Fakta-Fakta Tentang Si Sarung Cinta – Untuk Permainan Lebih Asyik, Aman dan Nyaman

Fakta-Fakta Tentang Si Sarung Cinta – Untuk Permainan Lebih Asyik, Aman dan Nyaman

3K
Si sarung cinta ini punya banyak manfaat, yang terutama soal keamanannya. Jangan pernah lupakan mengenakan si sarung cinta kalau pengin main tanpa kekhawatiran.

Siapa hayo yang beranggapan, bahwa bercinta sambil mengenakan “sarung” akan mengurangi kenikmatannya? Yes, si sarung cinta a.k.a kondom itu, Ma.

Salah seorang teman saya pernah berseloroh, saat kami sedang seru membicarakan mengenai program Keluarga Berencana.

“Main pakai kondom itu macam gue lagi main piano tapi disuruh pake sarung tangan. Nggak nyentuh tuts-nya itu nggak bikin orgasme.”

Tentu saja kami semua sontak ngakak mendengar analogi yang aneh tapi benar adanya itu.

Namun, sebenarnya, Ma, kurang nyamannya kita menggunakan kondom saat bercinta itu disebabkan karena kita kurang tahu dalam memilih atau menggunakan si sarung cinta ini. Padahal, selain membantu untuk mengendalikan kehamilan, Mama pasti juga sudah paham bahwa kondom ini juga mampu menghindarkan kita dari penyakit menular seksual.

Nah, supaya kita merasa lebih nyaman, coba deh, lihat lagi yuk apa yang harus kita ketahui mengenai si sarung cinta dan juga, melihat kembali apakah cara pemakaiannya yang benar.


Beberapa fakta mengenai kondom, si sarung cinta


Berpelumas air

Banyak yang berkata, bahwa bercinta dengan menggunakan kondom itu cukup menyakitkan.

Padahal, sebenarnya hampir semua kondom yang dijual bebas tersebut terbuat dari silikon dan berpelumas air, yang memang ditujukan untuk mengurangi rasa sakit saat digunakan, Ma.

Nah, kalau Mama merasa kesakitan saat menggunakan kondom, berarti mungkin ada yang salah. Sebaiknya Mama periksakan dan konsultasikan ke dokter saja ya. Mungkin masalahnya adalah pada kesehatan seksual kita, Ma.


Tersedia dalam berbagai ukuran

Tiga kelompok ukuran sih sebenarnya, dan itu tergantung pada lebarnya, yaitu 48 – 50 mm, 51 – 53 mm, dan 54 – 56 mm. Untuk panjangnya sih rata-rata sama, yaitu 19 – 20 cm.

Jadi, menurut beberapa ahli, seharusnya tidak ada kesulitan dengan masalah ukuran si sarung cinta ini, karena sangat sesuai dengan karakteristik pria, terutama di Indonesia.


Tipis dan elastis

Kondom dibuat agar tipis, elastis, dan tahan lama dari sononya, Ma, sehingga seharusnya sih nggak menghilangkan sensitivitas “sentuhan” saat bercinta.

Bahkan menurut beberapa penelitian, pelumas pada kondom diciptakan juga dalam rangka membantu mereka yang mempunyai problem kesulitan rangsangan dan kesulitan mencapai orgasme lho.

So, seharusnya sih nggak ada masalah kalau kita pengin mencapai puncak dengan menggunakan kondom ini.


Alergi bisa diatasi

Kebanyakan kondom terbuat dari bahan lateks atau karet, dan ini bisa menimbulkan alergi pada sebagian pemakai terutama yang sensitif terhadap protein.

Faktanya, menurut US National of Allergy and Infectuous Disease, memang ada sekitar 6% pria dan perempuan yang alergi terhadap si sarung cinta. Akan timbul rasa gatal dan ruam berwarna merah bahkan sesak napas, jika mereka menggunakan kondom.

Namun, jika memang kita alergi, kita juga bisa kok memilih kondom yang menggunakan bahan nonlateks, yaitu yang berbahan polyurethane, yang juga dengan mudah ditemukan di pasaran. Keduanya sama-sama efektif untuk digunakan dalam acara bercinta yang aman.


Nah, kemudian saya juga mencoba untuk mencari tahu bagaimana sih pemakaian kondom yang benar, baik kondom pria maupun kondom untuk perempuan. Dan, inilah hasil penelusuran saya.

Coba kita cek, Ma, apakah selama ini kita sudah melakukan pemakaian si sarung cinta ini dengan benar? Soalnya kalau nggak tepat, kan pasti bikin nggak nyaman.


Pemakaian kondom pada pria



  1. Buka bungkus si sarung cinta pada bagian sisi. Jangan disobek mengarah ke dalam kondom ya, Ma.
  2. Udara yang masuk terjebak di dalam kondom dapat merusaknya. Jadi jepit ujung kondom dengan jari dan jempol, karena di situlah biasanya udara akan terjebak. Pasangkan ke Mr. P yang sudah menegang, dan pastikan gulungan kondom berada di sisi luar.
  3. Tetap tekan ujung kondom, buka gulungan secara perlahan ke pangkal.
  4. Oleskan lubrikan kalau perlu. Pastikan lubrikan ini berbahan dasar air ya, Ma. Karena lubrikan yang berbahan dasar minyak dapat merusak kondom yang terbuat dari lateks.
  5. Untuk melepasnya, genggam kemudian lepaskan perlahan agar cairan semennya tidak tumpah.
  6. Bungkus dengan tisu, dan buang ke tempat sampah. Jangan membuangnya ke dalam toilet ya, karena bisa menyumbat saluran.


Sekarang kita lihat yuk, cara pemakaian kondom pada perempuan, Ma.

Pemakaian kondom pada perempuan


  1. Buka pembungkus kondom dengan hati-hati. Sobek dari ujung atas ke bawah dengan jari. Jangan gunakan gunting, pisau atau apa pun yang tajam.
  2. Sarung cinta untuk perempuan mempunyai outer ring yang lebih lebar untuk bagian luar, dan inner ring yang lebih kecil untuk bagian dalam.
  3. Pegang inner ring kondom, lalu tekan ring dengan ibu jari dan jari lain hingga ring berbentuk lonjong.
  4. Atur posisi agar mudah memasukkan kondom ke dalam Miss V.
  5. Masukkan inner ring ke dalam Miss V hingga dirasa tak mudah keluar kembali.
  6. Gunakan jari telunjuk untuk menekan si sarung cinta lebih jauh ke dalam Miss V. Jangan sampai terputar ya, Ma, kondomnya. Usakan outer ring juga tetap pada posisinya di luar. Sampai di sini, kondom siap digunakan.
  7. Setelah selesai, keluarkan kondom dengan hati-hati dengan cara dipelintir bagian outer ring-nya, sehingga cairan semen tak tumpah.
  8. Buang kondom ke tempat sampah, jangan ke dalam toilet.


Nah, kalau kita sudah tahu begini, pastinya kita bisa lebih nyaman sekarang kalau ingin menggunakan si sarung cinta demi permainan yang lebih asyik, aman dan nyaman kan, Ma? Bagaimanapun kondom bisa banyak membantu kita, untuk mengendalikan kehamilan, agar keluarga kita lebih terencana masa depannya.

So, happy playing tonight ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fakta-Fakta Tentang Si Sarung Cinta – Untuk Permainan Lebih Asyik, Aman dan Nyaman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar