Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat

2K
4 agenda membersihkan rumah ini harus bisa Mama atur agar bisa dilakukan seminggu sekali. Dan, lakukanlah dengan hati gembira.

Yang namanya membersihkan rumah, meski itu adalah tugas mama-mama cantik seperti kita, tapi yakin deh, bukanlah menjadi pekerjaan favorit. Iya nggak, Ma?

Dan, kadang, karena bukan menjadi pekerjaan favorit, akhirnya kita pun menunda-nunda menyelesaikan tugas membersihkan rumah ini. Nah, padahal, kalau ditunda-tunda, yang namanya tugas membersihkan rumah itu nggak akan berkurang dengan sendirinya. Justru makin numpuk! Betul?

Kalau sudah numpuk, kita pun akhirnya benar-benar malas membersihkan rumah. Dan akibatnya apa? Yes, Mama tahu sendiri jawabannya. Hahaha. Mbulet kan?

Makanya, kalau saya pribadi sih, pekerjaan membersihkan rumah ini saya bagi menjadi beberapa bagian. Apalagi saya nggak punya ART di rumah. Semua dikerjakan sendiri, sebisanya.

Karena itu mesti ada strategi khusus soal membersihkan rumah ini. Karena kalau enggak, ya ... ya gitu deh.


BACA JUGA


Mama Punya Perabotan Rumah Tangga Berbahan Kulit di Rumah? Yuk Buat DIY Pembersihnya!

Mama Punya Perabotan Rumah Tangga Berbahan Kulit di Rumah? Yuk Buat DIY Pembersihnya!

Rawat perabotan rumah tangga berbahan kulit dengan DIY sederhana, mudah, dan ramah lingkungan ini

Read more..


Nah, supaya tugas membersihkan rumah nggak terlalu berat dirasa, maka lakukan 4 kegiatan ini paling tidak seminggu sekali dengan jadwal yang rutin.

1. Bersihkan kamar mandi


Sikat lantai, dinding, dan bak-bak air yang ada. Juga wastafel serta kloset. Untuk lantai kamar mandi, silakan disesuaikan antara pembersih dan bahan lantainya ya, Ma. Saya pernah salah pilih bahan pembersih. Alhasil lantainya, yang berwarna dasar merah marun, malah jadi penuh bercak-bercak putih yang susah dihilangkan.

Kamar mandi yang bersih nggak hanya akan terasa nyaman, tetapi juga mencegahnya menjadi sarang kuman.

Misalkan Mama taruh salah satu agenda membersihkan rumah ini di hari Senin, maka setiap Senin jangan lupa menyikat kamar mandi ya.


2. Ganti dan cucilah seprai beserta sarung bantal dan guling, selimut, handuk dan keset


Tadinya saya mengganti seprai hanya kalau dibutuhkan, Ma. Artinya kalau sudah benar-benar bau. Hahaha. Duh, malu.

Tapi kemudian, saya rasakan kalau seprai dan sarung bantalnya baru dan wangi, kok tidurnya jadi lebih enak ya? Habis itu, saya pun mengubah kebiasaan dan memasukkannya dalam agenda membersihkan rumah mingguan.

Untuk mematikan kuman, Mama bisa merendamnya dulu dalam air panas sebelum dicuci dengan baik. Air hangat bisa digunakan untuk melepaskan kotoran yang melekat.


BACA JUGA


Ajak Anak Bantu Tugas Rumah Tangga Tanpa Terpaksa? Begini Caranya!

Ajak Anak Bantu Tugas Rumah Tangga Tanpa Terpaksa? Begini Caranya!

Tugas rumah tangga seabrek memang bikin pusing. Tapi, kalau ada bala bantuan, kenapa nggak kita manfaatkan

Read more..


3. Pembersihan debu


Walaupun setiap hari kita mungkin sudah menyapu ruangan di rumah, tapi pasti selalu saja ada sudut berdebu yang terlewat.

Cek saja sudut kolong tempat tidur, sela-sela antara lemari dan dinding, lipatan sofa, atau di tempat yang tinggi. Mama bisa menggunakan vacuum cleaner atau menyeka permukaan berdebu dengan menggunakan lap basah untuk agenda membersihkan rumah ini.

Sempatkan seminggu sekali ya, Ma, biar nggak sampai numpuk tuh debunya.


4. Mengepel


Untuk Mama yang tinggal agak jauh dari jalan raya, kegiatan membersihkan rumah yang sedap ini masih bisa dilakukan seminggu sekali.

Namun, jika rumah Mama dekat dari jalan raya, biasanya debu akan lebih cepat menumpuk dan lantai harus dipel seminggu dua kali tuh, Ma.

Apalagi kalau mengingat anak-anak yang suka main di lantai. Duh, jangan sampai mereka kena kuman karena kita jarang mengepel.


BACA JUGA


Bikin Sendiri Cairan Pembersih Rumah Yuk, Ma, Agar Lebih Ramah Lingkungan - Hanya Butuh 2 Bahan Saja!

Bikin Sendiri Cairan Pembersih Rumah Yuk, Ma, Agar Lebih Ramah Lingkungan - Hanya Butuh 2 Bahan Saja!

DIY cairan pembersih rumah ramah lingkungan ini dapat menjadi alternatif Mama untuk membersihkan dan mensterilkan perabotan rumah

Read more..


Nah, 4 agenda membersihkan rumah di atas harus bisa Mama atur agar bisa dilakukan seminggu sekali. Cuma 4 aja tuh, Ma. Means, masih ada 3 hari buat yang lain-lain. Misalnya, untuk membereskan kebun dan halaman, Mama agendakan juga seminggu sekali, masih ada hari tersisa tuh.

Yang penting, lakukan semuanya dengan hati gembira yes? Karena apa-apa kalau dilakukan dengan senang, pasti akan terasa ringan.

Selamat beres-beres, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Agenda Membersihkan Rumah Rutin Mingguan Supaya Nggak Terlalu Berat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar