Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!

3K
Anak sakit batuk? Flu, atau jatuh hingga lututnya luka? Tahan dulu kalau Mama mau segera memberinya obat generik atau pergi ke dokter. Coba obati dulu yuk, dengan obat-obatan alami ini!

Jika ada anak sakit, apakah hal pertama yang terlintas di benak Mama adalah memberikan obat generik yang sudah distok di kotak obat? Atau, langsung membawanya ke dokter?

Memang, 2 hal tersebut cenderung merupakan bentuk penanganan yang biasa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Ya kan, soalnya wajar saja jika Mama khawatir dengan kondisi anak sakit, dan ingin agar ia cepat pulih ke keadaan semula.


BACA JUGA



Namun, sepertinya selain memberikan obat kimiawi dan pergi ke dokter, barangkali Mama juga harus tahu, kalau dengan bahan alami ternyata bisa menjadi penawar anak sakit.

Obat alami? Yes, obat alami, Mama.

Obat alami tentunya lebih aman bagi anak sakit, karena diambil dari bahan-bahan alami dan diracik sedemikian rupa hingga jadi ramuan tepat yang sesuai dengan penyakit anak.

Yes, bahan-bahan alami, yang juga sering dijumpai di dapur ini, memang memiliki manfaat. Tidak hanya sebagai bumbu masak atau penyedap rasa, melainkan juga dapat berfungsi sebagai obat beberapa penyakit. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan melalui antrean panjang di apotek, Mama bisa membuat obat untuk anak sakit dengan bahan-bahan alami ini. Untuk tahu lebih rinci, Rocking Mama akan memaparkan obat alami yang dapat Mama racik sendiri di rumah.


Beberapa obat alami untuk anak sakit yang bisa Mama racik sendiri di rumah


1. Obat batuk

Anak sakiti batuk terus menerus?

Solusinya, campurkan 2 sendok makan kecap dan 1 buah jeruk nipis ke dalam setengah gelas air hangat. Aduk hingga merata dan voila! Ramuan tersebut dapat meredakan batuk pada anak Mama dengan cara diminum setelah makan.


2. Obat sakit gigi

Jika anak sakit gigi, cukup ambil sejumput garam dan merica, campurkan kedua bahan tersebut dengan takaran 1 : 1. Lalu tambahkan beberapa tetes air pada campuran tersebut, aduk hingga membentuk pasta ya, Ma. Oleskan pasta langsung pada gigi anak yang sakit, dan diamkan selama beberapa menit.

Selanjutnya, untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi dan mengurangi bengkak pada gusi, kumurlah dengan air hangat yang dicampur garam dengan takaran 2 : 1.


3. Obat flu

Kali ini jahe yang biasa sebagai bumbu dapur akan Mama manfaatkan sebagai obat flu untuk anak sakit.

Caranya sediakan 2 ruas jahe yang telah dibersihkan sebelumnya, tumbuk, dan masukkan ke dalam segelas air hangat. Tambahkan juga 1 sendok makan madu ya, Ma. Jahe merupakan antivirus alami yang dapat membantu melawan virus penyebab flu, selain itu, jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Si kecil pasti suka minuman ini.


4. Obat luka basah

Selain dapat dikonsumsi sebagai sayur, ternyata daun pepaya juga memiliki khasiat sebagai penyembuh luka.

Jika anak Mama yang baru belajar sepeda roda dua terjatuh di aspal dan lututnya luka hingga berdarah, bersihkan segera dengan air yang mengalir. Setelah itu, cucilah daun pepaya dan haluskan (bisa ditumbuk atau diblender).

Nah, air yang keluar dari daun pepaya langsung Mama oleskan pada luka basah tersebut. Atau, bisa juga ambil daun pepaya beserta airnya dan tempelkan langsung pada luka si kecil, tekan beberapa saat.

Ekstrak daun pepaya dapat membunuh mikroba dengan cepat pada luka basah sehingga luka bisa cepat mengering.


5. Obat sembelit

Timun yang biasa disantap sebagai lalap ini memiliki khasiat lain sebagai obat sembelit loh, Ma.

Caranya, dengan mengonsumsi jus mentimun. Mama hanya perlu mengupas bersih 1 buah mentimun, memeras 1 buah jeruk nipis, lalu blender keduanya. Setelah jadi, tambahkan sedikit es batu. Kandungan serat dan vitamin dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga anak Mama pun terbebas dari sembelit.


BACA JUGA


Anak Nggak Mau Minum Obat? 5 Jurus Jitu dan Mudah Ini Bisa Mama Lakukan Saat Memberi Obat Untuk Balita!

Anak Nggak Mau Minum Obat? 5 Jurus Jitu dan Mudah Ini Bisa Mama Lakukan Saat Memberi Obat Untuk Balita!

Anak nggak mau minum obat pastinya akan membuat Mama lebih khawatir lagi. Tenang, Ma, bujuk anak nggak mau minum obat dengan 5 cara jitu ini ...

Read more..


Itu dia beberapa obat alami untuk anak sakit yang cukup umum dialami. Tidak perlu panik ketika anak mengeluhkan penyakitnya, langsung coba buat ramuan yang telah dijelaskan tadi untuk memulihkan si kecil.

Semoga membantu ya, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Sakit? Coba Obati dengan 5 Obat Alami yang Biasa Dijumpai di Dapur Ini Dulu - Mudah dan Murah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Githa MuthiaAnanda | @githamuthiaananda

Silahkan login untuk memberi komentar