7 Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki oleh Mama yang Baru Belajar Dandan dan Rekomendasinya

7 Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki oleh Mama yang Baru Belajar Dandan dan Rekomendasinya

2.1K
Mau belajar make up sendiri? Setidaknya ada 7 peralatan make up yang harus Mama punya. Nggak mahal kok, mulailah dari yang sederhana!

Tampil cantik? Siapa yang nggak mau? Meski kecantikan alami selalu kita usahakan, namun kalau ditambah dengan bonus pintar ber-make up, pastinya akan lebih baik kan? Iya kan, Ma? Iyain aja! *maksa* Dan, keterampilan memulas wajah dengan make up itu kuncinya ada pada peralatan make up yang tepat.

Nah, kebetulan nih, Ma, banyak yang penasaran sama saya. Katanya, kok bisa sih saya selalu tampil dengan make up yang sempurna? Eaaa ... Uhuk! *rapiin rambut* Bisa dong, Ma. Kan saya juga belajar. Nggak langsung yang 'sempurna' kayak gini juga. Semua ada prosesnya, termasuk belajar pakai make up.

Dan karena saya juga pengin Mama semua tampil cantik *ya, meski nggak seheboh si Inces ntuh ya!* saya mau berbagi ilmu sewaktu belajar make up dulu.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa di balik make up yang kece, ada peralatan make up yang kece juga. Tapi tenang, buat Mama yang lagi nyoba-nyoba belajar dandan, nggak perlu yang terlalu lengkap. Yang sederhana and murah meriah (ini yang penting!) juga sudah bisa dandan cantik kok.

Terus, apa saja peralatan make up yang wajib dimiliki oleh seorang pemula?

Yah, mungkin akan berbeda-beda sih untuk setiap orang, Ma. Tapi kalau ala saya nih, pada dasarnya peralatan make up itu cukuplah bedak, lipstik, blush on, dan eyeliner. Sudah. Itu saja? Iya, itu saja. Tapi saya coba bahas detail deh ya, Mama.


7 peralatan make up dasar yang wajib dipunya oleh seorang Rocking Mama


1. Loose powder atau bedak tabur


Zaman saya masih belajar make up, bedak tabur ini adalah barang wajib punya. Dulu saya punya beberapa bedak tabur dari brand yang berbeda. Ya, pengin coba-coba saja sih, Ma. Pas ada promo di mal, ya beli. Terus jalan-jalan dan lihat harganya murah, beli. Hahaha. Duh, jangan ditiru deh, Ma, saya mah mama-mama galau kalau urusan kayak gini mah. Nggak bisa liat peralatan make up harganya murah seddikit, apalagi kalau lihat di toko online, langsung deh beli dan cobain. Ckckckck.

Sekarang saya sudah insaf sih. Saya punya satu merek bedak tabur yang selalu saya gunakan, Ultima. Dan, biasanya saya beli langsung di counter make up Ultima, Ma. Demi keamanan akan peralatan make up palsu. Mama bisa bertanya di conter-nya, bedak tabur yang sesuai untuk jenis kulit dan skin tone Mama.


2. Compact powder atau bedak padat


Untuk pemula, compact powder dari Carings kayaknya sudah cukup, Ma. Formulanya nggak terlalu berat, dan bentuknya juga nggak terlalu besar. Mudah pula dibawa ke mana-mana.


3. Pensil Alis


Nah, kalau Mama pengin melukis alis, saya merekomendasikan pensil alis dari Viva.

Saya bisa pastikan, bahwa pensil alis Viva ini selalu saja saya temukan dalam setiap peralatan make up yang dimiliki oleh make up artist yang saya kenal dan ikuti workshop-nya. Alasannya, pensil alis satu ini nggak mudah patah kalau diraut, dan isi pensilnya juga lembut saat di-swatch ke alis. Warnanya juga sangat natural di wajah. Pensil alis dari Viva ini ada 2 warna, Ma, yaitu hitam dan cokelat. Harganya? Hanya sekitar Rp 30.000 saja.

Pensil alis Viva saya masih awet sampai sekarang. Sudah hampir 6 bulan lho, nggak habis juga. Ya iyalah, orang dipakai buat bikin alis doang, nggak dimakan. Hahaha.

Tips memilih warna pensil alis ala saya nih, Ma, usahakan untuk memilih pensil alis dengan warna yang 1 tingkat lebih rendah dari warna rambut asli kita, Ma. Kalau ada warna cokelat, maka sebaiknya pilihlah warna cokelat saja. Kenapa begitu? Supaya wajah Mama tampak lebih natural dan nggak berkesan galak. Orang kalau alisnya terlalu tebal ada lho, yang jadi kelihatan galak, Ma.


4. Lipstik Butter


Saya sekarang pakai butter lipstick dari NYX. Meski hasilnya satin and glossy, tapi bibir tetap moist. Rasanya nggak kayak habis makan gorengan, tapi sebenarnya bibir kering.

Well, soal peralatan make up untuk bibir ini sih sebenarnya tergantung kecocokan masing-masing. Kayak jodoh gitu deh *eh, gimana?* Kalau boleh saya sarankan sih, bagi Mama yang baru belajar make up, sebaiknya pakailah lipstik yang ada pelembapnya, dan pilih warna yang soft saja. Tapi, kalau sudah pede menggunakan lipstik yang jenis matte juga nggak apa-apa sih. Silakan saja, Ma.

Nah, saya punya tips untuk menyesuaikan warna lipstik dengan wajah nih, Ma. Tips-nya hanya terdiri atas dua kata saja; coba terus! Eh, jangan ketawa dulu, Ma. Ini penting meski hanya dua kata. Mama harus mencoba terus, sampai Mama menemukan warna yang cocok untuk wajah Mama. Saya juga sampai sekarang masih terus coba-coba lho, yang pas untuk kulit saya yang warna apa. Soalnya, warna lipstik itu terus berkembang, Ma. Selalu ada inovasi baru yang juga menghadirkan warna baru setiap season-nya.

Beranikan diri juga untuk mencoba semua warna, Ma. Lakukan secara bertahap. Sebagai permulaan, cobain yang warna nude dulu, lalu ke pink. Sudah pede dengan pink, cobain warna peach. Terus ke dark, hingga akhirnya naik ke colour. Cobain saja semua, Ma, jangan takut! Kalau salah, nggak ada yang marahin kok. Yah, risiko tertinggi adalah nggak cocok, jadi kelihatan aneh. Hihihi. Kalau sudah merasa aneh, ya ganti sajalah. Hahaha. Nggak usah dipaksain untuk terus dipakai. Bikin nggak pede nanti.

Kalau kita menggunakan lipstik dengan warna yang berbeda-beda, maka tampilan kita juga berbeda-beda lho. Dua brand berbeda yang punya warna lipstik yang sama saja bisa menghasilkan hasil yang berbeda. Jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan warna blush on Mama ya.

Nah, kalau Mama ingin yang praktis tapi hasilnya matte, bisa juga pakai lipstik jenis lip matte. Tetap moist di bibir, tapi hasilnya matte. Recommended deh!


5. Eyeliner Liquid


Kalau saya lebih suka pas masih belajar bikin eyeline dengan eyeliner liquid, Ma, bukan dengan pensil. Pasalnya dengan eyeliner liquid, kita bisa lebih mudah kalau mau naik ke level berikutnya, yaitu menggunakan eyeliner jenis gel. Eyeliner gel ini pengaplikasiannya lebih susah sih, menurut saya.

Biasanya orang yang baru belajar make up akan lebih nyaman menggunakan pensil ya. Soalnya kita cenderung takut salah, takut miring-miring ngelukisnya, mencong-mencong. Hihihi. Ya kalau pakai liquid lebih enak sih. Kalau miring-miring tinggal hapus saja. Jangan membeli yang waterproof dulu ya, Ma, biar hapusnya lebih mudah.


6. Powder Blush On


Selanjutnya untuk blush on, saya menggunakan powder blush on dari Wardah, Ma. Bentuknya kecil dan compact. Praktis dan bisa dibawa ke mana saja, bahkan kalau kita traveling. Harganya pun cukup ramah, Ma, hanya sekitar Rp 40.000 saja. Ssstt ... saya punya semua jenis varian blush on-nya Wardah lho, saking jatuh cintanya. Hihihi.

Nah, kalau Mama, silakan deh, disesuaikan ya. Lagi-lagi ini masalah selera dan kecocokan. Pilihlah warna-warna yang bersahabat dengan skin tone wajah Mama dulu ya, jangan yang terlalu mencolok kalau masih tahap belajar.


7. Brushes



Peralatan make up selanjutnya yang nggak kalah penting adalah kuas.

Kuas yang dipakai bisa merek apa saja sih, Ma, yang penting Mama harus kenali dulu jenis yang sesuai fungsinya. Bagi yang baru saja belajar make up, dua jenis kuas saja yang saya sarankan, yaitu kuas eyeshadow dan blush on.


Sebenarnya kuas eyeshadow juga banyak macamnya, Ma. Tapi nggak masalah sih, pilih satu saja seperti foto di atas cukup kok.


Untuk kuas blush on, pilih kuas dengan bulu yang miring seperti di atas ya, Ma. Kuas ini bisa dipakai untuk shading juga nantinya, Ma. Nah, perhatikan, Ma, sebaiknya kalau menggunakan kuas blush on ini adalah dari luar ke dalam, dan bukannya ke dalam terus keluar. Jadi arahkan dari telinga ke cuping hidung, dan bukan sebaliknya. Hayo, siapa yang suka salah pemakaiannya, kebalik? Hihihi. Yang begini ini harus Mama lakukan supaya di bagian pipi lebih merata dan nggak terlalu ngumpul warna blush on-nya.


Ok, Ma, itu dia 7 peralatan make up wajib buat Mama yang pengin belajar dandan aka make up sendiri. Sebenarnya banyak manfaat kok kalau kita bisa make up sendiri. Minimal kalau ada acara-acara formal gitu kita nggak terlalu bingung nyari salon. Lebih hemat juga kan ya, kan bisa dikerjakan sendiri. Dan, pastinya, kita bisa lebih sering tampil cantik. Biar disayang Papa, dan dibanggain anak-anak. Hihihi.

Yang pasti, gunakan peralatan make up yang aman ya, Ma. Perhatikan juga waktu kedaluwarsanya. Jangan sampai bukannya jadi cantik, malah jadi penyakit!

Well, selamat ber-experience dengan peralatan make up yang Mama punya ya, and stay pretty!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki oleh Mama yang Baru Belajar Dandan dan Rekomendasinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Caroline Adenan | @carolineadenan397

Silahkan login untuk memberi komentar