Mama Merasa Kurang Percaya Diri Karena Selulit dan Stretch Mark? Coba Atasi Dengan 3 Langkah Ampuh Ini!

Mama Merasa Kurang Percaya Diri Karena Selulit dan Stretch Mark? Coba Atasi Dengan 3 Langkah Ampuh Ini!

1.6K
Take care of your body. It's the only place you have to live in.

Satu hal yang paling nggak disukai pasca melahirkan adalah munculnya strecth mark dan selulit di beberapa bagian tubuh. Sungguh mengganggu! Bener nggak, Ma?

Ternyata nih, Ma, selulit dan stretch mark biasanya terjadi pada 3 kondisi ini :

  1. Berat badan yang naik-turun
  2. Pasca melahirkan
  3. Kurangnya olahraga

Pada umumnya selulit dan stretch mark muncul di beberapa bagian tubuh seperti di area paha, bokong dan perut. Tentunya hal ini mengusik rasa percaya diri kan, Ma? Apalagi bagi Mama yang suka memakai celana pendek atau tank top.

Eits, tapi ini nggak berarti Mama yang memakai jilbab tetap pede lho, karena selulit dan stretch mark-nya nggak kelihatan. Tetep lho, si selulit dan stretch mark yang ada tuh membuat rasa percaya diri merosot juga! Coba deh bayangin, saat berduaan dengan Papa dan tangannya mengelus perut, rasanya aduhhh ... gimana gitu kan, Ma, perut udah nggak mulus lagi karena stretch mark. Mau pakai lingerie seksi pun kadang udah nggak percaya diri lagi. Biasanya permainan ranjang dengan lampu, sekarang maunya lampunya dimatiin saja biar Papa nggak lihat garis-garis putih di beberapa bagian tubuh.

Masalah selulit dan stretch mark ini benar-benar memengaruhi percaya diri, ya, Ma! *hiks

Sebentar, sudah pada tahu kan apa itu selulit dan stretch mark?

Pada umumnya banyak Mama yang salah kaprah dengan menyamakan selulit itu sama dengan stretch mark. Padahal kedua masalah kulit ini berbeda lho, Ma! Memang sih, tanda yang muncul di tubuh agak sedikit sama tapi sejatinya sangat berbeda.



Selulit bukan suatu penyakit yang harus disembuhkan, tapi merupakan lemak yang gagal dibuang oleh tubuh dan terjebak dalam rongga kulit, yang kemudian terdorong ke permukaan kulit dan mengakibatkan kulit terlihat bergelombang seperti kulit jeruk.



Stretch mark terjadi akibat peregangan yang berlebihan pada lapisan dermis sehingga kulit kehilangan elastisitasnya.

See? Berbeda, bukan? Yang satunya disebabkan karena lemak, sedangkan yang satunya lebih ke elastisitas kulit.


Baca juga: Ini Lho, Ma, 6 Resep Masker Organik dari Selebritis Dunia Untuk Kecantikan Kulit Mama


Atasi Selulit Dengan 3 Langkah Mudah Ini, Ma!


Tahu nggak Ma, untuk selulit ini ternyata banyaknya yang ada dalam tubuh bergantung pada kadar lemak dalam tubuh dan tebalnya permukaan kulit. Ada selulit yang samar-samar terlihat, namun biasanya akan tampak lebih jelas terlihat di area paha, perut, bokong karena area-area ini yang paling jarang bergerak.

Selulit lebih senang bersarang di tubuh perempuan karena permukaan kulit kita lebih tipis, dan memiliki hormon estrogen sebagai pemicu.

Dalam kurun waktu 8 minggu selulit bisa tersamarkan dengan 3 langkah berikut ini.


1. Rajin berolahraga


Olahraga konsisten 3 kali seminggu selama 40 menit adalah cara paling efektif. Pilih tipe latihan yang banyak menggerakkan area bokong, perut dan paha agar lemak yang menggumpal cepat terbakar.

Coba deh, Ma, olahraga seperti bersepeda dan lari pagi. Nggak mahal kan, bisa dilakukan di pagi hari ataupun sore. Nggak usah repotlah ke lapangan, cukup di sekitar rumah saja. Olahraga murah meriah ini pun bisa Mama lakukan bareng keluarga.


2. Makan Buah-Buahan Tropis

Memang ya, di mana-mana anjuran makan buah itu selalu ada, apalagi untuk memerangi selulit. Buah-buahan tropis merupakan makanan yang banyak mengandung antioksidan, kaya vitamin dan tinggi kadar serat. Contoh buah tropis seperti, rambutan, salak, durian, manggis, pisang.

Satu lagi yang perlu digarisbawahi nih Ma, HINDARI minum minuman pemicu timbulnya selulit, seperti kopi, teh, alkohol dan rokok! *uhuks* rasanya mengurangi kopi atau teh itu nggg ... rada berat juga ya, Ma? Apalagi yang coffee lover, sehari tanpa kopi rasanya hampa hidup ini *halah*. Salah satu yang bisa dilakukan, kurangi saja intensitas minumnya. Yah, walaupun agak sulit, tapi nggak ada salahnya dicoba. Slow but sure, yes?


