Ini Dia 7 Mitos yang Selama Ini Kita Percaya Namun Ternyata Merupakan Sinyal Gangguan Kesehatan - Waspada!

Ini Dia 7 Mitos yang Selama Ini Kita Percaya Namun Ternyata Merupakan Sinyal Gangguan Kesehatan - Waspada!

167
Sering kita mendengar mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang diartikan lain sama sekali, padahal menyimpan fakta gangguan kesehatan di baliknya. Hati-hati!

Kadang kala hidup ini akrab dengan mitos, dari mulai mitos kehamilan, mitos pernikahan, hingga mitos kesehatan. Entah apa yang bikin segala hal bersentuhan dengan hal tersebut.

Sering juga kita terpengaruh akan hal-hal sepele seperti kedutan di mata tandanya ada yang rindu, gatal di telapak tangan kanan artinya rezeki menanti, merinding pertanda ada makhluk halus di sekitar kita.

Hayo, Ma, suka akrab kan ya dengan itu semua? Atau bahkan Mama percaya juga?

Eits, ternyata di balik tanda-tanda sepele tersebut ada pengaruhnya juga loh terhadap kesehatan Mama, lebih tepatnya mengalami gangguan! Nah loh.


BACA JUGA


Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

Banyak hal yang salah beredar soal infeksi saluran kemih. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya, Ma. Supaya nggak salah lagi, sehingga ...

Read more..


7 mitos kesehatan ini sering banget hadir di hari-hari kita, tapi jangan langsung percaya ya, karena ada fakta yang mungkin belum Mama tahu di baliknya.


1. Bercak Putih di Kuku

Mitos:

Jika muncul garis atau bercak putih di kuku sebelah kiri, berarti ada orang yang sedang membenci atau memusuhi Mama. Jika di sebelah kanan, berarti banyak yang menyukai Mama. *jejerin jari-jari hehehe

Faktanya:

Garis putih di kuku ternyata merupakan salah satu gejala kekurangan kalsium dalam tubuh lo! Wih, hati-hati, Ma! Mama bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan yang berkalsium maupun suplemen kalsium.


2. Kesemutan

Mitos:

Kesemutan di kaki sering diartikan bahwa orang tersebut akan melakukan perjalanan jauh. *ih enak dong ya. Kalau kesemutan terjadi saat Mama terjaga dari lamunan, tandanya ada makhluk halus di sekitarnya. *duh

Fakta :

Kesemutan bisa merupakan pertanda bahwa tubuh mengalami kekurangan kalsium atau vitamin B kompleks, Ma. Jika kesemutan sering terjadi di ujung-ujung jari tangan dan kaki, atau pada salah satu sisi tubuh, bisa jadi gejala penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi atau gejala stroke.

Oops! Yuk, Ma, coba lakukan medical check up menyeluruh ya!


3. Bersin

Mitos:

Bila Mama bersin-bersin (bukan karena flu ya) antara pukul 10 – 11 pagi hari, artinya Mama akan menjadi pembicaraan orang banyak.

Fakta:

Bersin adalah keluarnya udara lewat hidung dan mulut yang terjadi bersamaan secara cepat sekaligus keras. Bila Mama nggak sedang flu atau pilek, bersin dapat merupakan tanda-tanda adanya alergi.

So, coba cek sekeliling Mama. Apakah banyak debu? Atau barangkali banyak bulu hewan peliharaan? Atau, hawanya dingin? Untuk mengatasi alergi, Mama harus mengatasi dulu penyebabnya.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Mitos Tentang Lemak yang Ternyata Salah Kaprah!

Ini Dia 7 Mitos Tentang Lemak yang Ternyata Salah Kaprah!

Lemak memang bikin jengkel ya! Tapi, ternyata ada beberapa hal berkaitan dengan lemak yang salah kita mengerti lho. Dan kita pun berusaha ...

Read more..


4. Merinding

Mitos:

Merinding sering dikaitkan dengan kehadiran makhluk halus di sekitar kita *sering banget nih!*, biasanya didahului oleh rasa dingin di tubuh yang nggak ada kaitannya dengan udara dingin. Misalnya, bulu kuduk berdiri saat lagi duduk sendiri.

Fakta:

Merinding adalah salah satu respon terhadap rasa takut atau hawa dingin.

Dan, secara fisiologis, ketika Mama ketakutan, pasokan hormon serotonin dalam tubuh terganggu. Akibatnya, otak memerintahkan tubuh melakukan reaksi berbeda-beda, tergantung jenis rangsangan yang diterima. Dan salah satunya adalah merinding.


5. Telapak Tangan Gatal

Mitos:

Apabila telapak tangan kanan gatal, pertanda akan mendapatkan rezeki. Sebaliknya, kalau telapak tangan kiri yang gatal berarti Mama akan mengeluarkan uang.

Fakta:

Ternyata nih, Ma, gatal merupakan pertanda terjadinya alergi. Walaupun nggak mengganggu tapi jika sering terjadi dan diabaikan, maka alerginya akan berkembang.

Selain itu, gatal tanpa sebab adalah reaksi dari stres. Saat pikiran lagi penuh, secara nggak sengaja Mama menggaruk telapak tangan seperti terasa gatal.


6. Jantung Berdebar

Mitos:

Jika jantung Mama berdebar-debar tanpa alasan antara pukul 8 atau 9 pagi, akan menjadi gunjingan orang. *errr...*

Tetapi, jika terjadinya antara pukul 9 atau 10 malam, Mama akan berjumpa dengan seseorang yang sudah lama dinantikan. #ehem

Fakta:

Mama yang sedang olahraga ataupun tengah letih, biasanya ritme jantung bisa meningkat drastis, sehingga dada terasa sangat berdebar.

Begitu pula kalau Mama emosi, mengonsumsi kafein yang berlebihan bisa membuat kerja syaraf simpatis menjadi dominan. Karena itulah, jantung bekerja lebih cepat dari biasanya.

Jantung berdebar bisa meningkatkan tekanan darah. Jadi, sebaiknya Mama tetap waspada ya.


7. Kedutan

Mitos:

Kedutan ini memiliki banyak makna, tergantung di bagian mana yang terjadi. Seperti, kelopak mata kanan kedutan, katanya, Mama akan mengalami kejadian yang nggak mengenakkan dan bikin menangis. *dih amit-amit*

Fakta:

Secara ilmiah, kedutan merupakan gerak tubuh yang terjadi di bawah ambang sadar. Kedutan bisa juga disebabkan karena otot tubuh yang lelah sehingga membuat serabut syaraf menjadi sensitif.

Beda lagi untuk ibu hamil, kedutan bisa diasumsikan sebagai kekurangan kalsium, Ma.

Nah, beda penyebab nih ya.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Mitos dan Fakta Selaput Dara yang Barangkali Belum Diketahui oleh Banyak Orang

Ini Dia 7 Mitos dan Fakta Selaput Dara yang Barangkali Belum Diketahui oleh Banyak Orang

Selaput dara dan perempuan. Dua hal yang dalam masyarakat kita tak terpisahkan

Read more..


Sekarang Mama sudah tahu, yes, fakta-fakta di balik mitos dan keluhan yang Mama alami. So, stop percaya mitos, ada baiknya lebih waspada lagi jika Mama mengalami hal-hal tersebut.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Mitos yang Selama Ini Kita Percaya Namun Ternyata Merupakan Sinyal Gangguan Kesehatan - Waspada!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar