Ini Dia 5 Do's and 5 Don'ts Tips Mengatasi Gejala Flu Selama Musim Hujan

Ini Dia 5 Do's and 5 Don'ts Tips Mengatasi Gejala Flu Selama Musim Hujan

223
Tik tik tik, bunyi hujan di atas genting. Sudah masuk musim hujan nih, Ma. Awas gejala flu mulai datang! Persiapan apa yang harus dilakukan?

Sepertinya sudah masuk musim hujan, deh. Ingat kan, sama rumus yang diajarkan saat kita kecil dulu, Ma? Kalau masuk bulan berakhiran 'ber', berarti sudah waktunya musim hujan. Karena bunyi hujan itu "Ber ber ber!", begitu katanya. Hahaha! Rumus yang sederhana, sama sekali nggak ilmiah, tapi efektif untuk mengingat.

Nah, karena si musim hujan ini udara cenderung dingin, maka anak-anak akan mudah sekali terserang gejala flu. Huvt!

Belum lagi, virus flu ini bertebaran dan gampang menular, jadi semakin rawanlah para buah hati kita terhadap penyakit gejala flu yang sebenarnya tidak ada obatnya ini, Ma!

Iya. Yang Mama baca itu nggak salah. Flu memang tidak ada obatnya, Ma. Paling disuruh banyak istirahat saja sama dokter. Batuk dan pilek, juga demam yang menyertainya tentu saja ada obatnya. Sirup untuk mengencerkan dahak, misalnya. Yang membuat cairan di hidung sekalian luruh dan melegakan napas. Juga pereda demam, seperti Paracetamol yang membuat ngantuk.

Karena sebenarnya ya itu tadi, gejala flu yang paling sering diderita anak-anak itu intinya adalah istirahat.


BACA JUGA


Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak sakit batuk? Flu, atau jatuh hingga lututnya luka? Tahan dulu kalau Mama mau segera memberinya obat generik atau pergi ke dokter. Coba ...

Read more..


Nah, daripada mereka keseringan mengonsumsi obat, yuk ikuti 5 tips Do's dan 5 DON'Ts ini supaya anak-anak terhindar dari gejala flu!

DON'Ts

1. Sering Bepergian ke Tempat Umum


Selama musim hujan, ada baiknya Mama menjaga si kecil untuk tetap berada di rumah. Soalnya, di tempat umum kan banyak sekali orang, yang mungkin saja sedang mengalami gejala flu; menderita radang tenggorokan, pilek berkepanjangan, dan lain sebagainya.

Kurangi bepergian ke tempat umum, kecuali memang diperlukan ya, Ma, seperti sekolah dan les. Sisanya, banyak bermain di rumah saja, supaya risiko tertular penyakitnya lebih kecil.


2. Memegang Banyak Barang di Tempat Umum


Mama tau Cameron Diaz, kan? Itu lo selebriti Hollywood yang membintangi berbagai film box office, seperti The Mask.

Perempuan cantik itu paling anti menyentuh pegangan pintu, atau door knobs, Ma. Karena menurutnya, pegangan pintu itu penuh dengan kuman.

Ya, memang sih, begitu banyak yang menyentuhnya tapi nggak pernah ada yang nyuci. Mungkin Mama juga bisa ngikutin cara Cameron demi menghindarkan diri dan anak-anak dari gejala flu. Jangan sering-sering memegang barang yang selalu disentuh banyak orang ya, seperti tombol lift, pegangan tangga/eskalator, dan lain-lain.

Yah, tapi susah juga ya, kalau sama sekali nggak mau sentuh. Well, kalau begitu, setiap kali sehabis bepergian, sesampainya di rumah, jangan lupa untuk mencuci kaki dan tangan ya! Atau selalu sediakan sabun antiseptik di tas Mama.


3. Malas Memakai Jas Hujan atau Payung


Namanya anak-anak, pasti senang bermain hujan. Jika Mama mengizinkan mereka demikian, segera mandikan mereka dengan air hangat dan balur dengan minyak kayu putih atau telon, ya Ma.

Soalnya, baju yang basah dan angin yang bertiup selama hujan akan membuat badan menggigil kedinginan, dan pasti deh bisa memancing gejala flu datang. Kalau telapak kaki dan tangan dingin, pertanda akan demam tuh, Ma! Pastikan anak-anak memakai 'peralatan perang' lengkap saat hujan, ya!


4. Sekolah Saat Sedang Flu


Walaupun jarang, ada saja anak-anak yang tidak mau membolos sekolah. Tapi, demi keamanan bersama, jangan biarkan si kecil tetap bersekolah saat sedang mengalami gejala flu ya, Ma. Kasihan, anak-anak lain bisa ikut tertular.

Mama sendiri pasti tidak mau kan, ada anak lain bersin-bersin mengeluarkan virus di sekitar sang buah hati tercinta? Lagipula, saat di rumah, anak-anak bisa lebih banyak istirahat hingga cepat pulih.


5. Buang Tisu Sembarangan


Tisu, atau sapu tangan, adalah barang wajib saat sedang mengalami gejala flu. Batuk harus ditutupi sapu tangan, dan pilek harus membuang cairan hidung pada selembar tisu.

Usahakan untuk langsung menyimpan baik-baik sapu tangannya, dan membuang tisunya ya, Ma. Kalau tidak, kumannya akan menjalar ke sana-kemari lagi. Bisa-bisa menulari yang lain, kan?


BACA JUGA



DO's

1. Mencuci Tangan


Ini saran yang sangat sering diberikan, namun kadang-kadang lupa dijalankan. Selalu ingatkan anak-anak untuk mencuci tangan dengan sabun.

Kalau anak-anak malas disuruh ke wastafel untuk mencuci tangan, belikan saja mereka cairan antiseptik untuk membunuh kuman-kuman yang menempel.

Jangan sampai tangan mereka yang berkuman itu menggaruk-garuk mata, mengelap hidung dan mulut, karena akan langsung masuk ke tubuh. Kacau kan, jadinya? Gejala flu akan langsung datang menyerang.


2. Berkumur dengan Air Garam atau Mouthwash


Ini sebuah hal baik yang perlu dibiasakan demi menghindarkan anak-anak dari gejala flu, Ma.

Segera setelah pulang dari bepergian, berbarengan dengan mencuci tangan, mintalah anak-anak untuk berkumur. Boleh dengan air garam sebagai antiseptik alami, atau mouthwash. Yang penting berkumurnya sampai ke tenggorokan ya, Ma.

Soalnya, tenggorokan adalah jalur masuk dan keluarnya berbagai hal. Udara yang dihirup masuk melalui tenggorokan, demikian juga makanan dan minuman. Kuman dan virus yang menyertainya juga akan hinggap di tenggorokan.

Jadi berkumurlah agar luruh dan terbuang.


3. Banyak Minum Air


Nasihat ini juga sering didengar, ya? Alasannya adalah, air putih itu baik untuk metabolisme tubuh.

Saat sedang mengalami gejala flu dan demam, tubuh akan cenderung berkeringat, dan ketika batuk dan pilek, dahak akan mengental.

Air putih membantu mengencerkan dahak dan membuat tubuh tetap lembap tanpa kekurangan cairan. Selain itu, tubuh yang cukup cairan akan lebih mudah memerangi virus.


4. Makan yang Berkuah


Yang satu ini adalah tugas Mama. Banyak-banyak membuat makanan yang berkuah, ya, seperti sayur bening atau sup. Apalagi cream soup jagung-ayam, misalnya.

Setiap habis bepergian, buatkan anak-anak sup itu untuk menghangatkan badan dan tenggorokan mereka. Banyak makan akan membuat badan mereka tetap sehat dan kuat menghadapi gejala flu serta memerangi penyakit. Lagipula, hangatnya akan membantu di saat cuaca sedang dingin.


5. Shankh Mudra


Ini cara baru yang juga efektif!

Mudra sudah dipraktikkan di India selama beratus tahun dan dilakukan turun-temurun. Salah satu metode self healing ini sangat mudah, murah, dan terbukti efektif.

Untuk mengatasi gejala flu, lakukanlah Shaknh Mudra. Yang Mama perlu lakukan adalah menggenggam ibu jari tangan kiri dengan empat jari tangan kanan. Biarkan ibu jari tangan kanan tetap berada di atas, untuk menyentuh ujung-ujung jari telunjuk dan tengah tangan kiri.

Lakukan dengan pose duduk bersila punggung tegak selama setidaknya 5 menit sampai senyamannya.

Mudra ini akan membantu melegakan tenggorokan. Bila ada dahak yang mengental, Shankh Mudra akan merangsang tenggorokan untuk menyingkirkannya.

Coba deh, ajarkan metode ini kepada anak-anak, ya Ma!


BACA JUGA


Waspadai 5 Penyakit di Musim Hujan - Kenali dan Cegah Datang!

Waspadai 5 Penyakit di Musim Hujan - Kenali dan Cegah Datang!

Penyakit di musim hujan mulai sering menyerang, seiring hujan yang datang terus selama berhari-hari. Waspadai

Read more..


Selamat menjalani hari-hari di musim hujan dengan tetap sehat dan bugar ceria bersama anak-anak tanpa gejala flu!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Do's and 5 Don'ts Tips Mengatasi Gejala Flu Selama Musim Hujan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar