Ayo, Rapikan Meja Kerja Supaya Mood Kerja Selalu Baik!

Ayo, Rapikan Meja Kerja Supaya Mood Kerja Selalu Baik!

1.2K
Pleasure in the job puts perfection in the work. ~ Aristotle

Hei, Mama!

Kesibukan di kantor seringkali membuat Mama membiarkan meja menjadi berantakan? Duh, jangan sampai deh, Ma! Mengapa?

Wah, kondisi meja kerja Mama itu bisa sangat menentukan produktivitas Mama lho! Belum lagi mood bekerja Mama.

Tapi nanti kalau rapi, kita jadi nggak kelihatan sibuk dong?

Aih, Mama. Percaya nggak kalau mood dan produktivitas semua itu, ternyata hanya tergantung pada berantakan atau rapinya meja kerja Mama? Nggak percaya?

Coba sekarang yuk, kita rapikan! Dan lihat deh, efek yang terjadi setelahnya.


Baca juga: 7 Perempuan Sukses Ini Berbagi Rutinitas Pagi Mereka untuk Mama



Bingung bagaimana merapikan meja kerja? Nggak tahu harus mulai dari mana, karena saking berantakannya?

Ha! Barangkali cara saya ini bisa dipakai, Ma.

  • Pisahkan beberapa dokumen sesuai jenisnya. Lalu, masukkan masing-masing ke dalam map yang memiliki warna berbeda. Supaya nggak lupa, setiap map juga diberi nama dan urutkan sesuai abjad. Jadi, sewaktu-waktu Mama butuh, Mama nggak kelabakan mencari 'jarum' tersebut di tumpukan 'jerami' file Mama yang lain.
  • Bersihkan meja kerja dari benda yang tidak terpakai. Misalnya, ada bungkus permen yang lupa dibuang, atau secarik tisu setelah merapikan lipstik. Iyuhhh! Walaupun kecil, kalau dibiarkan bisa-bisa membuat Mama mendapatkan predikat sebagai karyawan berantakan dan jorok. Sediakan tempat sampah kecil di kaki meja Mama, kalau perlu deh. Jadi nggak ada alasan malas buang ke tempat sampah yang 'jauh' tempatnya, padahal hanya lima langkah saja dari kursi kubikel Mama.
  • Kalau lagi ada waktu (sebaiknya sih diada-adain waktunya, Ma, karena biasanya kita alasan sibuk saja kalau begini sih), lap meja Mama dengan kain basah, setelah semua map dan file teratur rapi dan sudah ada ruang kosong di meja, agar kotoran yang menempel pun hilang, termasuk bekas-bekas kopi yang berceceran itu.
  • Simpan benda yang jarang digunakan di laci. Kalau nggak ada laci? Sediakan tempat khusus atau container tertutup yang bisa 'menyembunyikan' tetek bengek peralatan kecil yang tadinya bertebaran di atas meka itu. Meletakkan barang yang jarang digunakan di atas meja, hanya akan membuat meja Mama terlihat penuh.
  • Jadikan merapikan meja menjadi sebuah kebiasaan, Ma. Cukup sediakan waktu sebelum Mama pulang kantor sekadar untuk mengecek, apakah dokumen sudah disimpan sesuai dengan tempatnya, atau alat-alat tulis sudah rapi kembali ke tempat stationery. Juga memastikan jangan sampai ada yang ketinggalan.


Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Startup – Let’s Start it Out dengan 3 Jenis Usaha Ini!


Nah, sekarang setelah rapi, coba deh dirasakan. Feeling better? Nggak lagi uring-uringan kan? Nggak lagi ngedumel? Meski ya, sebentar lagi kalau bos datang, Mama sudah harus sibuk dan spanneng lagi gara-gara tugas ditambah. Tapi, minimal, Mama akan memulai hari sibuk Mama dengan suasana hati yang baik kan?


Baca juga: Begini 9 Cara Simpel Agar Mama Semakin Enjoy dan Mencintai Pekerjaan Mama!


Happy being busy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ayo, Rapikan Meja Kerja Supaya Mood Kerja Selalu Baik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar