Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Menghadapi Musim Hujan

Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Menghadapi Musim Hujan

151
Kita semua sebenarnya tahu, tapi sengaja melupakan atau mengabaikan 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini. Ayo, Ma, mulai sekarang lebih diperhatikan lagi!

Sejak pertengahan September, beberapa kota sudah mulai diguyur hujan. Dan itu berlanjut merata di belahan timur, barat dan tengah Indonesia.

Musim hujan yang tiba-tiba ini kadang bikin mager, malas dan nggak jarang mengundang sakit. Sebenarnya sakitnya ini datang dari kita juga sih yang terlalu capek dan nggak ngerti cara meningkatkan daya tahan tubuh, ditambah cuaca berubah dan nggak memperhatikan makanan.

Well, yeah. Kita memang mesti tahu gimana cara meningkatkan daya tahan tubuh di musim seperti ini. Karena sekali sakit, maka wassalam saja semua urusan rumah maupun kantor. Itu bakalan jadi tugas berat lagi untuk mengatasinya. Hiks.


BACA JUGA


Daya Tahan Tubuh Mama Bisa Ditingkatkan dengan Mengonsumsi 5 Bahan Ini Lho!

Daya Tahan Tubuh Mama Bisa Ditingkatkan dengan Mengonsumsi 5 Bahan Ini Lho!

Daya tahan tubuh menurun karena kesibukan yang luar biasa, kondisi cuaca yang tak menentu atau tingkat stres yang makin tinggi? Jangan ...

Read more..


Lakukan 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami ini sekarang juga, Ma!

1. Lebih Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran

cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami - Perbanyak buah dan sayur

Tahu nggak, Ma, efek dari kurangnya mengonsumsi buah dan sayuran? Tubuh Mama bakal mudah lelah, lemah, lesu dan wajah pun menjadi pucat. *ambil kaca*

Kenapa bisa begitu?

Karena buah dan sayuran adalah sumber berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. FYI nih, Ma, tubuh membutuhkan 45 zat gizi setiap hari. Dan sebanyak 20 dari zat gizi tersebut bersifat esensial, yang artinya harus ada dalam makanan setiap hari, dan ini tuh nggak bisa ditawar!

Yang menjadi masalah adalah kita ini seringnya mengonsumsi makanan secara tak lengkap. Jadi, makan nasi dan sayur tapi tidak diimbangi dengan buah.

Inilah yang disebut ketidaklengkapan nutrisi, dan menyebabkan daya tahan tubuh lemah.

Nah, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh itu ya dengan mengonsumsi sayur dan buah sebanyak mungkin dengan variasi warna yang beragam. Karena, setiap buah dan sayuran memiliki keunggulan masing-masing, yang apabila digabungkan menjadi satu bisa meningkatkan kekebalan tubuh Mama.

Jadi, jangan lupa. Makan buah dengan warna pelangi ya!


2. ‘Sirami’ Tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami - Selalu minum air putih

Setiap hari, tubuh membutuhkan 2 liter air atau 8 gelas air mineral. Ini benar-benar nggak bisa ditawar, Ma!

Alasannya, karena cairan tubuh sangat diperlukan dalam metabolisme tubuh agar lancar dan untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan melalui urine. Tapi, jumlah ini nggak konstan, Ma, apalagi jika Mama banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang menyumbangkan cairan ke dalam tubuh.

So, cara meningkatkan daya tahan tubuh paling efektif adalah dengan mendengarkan suara tubuh Mama.

Ketika tubuh merasa haus, segeralah minum air mineral agar dahaganya hilang. Cara lain, Mama bisa mengecek dari warna urine. Apabila warnanya kekuning-kuningan, ini menunjukkan bahwa tubuh kekurangan cairan. Segeralah perbanyak minum air putih, agar tubuh kembali prima.

Bagaimana dengan kopi?

