertentu untuk melakukannya. Apa sih yang membuat hari kita semakin passionate, bersemangat? Kalau saya sih hobi. Dengan melakukan aktivitas yang sesuai hobi kita, yakin deh hidup Mama akan semakin berwarna.

Melakukan hobi biasanya cara tepat untuk menghabiskan akhir pekan kita. Selain itu, hobi adalah salah satu cara untuk kita melepaskan kepenatan dari rutinitas yang kita jalankan sehari-hari. Dan bisa jadi berawal dari hobi, Mama bisa mendapatkan pundi-pundi uang lho.

Hobi bukan hanya untuk orang dewasa, tetapi juga bisa dilakukan mulai dari balita sampai dewasa. Menurut teori yang saya baca, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sekedar melakukan hobi, yaitu :

1. Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
2. Meningkatkan kecerdasan. Yes, ingat pepatah, practise make you perfect, right?
3. Membawa kesenangan (pastinya)
4. Memperluas networking
5. Meningkatkan kreativitas
6. Menambah pundi-pundi ekonomi

Dari 6 poin tersebut, hobi yang dapat menghasilkan tentunya mempunyai daya tarik sendiri untuk Mama lakukan.

Inilah 10 hobi yang dapat menghasilkan uang.

1. Olahraga

Sebagian besar Mama pastinya menjadikan olahraga sebagai salah satu hobi. Salah satu olaharaga yang lagi hits sekarang ini adalah yoga. Mungkin sebagian Mama sering melakukannya? Bisa loh yoga ini dijadikan hobi yang dapat menghasilkan uang. Caranya? Mama bisa menjadi instruktur yoga!

2. Bermain games

Bermain video games nggak selamanya bernilai negatif. Masih ada kok nilai positifnya, yaitu bisa melepas kepenatan atau stress. Kalau Mama serius menekuni hobi yang satu ini, Mama bisa jadi master di bidangnya. Mama bisa menjadi Master Games, penyedia aplikasi games, dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan games.

3. Menjahit atau menyulam

Sejak hadirnya produk rumah tangga handmade quilting, hobi menyulam atau menjahit ini jadi naik daun lagi. Dulu hobi ini hanya dilakukan oleh nenek kita. Tapi sekarang hampir menjamah semua kalangan, baik dari remaja maupun usia lanjut.

Dengan menekuni hobi yang satu ini Mama bisa melepas stres dan meningkatkan fokus.

4. Menggambar

Hobi menggambar sekarang ini banyak digandrungi banyak kalangan. Salah satunya adalah doodle dan hand lettering. Hobi ini juga bisa meningkatkan fokus kita, melepas stress, dan bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Mama bisa menjadi penyedia dekorasi ruangan dengan doodle atau hand lettering. Kemampuan Mama itu biasanya dimanfaatkan oleh pengusaha kafe atau resto untuk mendekor ruangan agar tampil instagramable dan menarik pengunjung.

5. Membuat kerajinan tangan (Crafting)

Hobi crafting banyak banget tutorialnya di Youtube. Kalau diseriuskan belajar, bisa jadi sumber penghasilan. Mama bisa ambil salah satu bidang yang dikuasai, misalnya Mama ingin di bagian dekorasi rumah, atau perlengkapan rumah, dan sebagainya.

Untuk Mama yang sudah menghasilkan kerajinan tangan dan bingung menjualnya ke mana? 10 tempat ini bisa dijadikan referensi untuk menjualnya.

6. Naik Gunung

Hobi naik turun gunung secara otomatis akan membuka wawasan dan jaringan pertemanan kamu. Hobi ini menjadikan Mama mandiri dan jadi pribadi yang open minded, serta jadi kreatif.

7. Jalan-jalan

Hobi jalan-jalan bisa membuat kita fresh lagi. Lalu bisa untuk jadi sumber penghasilan? Oh, bisa banget. Mama yang hobi jalan-jalan (travelling), bisa menuliskan pengalaman berada di satu kota beserta kulinernya ke dalam blog atau dibikin dalam bentuk buku. Biasanya blog tentang traveling selalu menjadi referensi orang-orang sebelum melakukan perjalanan.

8. Menonton film

Menonton film adalah salah satu hobi saya dan suami. Dengan seringnya menonton film (bioskop), saya jadi mengenal beberapa komunitas yang hobi nonton. Dan di situlah akhirnya networking saya menjadi semakin luas. Nah, efeknya ini bisa berdampak saya bisa mendapatkan job.

9. Fotografi

Mama yang mempunyai hobi fotografi biasanya (pasti) punya kamera yang oke. Dengan kamera yang oke sangat memungkinkan Mama terus berlatih dengan menggunakan kameranya. Saya pun menyukai hobi yang satu ini. Hobi ini muncul saat saya masih kuliah. Saat kuliah saya tergabung di klub forografi. Kebetulan saat itu ayah saya memiliki kamera DSLR. Jadilah sedikit banyak saya punya minat yang sama di bidang fotografi dengan ayah saya. Lalu hobi ini bisa jadi sumber penghasilan? Bisa banget dong. Mama bisa jadi juru foto di acara-acara wedding, atau ceremony, forografer di suatu majalah, ataupun menjadi food photographer.

Biasanya hobi fotografi ini erat kaitannya dengan hobi jalan-jalan. Karena setiap kali akan menemukan tempat dan lingkungan baru. Selain itu jika Mama terus mengasah kemampuan fotografi, barangkali Mama bisa sehebat 5 fotografer perempuan kelas dunia seperti Dorothea Lange.

10. Belanja

Belanja itu bisa menjadi arti yang positif dan juga negatif.

Kalau arti yang positif seperti contohnya Miss Jinjing, Mama tahu kan? Dia penulis novel dan juga traveller. Hobinya ya belanja. Setiap belanja dan keluar negeri, akhirnya teman-temannya menitip oleh-oleh darinya. Ia sangat hobi belanja. Karena saking seringnya travelling, shopping dan bersedia dititipi oleh-oleh, akhirnya ia melihat peluang, bahwa ini bisa dijadikan sumber penghasilan.

Bisa menjadi negatif ketika hobi yang satu ini membuat Mama menguras tabungan dan tidak peduli akan keuangan keluarga demi membeli sebuah gaun atau sepatu.

Mungkin dari ke-10 hobi yang bisa menghasilkan ini, masih ada lagi yang lain. Tapi, tentunya tidak semua hobi kita bisa mendatangkan pundi-pundi uang, ada juga yang memang hanya untuk have fun saja. Apapun dan bagaimanapun hobi yang Mama usahakan, ada baiknya melakukannya dengan fun, terjadwal, tanpa,beban, dan semuanya bernilai positif. Ingat, di dunia ini tidak ada yang sia-sia. Selain melepas stres dan hari-hari Mama pun akan semakin berwarna.

Semoga bermanfaat, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inilah 10 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang dan Bisa Mama Lakukan di Sela Rutinitas Harian". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Caroline Adenan | @carolineadenan397

Silahkan login untuk memberi komentar