Hamil 7 Bulan Adalah Saat Membahagiakan Sekaligus Menegangkan. 6 Hal Ini Bisa Mama Lakukan Ketika Usia Kehamilan 7 Bulan

Hamil 7 Bulan Adalah Saat Membahagiakan Sekaligus Menegangkan. 6 Hal Ini Bisa Mama Lakukan Ketika Usia Kehamilan 7 Bulan

1.6K
Hamil 7 bulan sudah pasti bikin Mama deg-deg an yes. Berbagai persiapan mulai dibikin ketika hamil 7 bulan.

Hai Ma, adakah di antara Mama yang sedang hamil? Atau justru sudah memasuki usia 7 bulan? Bicara tentang hamil 7 bulan, biasanya di fase trimester akhir ini, kita akan merasa sumringah sekali. Karena selain besarnya perut lebih kelihatan, usia 7 bulan juga sudah memasuki detik-detik menegangkan karena sebentar lagi akan melahirkan.

Tidak terkecuali saya. Dulu bahagia banget saat hamil 7 bulan. Karena waktu hamil, saya nggak kelihatan kayak orang hamil. Bahkan pernah ketemu ibu-ibu yang lagi hamil juga saat saya hamil 5 bulan. Beliau kaget sekali saat tahu usia kandungan saya sama kayak usia kandungan beliau. Iya, beliau juga hamil 5 bulan tapi perutnya lebih besar. Nah, ketika hamil 7 bulan, baru deh perut saya mulai kelihatan sedang hamil. Mungkin karena postur badan saya kecil kali, ya.

BACA JUGA


Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Faktor Penyebab Keguguran Salah Satunya Adalah Makanan. Ibu Hamil Harus Hindari 6 Makanan Ini Selama Kehamilan!

Penyebab keguguran bisa karena beragam faktor, salah satunya Makanan. Oleh karena itu, Mama mesti lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi ...

Read more..

Selain sumringah karena bahagia perutnya sudah mulai kelihatan, saya juga bahagia karena sudah nggak mual sama sekali. Yes, saya mual sampai 5 bulan dulu. Makan pun sudah lebih lahap. Mulai deh kelihatan gemuknya juga. Tapi tetap, sejak awal saya selalu punya keinginan kuat untuk bisa melahirkan normal.

6 Hal ini saya lakukan saat hamil 7 bulan.


1. Jalan kaki setiap pagi

1. Jalan Kaki Setiap Pagi -

Usia hamil 7 bulan, kepala bayi sudah bisa pindah posisi, Ma. Dan banyak orang tua yang menganjurkan untuk sering-sering jalan kaki di usia ini. Saya sendiri mulai merutinkan jalan kaki sehabis subuh. Nggak perlu jauh-jauh kok, keliling komplek saja, Ma. Biar nggak bosan, bisa ajak suami. Nanti pulangnya bisa langsung belanja atau beli sarapan.


2. Sering jongkok dan perbanyak sujud

2. Sering Jongkok Dan Perbanyak Sujud -

Ini juga anjuran para orang tua dan dokter sih. Dulu ada hikmahnya di rumah saya belum punya wastafel khusus tempat cuci piring. Jadi saya mencuci piring masih di bawah. Otomatis itu harus jongkok. Sengaja saya nggak pakai dudukan, supaya melatih si bayi untuk pindah posisi. Selain itu juga perbanyak sholat sunnah. Supaya dapat banyak sujudnya.


3. Posisi tidur miring kiri

3. Posisi Tidur Miring Kiri -

Tepatnya sih semenjak awal hamil, saya sendiri lebih nyaman tidur dengan posisi miring ke kiri. Lebih nyaman aja. Dan ternyata ini juga posisi yang baik untuk ibu hamil lho, Ma. Menurut penelitian, setelah kehamilan 16 minggu sangat dianjurkan ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri. Karena posisi ini memberi keuntungan pada bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi maksimal ke plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) di bagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. Hal ini juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hamil 7 Bulan Adalah Saat Membahagiakan Sekaligus Menegangkan. 6 Hal Ini Bisa Mama Lakukan Ketika Usia Kehamilan 7 Bulan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ade Delina Putri | @adedelinaputri

Blogger, stay at home mom, and bookish

Silahkan login untuk memberi komentar