Mama masih bisa kok mengonsumsinya dengan batas minum secangkir kopi saja atau setara 80 mg kafein sehari. Well, terlalu sedikitkah? Hmmm, ini takaran yang aman lo untuk tubuh Mama. Nggak ada salahnya mulai sekarang mengalihkan kopi sachet atau yang mengandung banyak kalori dengan kopi nusantara (kopi hitam) yang lebih baik untuk tubuh.

Nah, ada juga cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang lain nih. Untuk kategori minuman sehat selain air mineral tentunya, sebuah penelitian dari Universitas Iowa menemukan bahwa jus jeruk yang dibuat secara alami mengandung banyak vitamin C yang sangat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan syarat, no sugar yes?


3. Move Your Body!

cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami - Jangan pernah lupa berolahraga

Singkirkan kemalasan dan saatnya berolahraga!

Banyak olahraga mudah dan murah bisa Mama lakukan tanpa harus meninggalkan kewajiban utama. Dengan olahraga, Mama telah melakukan cara dasar untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh dan merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Plus juga membuat pasokan nutrisi ke seluruh tubuh secara optimal.

Salah satu olahraga sederhana dan paling mudah adalah berjalan cepat selama 45 menit. Walaupun sederhana, olahraga ini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja dari segala usia.

Berjalan cepat ternyata memiliki manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh.


BACA JUGA


Waspadai 5 Penyakit di Musim Hujan - Kenali dan Cegah Datang!

Waspadai 5 Penyakit di Musim Hujan - Kenali dan Cegah Datang!

Penyakit di musim hujan mulai sering menyerang, seiring hujan yang datang terus selama berhari-hari. Waspadai

Read more..


4. Tertawa

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami - Tertawalah!

Hormon endorfin nggak hanya didapatkan dari aktivitias seks saja lo, Ma, tapi tertawa pun ternyata bisa meningkatkannya!

As we know, hormon ini juga merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh. Cobalah dalam sehari Mama 'memancing' diri untuk tertawa.

Cara yang mudah ya dengan ngobrol dengan Papa, anak-anak, menonton film komedi atau bermain bersama hewan peliharaan.


5. Sleeping beauty

Cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami - Penuhi jam tidur!

Mama pasti sering mendengar bahwa waktu tidur ideal adalah 7-8 jam sehari. Too bad, dalam praktiknya hal tersebut sering nggak tercapai. Bener nggak, Ma?

Beberapa hal seperti lembur, main games, main media sosial atau baca gosip di Lambe Turah *uhuk* menjadi faktor waktu tidur berkurang dari seharusnya. Well then, cut your bad habits, Ma!

Efek dari kurang tidur itu nggak main-main! Karena daya tahan tubuh bisa menurun, jadi pusing dan sulit untuk berkonsentrasi. Dan efek buruknya lagi, emosi bisa naik-turun.

Nggak ada salahnya mulai dari sekarang perbaiki jam tidur Mama. Toh, masih ada waktu lowong untuk melakukan rutinitas nggak penting lainnya seperti baca gosip itu. Sayangi diri Mama dan ingat, hari esok aktivitas seharian yang mesti dilakukan itu panjang loh, Mama butuh energi untuk melakukan semuanya. Jadi, simpan energi Mama dengan tidur.

Yuk, Ma, matikan gadget, lampu, tarik selimut dan tidur!


BACA JUGA


5 Tips Hidup Sehat dan Waras yang Perlu Kita Lakukan Setiap Hari Agar Terbebas dari Beban Hidup

5 Tips Hidup Sehat dan Waras yang Perlu Kita Lakukan Setiap Hari Agar Terbebas dari Beban Hidup

Semua tips hidup sehat itu sangat diperlukan, apalagi menghadapi zaman yang serba cepat ini. Zaman yang hampir tidak mengizinkan kita ...

Read more..


Yes, 5 hal di atas merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh tanpa obat yang sangat mudah untuk kita lakukan kan? Dijamin hasilnya sangat bermanfaat. Eits, nggak butuh biaya banyak juga kan, Ma?

Stay healthy, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh untuk Menghadapi Musim Hujan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar