Belajar Make Up ke 7 Tempat Ini Bikin Mama Mahir Berdandan Ala Beauty Blogger!

Belajar Make Up ke 7 Tempat Ini Bikin Mama Mahir Berdandan Ala Beauty Blogger!

2.5K
Belajar make up itu penting buat perempuan, supaya bisa dandan sendiri dan nggak usah terlalu sering ke salon. Ada banyak tempat untuk belajar make up, apalagi sekarang zaman digital. Yang penting, niat!

Semakin banyak saja yang bertanya pada saya, gimana caranya sih bisa dandan oke? Atau gimana caranya belajar make up untuk pemula?

Well, sebenarnya saya sendiri juga nggak jago-jago banget make up, meskipun setiap kali ketemu orang saya dituduh beauty blogger. Boleh percaya boleh tidak, saya sekadar penikmat make up. Saya suka mengaplikasikan dan bereksperimen dengan semua peralatan make up yang saya punya. Intinya, saya mensyukuri wajah pemberian Tuhan ini, sehingga saya harus merawat dan menjaganya sejauh saya bisa.

Saya dulu mengenakan make up juga sekenanya saja. Seiring waktu, saya makin tahu kegunaan dan macam-macam peralatan make up, makin paham juga memilih peralatan make up yang sesuai dengan kulit, dan makin kenal juga dengan beberapa merek make up. Dicoba satu per satu, kemudian saya catat di blog sebagai review. Tanpa bayaran, karena semua saya niatkan sebagai proses saya belajar make up.

Lama kelamaan saya jadi jatuh hati beneran sama yang namanya make up. Meski sampai sekarang saya masih proses belajar make up juga. Pokoknya belajar dan terus belajar sampai akhir hayat!

Apalagi sekarang, Ma. Di zaman serba digital seperti ini justru makin mudah saja kalau kita mau belajar make up. Mau tahu ke mana saja atau pada siapa saya belajar make up? Sini, Ma, saya bisikin.


7 tempat atau cara saya belajar make up


1. Buku tutorial


Iyes, hampir semua pengetahuan dan proses belajar make up saya dapatkan dari buku tutorial, Ma.

Saya membeli banyak buku tutorial belajar make up di toko buku, kemudian saya pelajari pelan-pelan. Saya belajar teknik memulasnya, bagaimana memilih warna make up yang pas dengan kulit, hingga belinya di mana.

Selain melalui buku, saya juga belajar make up dari majalah. Sekarang kan banyak sekali majalah-majalah perempuan beredar ya. Hampir di setiap majalah selalu ada tutorial belajar make up, atau setidaknya tips dan trik mengaplikasikan make up. Semuanya saya baca, dan saya langsung praktikkan.

Kadang kalau lagi nggak pengin beli, saya juga betah nongkrongin buku dan majalah tersebut di toko buku sampai 2 jam. Saya baca-baca saja sebanyak-banyaknya. Baca sekilas saja biasanya sudah mengerti dan paham, kan nggak perlu dihafal luar kepala kayak kalau kita mau ujian kuliah kan? Hahaha.


2. Beauty assistant


Saat weekend, dan saya sedang ada waktu senggang lalu jalan-jalan ke mal, saya sering lho, Ma, mendatangi beberapa counter make up. Saya datang dengan bare face, tanpa make up sama sekali. Saya memilih-milih peralatan make up yang ada di sana, sembari tanya-tanya pada Mbak Beauty Assistant yang jagain counter. Pura-puranya, saya nggak bisa dan pengin belajar make up (padahal ya emang beneran saya mau mencuri ilmu dan tips dari mereka. Hahaha!)

Tanpa saya rayu-rayu juga, si Mbak Beauty Assistant dengan senang hati nerangin, gimana caranya mengaplikasikan peralatan make up yang saya pilih itu. Asyik! Dapat ilmu banyak. Syukur-syukur di-make over juga. Hahaha.


3. Instagram


Instagram merupakan tempat yang tepat untuk belajar apa pun belakangan ini, termasuk belajar make up.

Banyak banget tutorial belajar make up di Instagram yang bisa kita pelajari. Beberapa akun Instagram yang jadi favorit saya adalah @Indobeautyvlogger, @Indobeautygram, @minyo33, dan beberapa akun official dari brand make up ternama. Follow saja mereka, Ma, maka akan banyak tutorial plus tips dan trik make up langsung ke feed Instagram Mama.

Jangan lupa follow juga akun-akun Instagram beauty blogger yang keren-keren ya, Ma!


4. Youtube


Image via Jenny From The Block Makeup Tutorial Youtube

Seperti halnya Instagram, Youtube memang gudangnya belajar mengenai apa pun! Semua hal bisa dipelajari di Youtube.

Untuk belajar make up, saya juga mengandalkan Youtube banget. Hobi banget deh saya, kalau sudah download video tutorial make up, kalau nggak tips, trik dan resep masakan dari Youtube.


5. Workshop Make Up


Image via Say Tioco

Ada banyak brand make up yang sering mengadakan beauty class atau beauty workshop, Ma. Saya sendiri nggak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk hadir lho.

Dari mana saya tahu kalau mereka lagi ngadain beauty class atau workshop gitu? Kepoin akun media sosial mereka! Harga HTM-nya mahal? Ya jelaslah, Ma, mahal. Belajar make up itu nggak gampang lho! Peralatan make up-nya sendiri juga nggak murah kan? Saya sih prinsipnya, saya punya kesempatan belajar memang hanya sekali, tapi ilmunya merupakan investasi yang bisa saya gunakan sepanjang hidup saya.

Jadi, mahal itu relatif. Pikirkan benefit yang bisa kita dapatkan!


6. Komunitas Kecantikan


Sekarang ada banyak sekali komunitas kecantikan atau beauty community, baik offline maupun online, yang bisa menjadi tempat Mama belajar dan berkumpul bersama perempuan-perempuan dengan minat yang sama. Mama bisa join ke komunitas penggiat dan penggila make up ini.

Jangan pernah malu untuk mulai belajar dan mencuri tips dari yang lebih senior ya, Ma!


7. Meja rias di rumah


Yes, tempat pertama dan paling utama saya belajar make up adalah meja rias saya di rumah.

Sudah punya teori, sudah punya peralatannya, saatnya praktik! Trial and error, itu biasa. Nggak perlu takut gagal, Ma. Kalau salah kan tinggal hapus saja kan? Salah beli make up? Ya, sudah, simpan dulu. Siapa tahu nanti ada tetangga atau teman yang butuh, bisa diberikan. Atau mau jual lagi, sekarang pun sudah mulai banyak yang suka membeli preloved cosmetic. Asal penggunaannya benar, kosmetik yang sudah dipakai juga bisa dijual lagi kok. Misal, lipstik baru sekali pakai dengan kuas, biasanya masih banyak yang mau beli.

Dulu saya juga suka sayang dan gampang takut salah. Takut sudah beli, nggak cocok warnanya. Atau, takut tampak aneh saat dicoba. Sayang juga kalau mau dibuang, dan seterusnya. Namun makin ke sini, saya punya mindset baru; dengan mencoba maka saya belajar.


Kalau kita bisa make up sendiri, pastinya kita nggak perlu lagi terlalu sering ke salon kalau lagi dibutuhkan kan, Ma. Kan sering misalnya kita diundang menemani Papa untuk acara kantor yang formal, atau menghadiri undangan resepsi pernikahan kolega atau teman. Lebih ngirit lho!

Dengan make up sendiri, kita juga bisa tahu kelebihan dan kekurangan wajah kita. Kita jadi lebih bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan kasih.

Trust me, Mama, belajar make up itu menyenangkan!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar Make Up ke 7 Tempat Ini Bikin Mama Mahir Berdandan Ala Beauty Blogger!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Caroline Adenan | @carolineadenan397

Silahkan login untuk memberi komentar