Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!

217
Banyak hal yang salah beredar soal infeksi saluran kemih. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya, Ma. Supaya nggak salah lagi, sehingga kita bisa mencegahnya dengan tepat.

Kenapa sih perempuan secara umum paling rentan terkena infeksi saluran kemih?

Secara ilmiah, kaum perempuan memiliki daerah intim yang terdiri dari saluran kemih (uretra), alat kelamin dan anus saling berdekatan satu dengan lainnya. Uretra yang seharusnya bersih nyatanya terkontaminasi kuman atau bakteri yang berasal dari alat kelamin, rektum, daerah pupenda, daerah perineal, anus maupun dari hubungan kelamin yang masuk ke dalam kandung kemih melalui uretra.

Kuman atau bakteri ini kemudian berkembang menjadi penyebab terjadinya infeksi. Hampir 20% kaum perempuan sejatinya pernah mengalami infeksi kandung kemih, setidaknya satu kali selama hidup mereka.


BACA JUGA


Waspadai Infeksi Saluran Kemih, Apalagi Jika Mama Hobi Menahan Pipis!

Waspadai Infeksi Saluran Kemih, Apalagi Jika Mama Hobi Menahan Pipis!

Infeksi saluran kemih lebih rawan menghinggapi wanita daripada Pria. Struktur tubuh, dalam hal ini organ kewanitaan, menjadi salah satu ...

Read more..


Tanda-tanda infeksi saluran kemih seperti apa sih?


Gejalanya seperti disuria atau berkemih yang nyeri, berkemih dengan frekuensi yang bertambah, maupun urgensia alaias sebentar-sebentar ingin ke belakang atau anyang-anyang. Apabila infeksi mengenai ginjal, bisa ditengarai dengan beberapa gejala tambahan seperti demam, nyeri pinggang, mual hingga muntah-muntah.

Penyebab infeksi saluran kemih ada beberapa yaitu:

- Kateterisasi (pemakaian kateter atau selang kemih)

- Penyakit sperti diabetes atau kencing manis, penyakit batu saluran kemih.

- Sering melakukan hubungan bebas berganti pasangan.

- Kebasaan cebok yang salah

Selama ini masih banyak mitos dan fakta yang berkembang seputar penyakit infeksi saluran kemih ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang permasalahan yang sebenarnya.


Nah, biar Mama nggak salah kaprah tentang infeksi saluran kemih, cari tau yuk 5 mitos dan faktanya.

1. Mitos : Menahan kemih. Kebiasaan menahan kemih bukan penyebab terjadinya infeksi saluran kemih.


Fakta: Tidak masalah sebenarnya bagi kantung kemih menahan keinginan berkemih. Sesuai dengan namanya, kantung, yang memang diperuntukkan atau berfungsi untuk menahan (air kemih).

Kemampuan kantung kemih setiap orang untuk menahan kemih sebanyak 400 CC. Ini merupakan batas maksimal yang normal. Alamiahnya seperti itu. Namun, biasanya orang akan baru mulai terasa ingin berkemih di antara 200-250 CC.

Jadi, kalau masih berada pada batas antara itu, Mama menahan keinginan berkemihnya ya nggak masalah. Lain kasus jika Mama memiliki kelainan pada saluran kemih atau kesehatannya. Apabila sudah terasa berkemih, mending disegerakan.


2. Mitos: Kurang minum. Kurang minum selama ini disebut menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih.


Fakta: Tidak ada hubungannya kurang minum dengan penyakit infeksi (kandung kemih).

Kurang minum lebih dekat hubungannya dengan produksi urine. Selama nggak ada gangguan semacam batu ginjal, kelainan (obstruksi) atau frekuensi, kebiasaan kurang minum seharusnya tidaklah menjadi masalah.

Namun, minum air putih tetaplah penting ya, Ma, karena kekurangan cairan akan juga menimbulkan penyakit dalam tubuh kita.


3. Mitos: Penggunaan toilet umum


Fakta: Nggak akan terjadi atau sangat jauh kemungkinan penularan infeksi saluran kemih ketika kita menggunakan toilet umum. Yang terpenting, bagaimana cara mencuci area intim Mama dengan baik dan benar menggunakan air bersih yang mengalir. Nggak memanfaatkan air yang sudah tertampung dalam ember yang tersedia di toilet umum.


BACA JUGA


Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Ini Dia 7 Dosa Kesehatan yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali!

Kadang kita itu memang sok kuat dan sok jago sih. Dengan sengaja, kita melakukan hal-hal yang jelas-jelas membahayakan kesehatan

Read more..


4. Mitos: Anyang-anyang akibat inflamasi bisa sembuh sendiri dengan cara banyak minum.


Fakta: Mama harus melakukan cek urine. Kalau dari hasil cek urine ditemukan adanya leukosit positif, Mama sebaiknya harus memeriksakan diri ke dokter untuk diberikan obat antibiotiknya.


5. Mitos: Berhubungan intim menjadi penyebab seseorang tertular infeksi saluran kemih.


Fakta: Bukan karena berhubungan intim kemudian jadi tertular infeksi saluran kemih. So, nggak ada masalah dengan berhubungan intim ya, Ma. Infeksi saluran kemih bukanlah penyakit menular seksual!

Pengecualian dalam kasus hubungan intim ini ada pada pasangan baru menikah, yang dinamakan honeymoon cystitis. Ini memungkinkan risiko infeksi saluran kemih yang tinggi lantaran intensnya frekuensi hubungan seksual.


BACA JUGA


#TanyaDokter Bersama dr. Sri Wahyuni Afandi: Tanya Jawab Seputar Kesehatan Pribadi dan Keluarga

#TanyaDokter Bersama dr. Sri Wahyuni Afandi: Tanya Jawab Seputar Kesehatan Pribadi dan Keluarga

Punya masalah kesehatan ringan? Mama bisa bergabung di Rocking Mama Community dan ikutan sesi #TanyaDokter berikutnya

Read more..


Semoga 5 mitos dan fakta tentang infeksi saluran kemih ini bisa meluruskan apa yang selama ini Mama tahu tapi masih ngambang ya.

So, jangan lupa untuk selalu membersihkan area intim dengan baik dan benar ya, Ma. Khususnya ketika menstruasi dan masa subur, karena di saat itu hormon tengah mengalami perubahan, sehingga bakteri bisa saja dengan cepat berpindah. Begitu juga selesai berhubungan intim, baiknya langsung membersihkan organ kewanitaan kita, ya.

Pun saat cebok, karena salah melakukannya bisa mengakibatkan terjadi infeksi saluran kemih. Agar tetap higienis, Mama mesti melakukan cebok dengan benar yaitu dari atas ke bawah. Kalaupun memakai tisu, dengan cara yang sama dari atas ke bawah, lakukan sekali usap saja dan langsung buang.

Sehat selalu, Ma.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Mitos dan Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih - Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan Selalu Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar