Diet Sehat Ala Rocking Mama: 9 Cara Jitu Mengontrol Mengemil pada Malam Hari

Diet Sehat Ala Rocking Mama: 9 Cara Jitu Mengontrol Mengemil pada Malam Hari

5.3K
Mau diet sehat tapi nggak bisa menahan nafsu ngemil pada malam hari? Sama kita, Ma!

Sering di malam hari, kulkas rasanya melambai-lambai untuk didekati. Stoples-stoples isi cookies juga tampak begitu menarik. Apalagi si chunky bar dark cokelat itu. Bukan karena lapar sih, tapi kadang karena merasa lelah, stres, lembur kerja hingga larut, ataupun bosan karena nggak ada kerjaan. Punah sudah semua niat diet sehat kita!

Padahal di malam hari, konon, metabolisme tubuh berjalan lebih lambat karena jam biologis kita mengisyaratkan untuk nggak banyak aktivitas selain beristirahat. Akibatnya, makanan yang masuk jadi kurang dicerna dengan baik, dan inilah yang menyebabkan berat badan kita jadi naik.

Padahal salah satu cara diet sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk soal camilan. Tapi gimana ya? Kayak saya gini, jam malam adalah jam yang sangat tepat untuk bekerja. Dan kerja di rumah, terutama menulis, itu kalau nggak sambil ngemil nggak seru #eh

Padahal kalau siang, bisa dengan sukses melaksanakan diet sehat. Kalau malam, bubar semua!

Well, kalau Mama senasib dengan saya, ada nih beberapa tips jitu diet sehat di malam hari. Terutama sih untuk mengendalikan nafsu ngemil. Mau coba, Ma? Saya juga lagi berusaha keras nih. Siapa tahu, kalau Mama coba, saya jadi punya teman menjalani diet sehat ini. Ha!


9 Cara Diet Sehat dengan Mengendalikan Nafsu Ngemil pada Malam Hari



1. Buat komitmen pada diri sendiri

Tentukan kapan sebaiknya jadwal terakhir Mama makan di malam hari. Sesudah itu, patuhilan jadwal tersebut. Usahakan supaya Mama juga membuat jadwal makan yang teratur, dan jangan sampai telat makan.

Kalaupun terpaksa makan larut malam, batasi apa yang Mama makan. Hindari makanan berlemak, terlalu manis, goreng-gorengan, atau yang mengandung karbo tinggi. Perbanyak serat untuk melancarkan pencernaan.

Pada saat makan, jangan sambil nonton TV, Ma. Juga jangan sambil membaca atau buka internet. Makan sambil melakukan kegiatan lain akan membuat Mama nggak fokus pada makanan, hingga ujung-ujungnya jadi makan berlebihan.


2. Konsumsi makanan sehat

Ketika sarapan, makan siang, dan makan malam, pastikan apa yang Mama konsumsi sudah mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan samakan diri Mama dengan orang-orang lain, karena tiap orang beda kebutuhannya.

Makanlah 3 kali sehari, disertai 2 kali kudapan untuk diet sehat di siang dan sore hari. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, tubuh akan lebih fit dan siap menjalani aktivitas sehari-hari.

Harapannya sih, nggak ada lagi keinginan ngemil yang muncul tiba-tiba.



3. Minum teh herbal hangat

Yes, kalau tiba-tiba keinginan ngemil muncul pada malam hari, minumlah teh herbal hangat terlebih dahulu. Karena keinginan ngemil biasanya dipicu oleh faktor emosi, sehingga minum teh herbal seharusnya dapat menolong Mama sebelum tangan meraih camilan.

Teh herbal biasanya bisa menenangkan emosi dan pikiran kita, Ma. Kalau nggak ada teh herbal, Mama gantilah dengan air putih.

Seringkali pula tubuh salah member sinyal “haus” sebagai “lapar”. Jadi cobalah minum segelas air putih, lalu tunggu sebentar. Jika keinginan ngemil lantas hilang, berarti Mama sebenarnya cuma haus, bukan lapar.


4. Menyikat gigi dan lidah

Lakukan ini secara teratur, Ma, termasuk di malam hari. Pasta gigi akan memberikan sensasi segar yang menyenangkan di mulut lho.

Kalau muncul keinginan untuk mengunyah sesuatu, Mama pasti akan berpikir dua kali. Sayang kan, kalau gigi yang sudah bersih jadi kotor lagi. Kan mesti ke kamar mandi lagi, membasahi sikat gigi lagi, oles-oles pasta gigi, kumur-kumur, dan menyikat lagi. Repot kan?

Nah, jadi mending nggak usah ngemil kan? Ini cara diet sehat yang paling alami deh kayaknya. Hahaha.



5. Kunyah secara perlahan

Saatnya makan, sebaiknya kunyahlah makanan Mama secara perlahan. Dengan cara ini, makanan bisa dicerna dengan baik, dan otak akan mengirim sinyal ke perut yang menandakan bahwa Mama sudah kenyang.

Hasrat untuk ngemil pun tereliminasi.


6. Alihkan pikiran

Coba alihkan perhatian Mama pada hal lain selain camilan. Misalnya, membaca buku, bermeditasi, berolahraga, menelepon teman, atau browsing artikel-artikel bermanfaat seperti di Rocking Mama. Eheum.

Sibukkan diri Mama dengan aktivitas yang seru, hingga melupakan camilan dan makanan.



7. Tidur lebih awal

Ya, kalau takut ngemil di malam hari, berarti jangan sampai terjaga terlalu malam ya. Tidur bermanfaat agar tubuh bisa istirahat, begitu juga dengan pikiran. Kalau emosi sedang nggak stabil, obat paling mujarab adalah tidur, Ma, bukan makan. Setuju, yes?

Saat Mama bangun nanti, Mama pasti akan merasa jauh lebih segar dan lebih bersemangat menjalani aktivitas tanpa ngidam makanan apa pun.

*kemudian menatap nanar pada deadline tulisan*


8. Jauhkan camilan

Umpetin, Ma, camilannya! Simpan camilan-camilan Mama dalam lemari yang bukan terbuat dari kaca, biar nggak gampang terlihat.

Kalau ternyata cara ini membuat Mama tetap pengin ngemil, maka kurangilah jumlah camilan yang Mama beli. Ganti saja dengan buah-buahan, roti gandum, atau makanan lain yang berserat tinggi. Ya kan, diet sehat bukan berarti nggak boleh ngemil sama sekali, tapi lebih baik mengganti camilan kurang sehat dengan camilan yang baik bagi tubuh.



9. Pamerkan bungkus camilan

Yes, Mama, “permalukanlah” diri Mama sendiri dengan memamerkan bungkus camilan yang sudah dimakan. Taruhlah di atas piring, di atas meja, atau di mana pun yang dengan mudah terlihat.

Mama jadi bisa mengetahui kan, seberapa banyak camilan yang sudah dihabiskan sehari itu? Seberapa parahnya Mama kalau sudah ngemil? Ini juga akan selalu mengingatkan Mama akan diet sehat yang sudah Mama niatkan.


Yah, ngemil di malam hari memang berbahaya, Ma! Makanya, kalau memang nggak bisa mengendalikan diri supaya nggak ngemil, coba deh, sekarang kita lihat lagi menu camilan Mama.

Kalau camilan-camilan berikut ini belum ada dalam menu tersebut, coba deh, besok dimasukkan.


4 menu camilan malam hari untuk diet sehat


1. Salad


Ini sangat baik untuk Mama yang sedang diet sehat, karena salad membantu melancarkan pencernaan dan tidak mengandung banyak kalori.

Kalau menginginkan protein, Mama bisa menambahkan potongan daging ayam rebus dalam salad Mama. Minyak zaitun juga bisa diikutsertakan dalam salad ini.

Di samping rendah lemak, minyak zaitun punya kelebihan lain lho, yaitu bisa ikut membantu memelihara kecantikan kulit Mama. Hindari mencampur salad dengan saus-saus yang berkadar lemak tinggi seperti mayonnaise ya, Ma.


2. Sereal


Bikin semangkuk sereal memang mudah, tapi Mama juga harus hati-hati dalam memilih serealnya. Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum utuh. Gandum utuh akan dicerna tubuh secara perlahan, sehingga rasa kenyang dalam tubuh akan bertahan lebih lama.

Hindari sereal dengan kandungan gula yang tinggi karena hanya akan membuat Mama segera merasa lapar lagi. Gunakan susu rendah lemak dalam sereal Mama tersebut, untuk menjaga jumlah total kalori agar tetap rendah.


3. Sup


Sup adalah makanan yang ideal untuk dimakan di malam hari, Ma. Makanan ini mudah dibuat karena hanya merebus dan memanaskan saja.

Ada banyak jenis sup yang kita kenal, tapi sup yang baik untuk menjadi menu camilan diet sehat adalah sup bening yang di dalamnya terdapat sayur mayur.

Ini bukan berarti sup krim nggak boleh dimakan juga sih. Sup ini tetap nikmat banget, tapi memiliki kalori yang lebih tinggi ketimbang sup bening. Nah, untuk mengatasi masalah kalori ini, sebelum makan sup, Mama minum dulu deh 2 gelas air putih sebelum makan.


4. Sandwich


Hanya dengan roti (pilihlah juga yang dari gandum) lalu ditambah keju, daging dan sayuran, Mama sudah mendapatkan menu camilan diet sehat yang mengenyangkan.


Nah, gimana, Ma? Semoga dengan cara mengendalikan ngemil di malam hari di atas, Mama tetap sukses dengan diet sehat Mama ya!

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diet Sehat Ala Rocking Mama: 9 Cara Jitu Mengontrol Mengemil pada Malam Hari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar