Ini Dia 7 Objek Wisata di Solo yang Paling Populer dan Murah Meriah

Ini Dia 7 Objek Wisata di Solo yang Paling Populer dan Murah Meriah

19.9K
Objek wisata di Solo memang ada banyak, tapi yang 7 ini adalah yang paling populer, murah meriah dan ramah keluarga. Ke Solo yuk, Ma!

Libur telah tiba! Mau ke mana, Mama? Adakah yang berencana untuk melakukan wisata di Solo selama liburan sekolah ini?

Yes, kita nggak perlu ke luar negeri kok untuk liburan keluarga. Di Indonesia masih banyak banget tempat wisata yang eksotis, kaya budaya dan kuliner yang bisa dikunjungi. Salah satu alternatif kota tujuan yang bisa Mama pilih adalah kota Solo.

Kota kelahiran Presiden Jokowi ini punya segudang tempat wisata yang worth it banget untuk dikunjungi. Warisan budayanya yang merupakan jantung kebudayaan Jawa sangat mengakar di kota ini. Kulinernya, jangan ditanya deh, banyak banget yang bisa dicicipi! Belum lagi suvenir khas daerah seperti batik yang WAJIB untuk dibeli. *aarrggghh kekepin dompet*

Maunya sih liburan low budget agar masih punya simpanan di tabungan. Tapi, apa bisa liburan low budget dengan wisata di Solo? Bisa banget, Ma!


BACA JUGA


17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 Objek Wisata di Jogja Paling Populer - dari Wisata Alam Hingga Wisata Kuliner

17 objek wisata di Jogja yang nggak boleh sampai dilewatkan. Kalau belum ke sini, rasanya belum ke Jogja aja gitu

Read more..


7 objek wisata di Solo ini bisa menjadi tujuan liburan keluarga Mama. Nggak hanya wisata budaya tapi ada juga wisata edukasi untuk anak-anak.


1. Air terjun di Grojogan Sewu Tawangmangu


Wisata di Solo - Grojogan Sewu. Image via Merbabu (dot) com

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang cukup terkenal, yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, sebelah barat lereng Gunung Lawu.

Kawasan ini memang terkenal dengan wisata alam, salah satunya wisata yang terkenal adalah Candi Cetho, candi yang berada di atas awan. Tapi, candi ini nggak disarankan untuk dikunjungi oleh Mama yang takut akan ketinggian lho.

Grojogan Sewu Tawangmangu menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Sejuknya udara pegunungan ditambah rimbunnya pepohonan di sekitarnya bisa bikin Mama dan keluarga betah untuk berlama-lama.

Kalau Amerika punya air terjun Niagara, di sini Mama bisa menikmati juga air terjun setinggi 81 meter ini! Nggak kalah cantik dan keren abis, Ma! Jangan lupa selfie keluarga di sini, ya.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, disarankan agar Mama dan keluarga memakai sepatu datar atau sepatu olahraga. Karena untuk mencapainya, Mama perlu menuruni 1.250 anak tangga, dan naik lagi sebanyak 1.250 anak tangga. *pijit betis* Selama perjalanan menuju ke air terjun, Mama akan menemukan banyak monyet-monyet yang berkeliaran.

Harga tiket masuk lokasi wisata di Solo satu ini adalah Rp 18.000. Ih, murce, cyin!

Jika lapar, Mama bisa beristirahat sejenak di shelter yang tersedia dan menikmati sate kelinci atau menu-menu lain yang tersedia di rumah makan.

Nah, bagi Mama dan keluarga yang suka kegiatan memacu adrenalin, flying fox dan arung jeram menjadi pilihan utama di lokasi wisata di Solo ini.


2. Wisata malam di Pasar Ngarsopuro


Wisata di Solo - Pasar Ngarsopuro. Sumber : lefeusp . net

Wisata di Solo rasanya kurang afdal jika belum menyebutkan Pasar Ngarsopuro.

Kawasan yang satu ini sengaja ditata secara artistik dengan lampu-lampu di sepanjang jalan dan tempat duduk bergaya vintage. Kesan nyeni sangat kuat terasa di pasar ini. Mama bisa melihat lukisan-lukisan yang terpajang, lampu jalan yang dibungkus sangkar burung, dan patung-patung yang berjajar sepanjang jalannya.

Perlu Mama catat, pasar malam Ngarsopuro ini hanya bisa dinikmati setiap Sabtu dan Minggu dimulai pukul 19.00 - 21.00 WIB saja.

Di pasar ini, Mama bisa menemukan berbagai macam produk, mulai dari suvenir, kerajinan tangan, batik, hingga kuliner khas Solo. Nggak sulit menemukan pasar ini karena lokasinya di depan Pasar Triwindu dan dekat dengan Pura Mangkunegaran.

Nggak hanya itu loh, Ma. Di pasar ini Mama bisa menjumpai pertunjukan musik dan tarian daerah khas kota Solo. Dijamin asyik, Ma! Wisata malam di Pasar Ngarsopuro ini memang nggak boleh dilewatkan!

Semoga Mama nggak kalap deh belanja suvenir di pasar ini. Harganya murah meriah dan bisa ditawar loh, Ma!


BACA JUGA


Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

Ini Dia Cara Berlibur Sehat Menikmati Alam Bebas Bersama Keluarga a la Rocking Mama Petualang!

“The sun does not shine for a few trees and flowers, but for the wide world’s joy.” –Henry Ward Beecher

Read more..


3. Keraton Kasunanan Surakarta


Wisata di Solo - Keraton Kasunanan Surakarta. Sumber : surakarta . go . id

Konon keraton Kasunanan Surakarta merupakan objek wisata di Solo yang memiliki area paling luas di antara semua keraton yang ada di pulau Jawa.

Mengunjungi keraton ini adalah hal wajib dilakukan keluarga Mama. Terletak di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Keraton Kasunanan menawarkan koleksi-koleksi budaya yang lengkap. Sebelum memasuki area utama Keraton, Mama harus melewati terlebih dahulu lapangan yang luas dan banyak pedagang di pinggir jalan.

Kesan tua terasa ketika kaki menjejak di area Keraton. Bangunannya nggak mengalami perubahan, so old one. Ada beberapa ruangan di area Keraton ini. Di dalamnya, disimpan koleksi-koleksi Keraton seperti, wajan terbesar, kereta kuda, replika Kyai Slamet, permainan para putri Keraton, perlengkapan pernikahan Keraton, silsilah keluarga Keraton dan masih banyak lainnya.

Yah, Keraton Surakarta ini memang nggak semegah Keraton Yogyakarta sih. Tapi, tetap saja bangunan Keraton bisa menghadirkan kesan tersendiri saat mengunjunginya.

Memasuki Keraton, Mama harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-. Jam operasional objek wisata di Solo yang satu ini cukup singkat, Ma, yaitu mulai pukul 10.00—14.00 WIB, karena seperti pada umumnya keraton, keluarga Keraton masih menempati tempat ini. Jadi dengan alasan kenyamanan, jam operasionalnya sedikit singkat.

Oh iya, ketika memasuki Keraton akan banyak guide yang siap memandu keluarga Mama. Jika ingin lebih mengenal jauh tentang Keraton, Mama bisa menggunakan jasa mereka. Fee untuk guide biasanya Rp. 20.000,-, dilebihkan pun bisa.

Sebelum keluar area Keraton, jangan lupa untuk mampir mengunjungi Kyai Slamet juga, Ma, sang sapi bule yang sangat disakralkan warga Solo.



4. Taman Satwa Taru Jurug


Wisata di Solo - Taman Satwa Taru Jurug. Sumber : joglosemar . com

Nggak hanya Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta yang memiliki kebun binatang, Ma. Solo juga punya!

Objek wisata di Solo satu ini berada di tepi sungai Bengawan Solo. Keindahan taman yang dimiliki tempat ini merupakan daya pikat tersendiri bagi para pengunjung lho.

Di kebun binatang ini, anak-anak bisa melihat dengan dekat berbagai koleksi satwa liar, seperti gajah, monyet, ular, menjangan, burung-burung eksotis, beruang madu, harimau sumatra, macan tutul, dan masih banyak lagi hewan lainnya.

Di lokasi Taman Satwa Taru Jurug ini juga terdapat taman bermain anak-anak dan Taman Gesang yang memang dibuat untuk mengenang pencipta lagu Bengawan Solo.

Asyik kan, Ma? Setelah capek jalan, bisa leyeh-leyeh di taman sambil menikmati makanan dan sejuknya udara.

Harga tiket masuknya hanya Rp 6.000 pada hari biasa dan Rp 7.000 pada akhir pekan. Murah, bukan?


5. Situs Purbakala Sangiran


Wisata di Solo - Situs Purbakala Sangiran. Sumber : indonesiatravel . com

Situs purbakala Sangiran ini pas banget untuk dikunjungi anak-anak. Ini adalah wisata edukasi.

Perlu Mama tahu, objek wisata di Solo satu ini merupakan situs purbakala yang terlengkap di Asia dengan luas area 56 km, dan berada di kaki Gunung Lawu atau sekitar 15 km di sebelah utara lembah Sungai Bengawan Solo.

Nah, di kawasan situs ini terdapat Museum Purbakala Sangiran.

Museum Purbakala Sangiran bertempat di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Mengunjungi museum ini, Mama bakal merasa seperti berada di peradaban masa lalu di Jawa.

Museum ini bukan setiap Selasa - Minggu mulai pukul 09.00 - 16.30 WIB. Museum Purbakala Sangiran menyajikan berbagai koleksi purbakala, seperti fosil manusia purba, batuan, fosil binatang laut dan air tawar, fosil binatang bertulang belakang dan artefak batu.

Gimana, Ma, pas banget kan dikunjungi oleh anak-anak? Setidaknya apa yang mereka pelajari di sekolah bisa disaksikan langsung buktinya di museum ini.

Selain itu, terdapat juga ruang audio visual yang menampilkan tayangan mengenai fosil peninggalan masa prasejarah di Sangiran. Nggak rugi deh mengunjungi museum ini, wawasan Mama dan keluarga pasti bertambah! Untuk memasuki museum, Mama hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- saja.


BACA JUGA


Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

Yuk, Ajak Anak-anak Langsung Belajar di Lokasi dengan Mengunjungi Empat Cagar Budaya di Jawa Tengah Ini!

A people without the knowledge of their past, origin and culture is like a tree without roots. ~ Irish Proverb

Read more..


6. Pura Mangkunegaran


Wisata di Solo - Pura Mangkunegaran. Sumber : surakarta . go . id

Pura Mangkunegaran dibangun oleh Raden Saleh, atau yang dikenal dengan Pangeran Sambar Nyawa pada tahun 1757. Terletak di pusat kota dan berada di dalam kawasan Keprabon, dikelilingi oleh Jalan Ranggowarsito, Jalan Kartini, Jalan Raden Mas Said, dan Jalan Teuku Umar.

Memasuki lokasi objek wisata di Solo satu ini, Mama pasti bakal merasakan perbedaan dengan Keraton Surakarta. Pura Mangkunegaran lebih mewah dan elegan. Gimana nggak elegan, bangunannya saja dari kayu jati asli dan beberapa interior ruangan didatangkan langsung dari Eropa.

Pokoknya kesan Eropa terasa banget di Pura Mangkunegaran ini. Modelnya memang mirip Keraton yang memiliki pendopo, pringgitan, pamedan dan kaputren. FYI ya, Ma, bangunan Pura masih sangat terjaga hingga kini. Sempat beberapa kali mengalami renovasi, namun tanpa mengubah bentuk dasar bangunan.

Untuk masuk ke Pura cukup bayar tiket sebesar Rp. 18.000,-. Ketika kaki menjejak area Pura, Mama dan keluarga akan disambut pendopo yang super besar, apik, dan adem. Memasuki Pura Sri Paduka, Mama akan disambut aura mistis. Aura ini barangkali datangnya dari lukisan permaisuri yang berjejer di dinding, salah satunya berbentuk 3D. Terasa, ke mana pun Mama melangkah, lukisan itu seperti mengikuti *hiiy*. Merinding.

Memasuki ruangan di dalamnya, Mama nggak akan diizinkan memotret karena ruangan besar itu dikramati. Dan sebelum memasuki ruangan itu, alas kaki harus dilepas, Ma. Di ruangan besar tersebut ada beberapa barang peninggalan Raden Saleh, ada juga tahta Dewi Sri.

Keluar dari Pura Sri Paduka, Mama akan memasuki Bangsal Pracimayasa, sebuah ruang bersudut delapan yang digunakan untuk menjamu tamu. Selain di bangsal itu pengunjung juga akan diperbolehkan melihat ruang makan, ruang rias (Keputren) serta kamar mandi.

Pura Mangkunegaran memiliki agenda budaya yang rutin digelar. Salah satunya, adalah pagelaran seni yang menampilkan tarian khas Solo seperti tarian Bedoyo. Wah, ini nggak boleh dilewatkan, Ma!

Jam operasional Pura Mangkunegaran adalah Senin - Minggu mulai pukul 8.30 - 14.00 WIB.


7. Keliling kota Solo dengan bus bertingkat Werkudara


Wisata di Solo - Berkeliling dengan Wekudara. Sumber : surakarta . go . id

Nggak perlu jauh-jauh ke negeri Pangeran William untuk merasakan sensasi bus bertingkat. Di Solo ada juga, Ma!

Bus berwarna merah dan beroperasi tiap Sabtu - Minggu ini dinamakan Bus Werkudara. Bus ini memiliki tinggi 4,5 m dan lebar sepereti bus pada umumnya 2,5 m. Bus tingkat ini hanya ditawarkan kepada wisatawan yang ingin berkeliling Solo.

Lokasi wisata di Solo yang bisa dituju, antara lain Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustaka, dan sejumlah tempat lainnya. Bus tingkat ini dapat mengantar wisatawan sesuai keinginannya.

Mama bisa membeli tiket di tempat yang sudah disediakan secara eceran seharga Rp. 20.000,- untuk berkeliling kota Solo pulang pergi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Mau dipakai sendiri pun bisa! Harga sewanya Rp. 800.000,- per 3 jam dengan biaya overtime Rp. 250.000,- per jam.

Oh iya, untuk beli tiket, Mama harus kirim pesan ke Indri di nomor 08564200516 atau Sandi 085229790462. Setelah memesan lewat sms, tiket bisa diambil di kator Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7.


BACA JUGA


Ini Dia 10 Tempat Wisata Keluarga yang Seru Abis di Surabaya yang Jangan Sampai Dilewatkan!

Ini Dia 10 Tempat Wisata Keluarga yang Seru Abis di Surabaya yang Jangan Sampai Dilewatkan!

Wisata keluarga nggak perlu keluar negeri. Jelajahi saja dulu kecantikan wisata dalam negeri kita

Read more..


Gimana Ma, asik banget kan menghabiskan liburan dengan wisata di Solo ini? Nggak butuh biaya besar untuk mengunjungi semuanya. Seminggu kayaknya pas untuk wisata di Solo, biar bisa mengunjungi tempat wisatanya sekaligus mencicipi kuliner.

Selamat berlibur, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 7 Objek Wisata di Solo yang Paling Populer dan Murah Meriah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ranny Afandi | @rannyafandi

Content creator. Aquarian. Movie lover. Bookaholic. Read my stories at www.hujanpelangi.com | Find me on IG & twitter : @rannyrainy

Silahkan login untuk memberi komentar