Andien Aisyah Berbagi Tips Kehamilan yang Sehat di Instagram. Mama Ingin Mengikuti Jejaknya? Perhatikan 7 Tips Ini

Andien Aisyah Berbagi Tips Kehamilan yang Sehat di Instagram. Mama Ingin Mengikuti Jejaknya? Perhatikan 7 Tips Ini

11.7K
Andien Aisyah telah lancar melahirkan anak pertamanya melalui proses waterbirth. Selama masa kehamilannya, Andien telah mempersiapkan segalanya dengan matang. Tak heran, proses melahirkannya lancar. Mama mau coba juga cara Andien?

Awal Januari ini, Andien Aisyah telah melahirkan anak pertama melalui proses waterbirth di rumahnya.

Rocking Mama mengucapkan selamat ya, Andien! Semoga si kecil tumbuh menjadi anak yang selalu mencintai dan dicintai oleh kedua orangtuanya. Amin.


BACA JUGA


Agar Kehamilan Mama Lancar dan Tetap Sehat, Lakukanlah Beberapa Hal Berikut dan Tetaplah Bahagia!

Agar Kehamilan Mama Lancar dan Tetap Sehat, Lakukanlah Beberapa Hal Berikut dan Tetaplah Bahagia!

Hamil dan kemudian mempunyai anak barangkali adalah dambaan bagi hampir semua perempuan yang sudah menikah. Karena pola pikir kita yang ...

Read more..


Dan, menilik perjalanan kehamilan Andien Aisyah di akun instagramnya @AndienAisyah, banyak juga yang bisa kita pelajari untuk menjalani kehamilan yang sehat dan mempersiapkan kelahiran dengan matang lho, Ma.

Mama mau coba? Yuk, kita simak.


Beberapa tips kehamilan yang sehat ala Andien Aisyah yang dapat Mama ikuti


1. Pilih makanan bergizi seimbang


Di masa kehamilan, adalah penting untuk menjaga asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Banyak nutrisi spesifik yang dibutuhkan di masa kehamilan. Misalnya asam folat, zat besi, dan kalsium. Selain untuk memenuhi asupan nutrisi, beberapa bahan juga baik untuk membantu mengatasi keluhan yang muncul saat hamil, misalnya sembelit.

Andien Aisyah mengatasinya dengan mengonsumsi pudding chia seed untuk menu sarapan.

Hmmm ... looks yummy!


2. Konsumsi suplementasi kalsium


Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Orang dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Sementara saat hamil, kebutuhannya meningkat menjadi 1.200mg karena kita berbagi nutrisi dengan sang buah hati. Kekurangan kalsium bisa berisiko osteoporosis karena tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari dalam tulang. Jika tidak bisa tercukupi dengan makanan sehari-hari, kita membutuhkan suplementasi kalsium dari luar.

Andien Aisyah sendiri memilih susu untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Kalau tidak suka susu, Mama bisa mengonsumsi suplemen kalsium dalam bentuk tablet, kaplet, atau tablet effervescent yang tersedia di pasaran.


3. Gunakan aromaterapi


Di trimester pertama, biasanya ibu hamil mengalami keluhan mual-muntah atau yang dikenal dengan morning sickness. Hanya mungkin tingkat keparahannya saja yang bisa berbeda tiap orang.

Mama bisa mengikuti cara Andien Aisyah mengatasi morning sickness dengan menggunakan aromaterapi.


4. Olahraga yang aman untuk ibu hamil


Adalah penting bagi ibu hamil untuk menjaga staminanya. Olahraga yang disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah olahraga low impact, misalnya seperti yoga atau pilates. Karena kondisi setiap orang berbeda-beda, Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan instuktur untuk mengetahui olahraga apa yang tepat untuk Mama.

Selain berkonsultasi dengan ahlinya. Andien Aisyah juga menyarankan untuk meminta izin kepada sang buah hati setiap kali akan melakukan aktivitas.


5. Pentingnya dukungan suami


Hamil itu bukan hanya urusan antara kita dengan sang buah hati, Ma. Jangan lupakan peran Papa di masa kehamilan. Dukungan suami di saat hamil sangat kita butuhkan. Ini bukan soal memenuhi keinginan ngidam, Ma, tapi lebih kepada support saat kita mengalami mual hebat di trimester awal, susah menemukan posisi tidur yang nyaman saat kandungan mulai membesar, serta membantu memijat punggung dan kaki yang pegal.


6. Bepergian yang aman untuk ibu hamil


Siapa bilang ibu hamil tak boleh bepergian?

Trimester kedua adalah masa yang paling aman bagi ibu hamil untuk bepergian keluar kota. Di trimester satu, janin sedang dalam proses menempel ke rahim. Sedangkan di trimester tiga ada potensi Mama bisa melahirkan setiap saat, sehingga sebaiknya menghindari goncangan atau kontraksi sebelum janin cukup umur. Bukan berarti Mama tidak boleh pergi di trimester satu atau tiga. Boleh saja, Ma.

Sejak usia kandungannya baru berusia 3 bulan, Andien Aisyah sudah melakukan babymoon ke Sumba. Lalu di usia kehamilan 6 bulan, Andien dan suami pun pergi berlibur ke Melbourne.

Udara baru dan segar baik untuk ibu hamil! Tapi pastikan Mama memeriksakan kondisi diri dan sang buah hati ke dokter sebelum dan setelah bepergian ya.


7. Rencanakan kelahiran dengan matang


Saat ini ada banyak pilihan cara untuk melahirkan. Mama bisa memilih melahirkan secara normal atau bedah c-section di rumah sakit dengan dibantu bidan atau dokter spesialis kandungan. Atau, Mama bisa meniru cara Andien Aisyah ini.

Andien memilih melahirkan dengan metode waterbirth di rumahnya dengan ditemani oleh suami dan dibantu bidan. Mereka mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail, hingga melakukan gladi resik beberapa hari menjelang kelahiran.

Apa pun metode yang Mama pilih, persiapkan semua dengan baik ya, Ma. Tak hanya persiapan fisik, Mama pun perlu menyiapkan mental agar siap menyambut kelahiran sang buah hati. Jangan lupa berdoa dan memohon pertolongan Tuhan ya, Ma.


BACA JUGA


Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Inilah Kisah Saya, Sang Survivor Depresi Pasca Melahirkan - Saat Menjadi Seorang Mama Jadi Hal yang Begitu Menakutkan

Depresi pasca melahirkan dialami oleh 10 - 15% mama yang baru melahirkan dari 80% yang mengalami baby blues syndrome. Depresi pasca ...

Read more..


Nah, itu tadi 7 tips kehamilan sehat hingga si buah hati lahir dengan lancar terinspirasi dari Andien Aisyah.

Semoga kehamilan Mama sehat dan dimudahkan hingga tiba waktunya melahirkan.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Andien Aisyah Berbagi Tips Kehamilan yang Sehat di Instagram. Mama Ingin Mengikuti Jejaknya? Perhatikan 7 Tips Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fransisca Emi Hartanti | @fransiscaemi

I dont compete with others. I compete with myself to become my self-best

Silahkan login untuk memberi komentar