Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Bukan Isapan Jempol Belaka! Hati-hati dan Waspada, Ma!

Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Bukan Isapan Jempol Belaka! Hati-hati dan Waspada, Ma!

1.5K
Bahaya merkuri pada kosmetik bukanlah isapan jempol belaka. Pastikan kosmetik yang Mama pakai aman dan terdaftar ya. Gunakan merek kosmetik yang benar-benar sudah terpercaya.

Hai Mama, apakah Mama termasuk dari sekian banyak perempuan yang mempergunakan kosmetik untuk mempercantik diri? Sudah waspadakah Mama akan kosmetik berbahaya yang beritanya sering wira-wiri di hadapan kita? Yes, mengenai bahaya merkuri pada kosmetik.

Belum? Kalau begitu, kali ini saya ingin berbagi mengenai betapa bahaya merkuri pada kosmetik ini perlu diwaspadai.

Siapa sih yang nggak ingin cantik?

Semua mama pasti mau ya. Termasuk saya juga nih. Kebutuhan merawat kulit wajah saat ini sudah merupakan keharusan. Karena banyak faktor yang bisa merusak kulit wajah seperti debu, makanan, cuaca, matahari dan lain sebagainya. Karena itu kita perlu merawatnya dengan baik.

Tetapi berhati-hatilah memilih kosmetik. Saat ini banyak beredar kosmetik berbahaya, Ma. Kalau sampai kita salah pilih, maka bukanlah kecantikan yang kita peroleh, namun sebaliknya, bisa terkena penyakit berbahaya dan kulit pun jadi rusak.

Sudah pernah dengar atau baca berita kan, bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menarik 27 merek kosmetik yang dianggap berbahaya tempo hari, karena mengandung bahan dan zat warna berbahaya, Ma? Salah satu bahan berbahaya yang sering terkandung dalam kosmetik adalah merkuri.

Pastinya nggak mau kan, Ma, kulit kita kenapa-kenapa? Makanya perlu banget nih ya, mengenali kosmetik berbahaya itu yang bagaimana dan apa saja bahaya merkuri pada kosmetik itu.

Yuk, coba kita lihat.


Apa itu merkuri?



Merkuri, atau yang biasa juga disebut sebagai air raksa (Hg), merupakan zat yang tergolong logam berat dengan nomor atom 80, dengan berat atom 200,6.

Merkuri ini merupakan unsur yang sangat jarang terdapat dalam kerak bumi, Ma. Dia relatif terkonsentrasi pada beberapa daerah vulkanik dan endapan-endapan mineral biji dari logam-logam berat.

Merkuri biasanya digunakan pada amalgam gigi, sebagai bahan untuk fungisida, termasuk untuk proses penambangan emas. Nah, kegiatan penambangan inilah yang menjadi penyebab tingginya kandungan merkuri dalam air tanah dan air permukaan terjadi, Ma. Sebenarnya sih, elemen air raksa ini relatif nggak berbahaya kecuali kalau menguap dan sampai terhirup secara langsung oleh paru-paru.

Bersumber dari berbagai survei mengenai efek bahaya dari merkuri, zat ini bersifat racun bagi semua bentuk kehidupan. Ditambah lagi, merkuri lambat untuk bisa dikeluarkan dari tubuh manusia. Methyl mercury (sebutan bentuk racun dari merkuri yang sudah berada dalam tubuh manusia) mempunyai efek racun 50 kali lebih kuat ketimbang merkuri anorganik.

Duh! Lalu kalau racun dengan efek sebesar itu tiba-tiba ada dalam tubuh kita gimana dong? Kebayang nggak, Ma, bagaimana bahaya merkuri pada kosmetik yang kita pakai sehari-hari?


Bahaya merkuri pada kosmetik


FYI, Ma, merkuri biasanya terdapat dalam krim pemutih wajah, yang bisa saja nggak tercantum pada labelnya, dan dapat menimbulkan keracunan dalam penggunaan yang terus menerus dan dalam waktu lama.

Bahaya merkuri pada kosmetik serta bentuk keracunannya seperti apa? Ini dia, Ma, beberapa di antaranya:

  1. Memperlambat pertumbuhan janin, bagi Mama yang sedang hamil.
  2. Dapat mengakibatkan keguguran, kematian janin, dan kemandulan.
  3. Kandungan merkuri dalam kosmetik memang bisa membuat flek hitam pada kulit seakan pudar, Ma. Inilah yang membuat kosmetik berbahan merkuri nampak tokcer banget untuk memutihkan wajah. Tapi, kalau pemakaian kosmetik berbahan merkuri itu dihentikan, flek bakalan timbul kembali dan justru bertambah parah! Inilah yang disebut efek rebound.
  4. Bagi yang wajahnya sudah bersih, dan karena kepengin lebih bersih lagi lalu menggunakan kosmetik berbahan merkuri, hasilnya bukan wajah tambah bersih yang akan didapat, melainkan malah justru timbul flek yang parah.
  5. Dapat memicu kanker kulit.

Ow em ji! *elus-elus pipi* Yang sudah bersih, jadi timbul flek. Yang tadinya ada fleknya, makin parah. Oh no!

Meskipun efek yang ditimbulkan nggak seburuk efek merkuri yang tertelan, seperti misalnya pada ikan yang tercemar, tapi tetap saja, Ma, bakalan buruk sekali untuk tubuh kita.

Kan hanya sekali usap ini, masa sih berbahaya?

Iya, Ma, berbahaya! Merkuri mudah terserap masuk ke dalam kulit, lalu ke darah, dan dengan mudah pula masuk ke sistem syaraf tubuh. Gejalanya akan berupa gemetar, insomnia atau gangguan tidur, pikun, gangguan penglihatan, ataxia (gerakan tangan tak normal), gangguan emosi, depresi dan lain sebagainya.

Merkuri yang beredar bersama darah lantas akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya gagal ginjal yang sangat parah hingga bisa menyebabkan kematian.

Ow em ji!

Makin sadar kan sekarang, betapa bahaya merkuri pada kosmetik terhadap tubuh kita, Ma?


Bagaimana cara mendeteksi kosmetik yang mengandung merkuri?



Produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri umumnya menjanjikan wajah akan tampak putih dalam waktu yang singkat. Konon, satu minggu saja menggunakan produk tersebut, dijamin deh, wajah langsung cling.

Ya, itu dia janji-janji para produsen kosmetik yang menggunakan bahan merkuri dalam produknya. Dan, siapa sih yang nggak akan kepincut mendengar iming-iming serba instan seperti ini, Ma?

Sebelum Mama termakan rayuan iklannya, seharusnya Mama justru menjadi waspada sekarang. Kalau ada produk yang bisa membuat wajah menjadi putih dalam seminggu, maka hampir bisa dipastikan bahwa produk tersebut mengandung merkuri.

"Kosmetik yang aman untuk bisa memutihkan kulit akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memperlihatkan hasil. Bahkan bisa berbulan-bulan," ujar Rosnini Savitri, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat. "Konsumen seharusnya tidak tergiur hanya dengan iming-iming menjadi putih dalam waktu singkat saja," tambahnya.

Ya, Mama, bahaya merkuri pada kosmetik bukanlah isapan jempol belaka. Maka dari itu, waspadalah!

Sebagai alternatif, Mama bisa menggunakan kosmetik-kosmetik yang sudah terbukti lolos BPOM (perhatikan baik-baik labelnya), atau barangkali gunakan saja kosmetik alami seperti yang pernah Rocking Mama ulas juga beberapa waktu yang lalu.


BACA JUGA



Kita harus selalu teliti dan waspada terhadap bahaya merkuri pada kosmetik ini, Ma. Siapa lagi yang akan membuat diri kita aman dan sehat kalau bukan kita sendiri kan? So, pastikan kosmetik yang Mama pakai aman dan terdaftar ya. Gunakan merek kosmetik yang benar-benar sudah terpercaya.

Yuk, Ma, sayangi diri kita dengan menjadi smart dan bijak dalam usaha kita untuk selalu tampil cantik.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bahaya Merkuri Pada Kosmetik Bukan Isapan Jempol Belaka! Hati-hati dan Waspada, Ma!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


DekaAmalia Ridwan | @dekaamalia

Writer, Writing Trainer & Book Publishing Consultant

Silahkan login untuk memberi komentar