Baca juga : Ini dia mitos dan fakta tentang yogurt. Kenali for healthier life, yuk!


3. Sikat Kulit

Dalam keadaan kering, sikat permukaan kulit dengan sikat khusus (biasanya seperti alat pijat yang digenggam) dua kali sehari. Hal ini sama seperti memberi ‘olahraga’ pada kulit dengan memberikan stimulasi tumbuhnya kolagen baru untuk menguatkan jaringan kulit. Aliran darah juga akan lebih lancar sehingga permukaan kulit akan tampak lebih sehat.


Stretch Mark Seperti Hantu Yang Menakutkan Bagi Ibu Hamil

Biasanya stretch mark sendiri terjadi akibat kehamilan, berat badan yang berubah dari kurus ke gemuk, dan penggunaan steroid untuk pembentukan tubuh.

Pencegahan adalah cara yang lebih tepat untuk menangani stretch mark. Bila Mama sedang mengandung atau merasa berat badan akan bertambah drastis, perhatikan area buah dada, paha, pinggang dan bokong karena area ini yang paling mudah meregang secara cepat.

Warna guratan kemerahan adalah tanda awal akan terjadi stretch mark. Walaupun, nggak mungkin hilang total, kondisi stretch mark bisa kok diperingan, sehingga guratan-guratannya bisa tersamarkan.


Baca juga: Ingin Kulit Kembali Kencang Usai Persalinan, Ma? Ini Kiat Praktisnya!


3 Langkah Ini Bisa Mama Lakukan Untuk Mencegah Stretch Mark


1. Konsumsi Multivitamin

Kira-kira 1.000 mg vitamin C sehari adalah asupan tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi kalsium untuk menyerang lemak, agar berat badan nggak cepat bertambah, dan vitamin E yang jadi vitamin utama, yang berkhasiat menjaga dan menyehatkan kondisi kulit Mama.


2. Oleskan Krim Anti-Stretch Mark

Krim ini merupakan pengobatan topikal (dioleskan pada permukaan kulit) dan lebih bersifat mencegah dibandingkan menghilangkan secara sempurna. Pilih krim yang mengandung vitamin A untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru dengan tujuan menambal cekungan dari dalam kulit.

Pilih juga krim dengan kandungan kafein yang dapat diserap ke dalam kulit untuk melarutkan sel-sel lemak. Oleskan sehabis mandi, dengan dibarengi pijatan ringan untuk menyempurnakan penyerapan krim pada jaringan kulit.

Khusus untuk Mama yang lagi hamil, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter mengenai krim yang digunakan ini ya, agar benar-benar aman bagi janin.


3. Body Wrapping

Terapi ini mudah dilakukan di rumah, yaitu memecah lemak melalui aliran panas dengan membalut tubuh dengan handuk hangat atau kertas aluminium. Oleskan masker tubuh khusus yang berkhasiat menjaga elastisitas permukaan kulit, lalu bungkus dengan handuk hangat selama 30 menit.

Mama dapat juga membuat masker sendiri lho! Caranya? Dengan mengoleskan bubuk kopi atau sari jeruk lemon di bagian tubuh. Lakukan secara rutin selama 6 minggu, Ma! Hasilnya, guratan-guratan akan mulai lebih tersamarkan dan kulit terasa lebih kencang.


Baca juga : Ini dia 7 perawatan kecantikan ekstrim dari seluruh dunia, mau coba?


Kencangkan Kulit Sejak Dini, Ma!


Makin berumur, tubuh kita akan makin lambat memproduksi kolagen, sehingga pada bagian tubuh tertentu, kulit mulai terlihat mengendur. *huuuffttt* Masalah banget kan, Ma, bagi kita. *hiks*

Barangkali selama ini banyak Mama yang nggak terlalu peduli dengan perawatan atau pencegahan selulit dan stretch mark. Kesibukan mengurus anak, rumah, pekerjaan kantor bikin Mama agak mengabaikan kedua masalah kulit ini. Sehabis melahirkan pun biasanya krimnya habis, ya udah nggak dilanjutin lagi. Untuk itu, Mama harus bisa mengubah pola pikir yang selama ini nggak peduli dengan kesehatan kulit agar lebih peduli lagi. Kulit yang sehat dan kencang pun efeknya Mama yang merasakan.


Baca juga: Pengin Kulit yang Mulus? Coba Rawat dengan Kunyit deh, Ma!


Percaya deh Ma, masalah selulit dan stretch mark bisa teratasi jika Mama disiplin melakukan langkah-langkah di atas. Plus Mama harus ingat, bahwa dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat harus jadi menu utama gaya hidup Mama.

Yuk, Ma jaga kesehatan kulit sejak dini!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mama Merasa Kurang Percaya Diri Karena Selulit dan Stretch Mark? Coba Atasi Dengan 3 Langkah Ampuh Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar