Diet Sehat Mama Selalu Gagal? Mungkin Karena Mama Mempunyai Kepribadian Penyebab Gagal Diet Ini!

Diet Sehat Mama Selalu Gagal? Mungkin Karena Mama Mempunyai Kepribadian Penyebab Gagal Diet Ini!

665
Penyebab gagal diet sehat Mama mungkin bukan karena makanan yang enak-enak itu, mungkin saja kepribadian Mama sendiri yang menyebabkan Mama nggak bisa meneruskan diet sehat Mama.

Baru segini hari, resolusi diet sehat sudah gagal, Ma? Well, jangan salahkan abang tukang bakso yang selalu lewat, atau abang tukang gorengan yang selalu menyebarkan aroma gurih setiap cuaca hujan.

Salahkan diri Mama!

Selain mungkin karena Mama yang tak bisa mengendalikan diri sendiri, tapi juga karena barangkali Mama mempunyai kepribadian dari salah satu kepribadian berikut ini yang dipercaya menjadi penyebab gagal diet sehat.

Kepribadian? Apa hubungannya dengan gagal diet sehat? Ada, Ma! Coba kita simak yuk.


BACA JUGA


Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

Mau langsing boleh saja. Tapi cara diet yang dilakukan harus tepat, agar juga sehat

Read more..


5 Kepribadian penyebab gagal diet sehat

1. Si impulsif


Apakah Mama sering memotong atau ikut heboh dan latah kala orang lain sedang berbicara?

Nggak heran makanya kalau niat diet sehat Mama gagal terus, karena seseorang dengan tipe impulsif begini biasanya merupakan orang yang juga impulsif kalau makan.

Penelitian NIA yang diterbitkan dalam the Journal of Personality and Social Psychology menemukan, bahwa mereka yang memiliki skor tinggi dalam tingkat impulsif memiliki kelebihan berat badan daripada mereka yang berskor rendah.

So, cari tahu hal-hal yang nggak bisa Mama tolak, seperti cheese cake di kantor, keripik kentang sembari nungguin si kecil pulang les di parkiran mobil, hingga cokelat yang tersimpan di lemari makan.

Singkirkan godaan sejauh mungkin, Ma, dan siasati dengan rutinitas baru. Misalnya, makan siang dengan porsi yang cukup kenyang untuk mencegah Mama mencari camilan di sore harinya. SIapkan juga sekotak buah sebagai pengganti keripik dan cokelat.


2. Si pelupa


Mungkin Mama pernah mengeluh bahwa Mama sangat sibuk, sering melewatkan makan siang, tapi kok berat badan tetap saja naik ya?

Lupa makan karena kelewat asyik beraktivitas juga bisa berpotensi gagal diet sehat dan justru membuat badan makin gemuk lo. Karena kemudian Mama menjadi merasa sangat lapar dan melahap apa pun tanpa perhitungan. Biasanya dengan embel-embel pembelaan, “Tadi kan nggak sempat makan, jadinya sekarang bebas dong makan enak.”

Itu masih lebih baik sih. Parah lagi kalau Mama lupa sudah makan dua piring nasi, dan merasa belum makan sama sekali. Waduh!

Ketika menunda makan, biasanya itu karena kita nggak merasa lapar di jam normal, ditambah asyik dengan pekerjaan. Jadi, sesibuk apa pun sebaiknya jangan pernah melewatkan waktu makan baik sarapan, makan siang atau makan malam.

Ketika terlalu lapar, Mama akan menjatuhkan pilihan yang buruk terhadap makanan dan porsi makan. Kalaupun pekerjaan sulit untuk ditinggal, siapkan roti gandum atau sereal bar di rumah atau di kantor ya, Ma.


3. Si baik hati


Pada dasarnya menyenangkan orang lain itu akan membuat Mama merasa happy. Tapi menurut penelitian, hal ini ternyata juga bisa menjadi penyebab gagal diet dan menyebabkan pinggul kita membesar, Ma.

Penelitian dari Case Western Reserve University menemukan, bahwa seseorang yang ingin menyenangkan orang lain di lingkungan sosialnya, biasanya menggunakan makanan agar membuat orang lain senang dan merasa nyaman.

So, kalau Mama memang hobi menyenangkan orang lain (terlebih dengan makanan), maka carilah yang makanan yang sehat, Ma. Misalnya ganti daging dengan jamur ketika membuat makaroni keju panggang.

Tetap yummy dan lebih sehat kan ya?


BACA JUGA


Terlalu Banyak Makan Padahal Lagi Diet? Ini Tips untuk Membebaskan Rasa Bersalah Mama

Terlalu Banyak Makan Padahal Lagi Diet? Ini Tips untuk Membebaskan Rasa Bersalah Mama

Jangan sampai ya, Ma, hanya gara-gara sepotong kecil cheese cake, Mama jadi merasa bersalah terus. Usir si galau dengan cara berikut

Read more..


4. Si tukang begadang


Sering melek di malam hari, Ma? Hati-hati, karena sebenarnya itu nggak baik untuk metabolisme tubuh dan kesehatan. Lebih berbahaya lagi ketika Mama menjadi lapar ketika tengah malam. Karena sasarannya pasti lemari es atau malah memesan layanan antar dari restoran 24 jam.

Kalau sudah begini, jangan pernah berharap diet sehat Mama akan sukses atau jeans kesayangan akan muat lagi ya.

Normalnya, waktu makan malam berkisar antara pukul 19.00 – 20.00. Selebihnya, tubuh sebaiknya sudah mendapatkan asupan makanan yang cukup dan bersiap untuk beristirahat.

Jika masih lapar, cobalah untuk minum segelas susu hangat rendah lemak, karena susu mengandung tryptophan yang bersifat menyenangkan.


5. Si pemacu adrenalin


Bayangan kita terhadap seseorang yang sering melakukan aktivitas ekstrem dan memacu adrenalin ini barangkali adalah badannya yang atletis dengan otot-otot yang terbentuk sempurna ya, Ma.

Padahal, berdasarkan data penelitian terhadap 2000 orang selama hampir 50 tahun oleh National Institute on Aging (NIA) di Amerika, menyebutkan, bahwa kebanyakan para pencari “kesenangan” ini lebih banyak yang overweight.

Bila dibandingkan dengan tipe kepribadian lain, berat badan si pemacu adrenalin ini bahkan berpotensi untuk selalu bertambah lo. Karena jika mereka tidak melakukan aktivitasnya tersebut, ia akan lebih senang mencari kesenangan juga dalam bentuk lain. Misanya melalui food hunting dan sejenisnya.

Mama, walaupun Mama sangat menyukai food hunting, seperti wisata kuliner misalnya, ingatlah untuk selalu memilih yang rendah lemak namun kaya protein. Bisa juga dengan mengurangi porsinya. Jangan sampai Mama gagal diet karena kesenangan Mama yang lain tersebut ya.

Jangan tinggalkan kegiatan yang memacu adrenalin karena bisa Mama manfaatkan untuk membakar lemak, asalkan diimbangi dengan asupan makanan yang porsinya pas.


BACA JUGA


Diet Ini Terbukti Menurunkan Risiko Terkena Pikun Dini Lho!

Diet Ini Terbukti Menurunkan Risiko Terkena Pikun Dini Lho!

The toughest part of a diet isn't watching what you eat. It's watching what other people eat

Read more..


Nah, Mama, apakah Mama mempunyai salah satu kepribadian penyebab gagal diet sehat di atas? Kalau iya, hmmm ... sekarang saatnya untuk pelan-pelan mengubah karakter Mama.

Sehat selalu, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diet Sehat Mama Selalu Gagal? Mungkin Karena Mama Mempunyai Kepribadian Penyebab Gagal Diet Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar