7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan

967
Cara klaim asuransi mobil sangat penting dilakukan ketika mobil Mama mengalami kecelakaan, entah ringan maupun berat. Setidaknya dengan mengetahui cara klaim asuransi mobil, Mama bisa mendapatkan pengganti yang sepadan.

Kerusakan akibat kecelakaan atau kehilangan kendaraan bermotor dapat menimpa siapa saja termasuk Mama. Sangat penting menggunakan jasa asuransi yang terpercaya agar bisa klaim asuransi kendaraan Mama. Selama ini mungkin Mama tidak terlalu aware dengan bagaimana cara klain asuransi mobil yang tepat, sehingga prosesnya lebih mudah dan membuat Mama lega.

Menghilangkan bekas benturan di body mobil atau kerusakan pada mesin, bahkan kasus kehilangan kendaraan menjadi masalah besar jika kita tak memakai jasa asuransi. Sebab, biasanya biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar jika kita menanganinya sendiri. Namun masalahnya terkadang cara klaim asuransi mobil ini sangat ribet dan berbelit-belit, bahkan bisa bikin kita jengkel sendiri ya, Ma. Banyak prosedur yang harus dipenuhi dan makan waktu lama, belum lagi kalau ternyata klaim ditolak dengan berbagai alasan. Hvft.

Agar Mama tidak sewot menjalani proses klaim, ini dia 7 cara klaim asuransi mobil.

1. Segera lapor polisi

Cara klaim asuransi mobil : segera lapor ke polisi (sumber : crownheights.info)

Cara klaim asuransi mobil yang pertama adalah lapor ke polisi.

Memang sih perasaan panik dan bingung pasti menghampiri begitu musibah itu terjadi. Namun, jangan buang-buang waktu, Ma. Segeralah lapor peristiwa kecelakaan yang Mama alami pada pihak kepolisian, minta surat keterangan saat itu juga.

Selain menjadi orang ketiga dalam menyelesaikan masalah, keterangan polisi juga sangat penting untuk bukti dan penentu keberhasilan klaim Mama.

2. Lapor pihak asuransi secepatnya

Cara klaim asuransi mobil : lapor pihak asuransi secepatnya

Setelah lapor polisi, secepat mungkin lapor ke pihak jasa asuransi, karena laporan tentang kecelakaan maupun pencurian harus disampaikan maksimal 3 x 24 jam via telepon, SMS, atau online dengan mengisi formulir klaim secara lengkap. Artinya, nggak boleh lebih dari 3 hari ya, Ma. Kalau nggak, klaim Mama akan ditolak bahkan hangus.

Jika kecelakaan terjadi diluar kota, Mama dapat menghubungi cabang perusahaan asuransi di kota kejadian. Maka dari itu, simpanlah nomor telepon kantor cabang asuransi Mama di ponsel.

Baca juga : Harus menerobos dan mengemudi di tengah banjir? Hati-hati dan lakukan 8 hal berikut!

3. Ambil gambar saat di TKP

Cara klaim asuransi mobil: jangan lupa ambil gambar kendaraan di TKP

Jangan hanya beradu argumen dengan pihak lain yang terlibat, atau saling menyalahkan atas kejadian tersebut. Lebih baik gunakan kamera pocket, atau kamera smartphone untuk mengambil gambar kerusakan pada mobil Mama dan mobil lain yang terlibat, secara close up. Cara klaim asuransi mobil yang satu ini jangan sampai Mama lewatkan, ya!

Pastikan gambar yang diambil benar-benar menggambarkan posisi dan proses kejadiannya. Hal ini menjadi bukti otentik yang akan membuat pihak asuransi percaya akan kejadian tersebut dan memudahkan Mama memberi keterangan saat diinterview.

4. Cek dan ambil data

Cara klaim asuransi mobil: cek dan ambil data kendaraan lain

Bukan hanya kerusakan pada mobil Mama yang harus dicek, kondisi kendaraan lain yang terlibat dalam kecelakaan juga perlu Mama amati, agar saat eksekusi lapangan nanti, jasa asuransi mengetahui pihak mana yang harus bertanggung jawab.

Catat nama, alamat dan nomor polisi kendaraan, serta simpan nomor saksi mata dari warga sekitar supaya kalau ada apa-apa gampang dihubungi.

5. Siapkan dokumen penting

Cara klaim asuransi mobil : siapkan dokumen penting

Cara klaim asuransi mobil yang tak kalah penting adalah menyiapkan dokumen penting pendukung klaim.

Ada beberapa dokumen penting yang harus Mama lengkapi saat proses klaim, di antaranya formulir klaim, fotokopi SIM dan STNK tertanggung, fotokopi SIM dan STNK pihak ketiga, surat keterangan polisi, surat pernyataan tidak atau berasuransi (pihak ketiga), dan estimasi bengkel rekanan.

Namun jika kasusnya kehilangan kendaraan, ada penambahan surat survei lokasi dan wawancara, serta surat blokir STNK. Jangan lupa dipersiapkan ya, demi kelancaran prosesnya.

6. Aktif bertanya proses perbaikan

Cara klaim asuransi mobil : aktif bertanya

Setelah proses registrasi selesai dan lanjut ke tahap perbaikan, jangan anggap semua masalah akan segera selesai, Ma. Karena proses perbaikan juga akan berjalan lama jika Mama tidak aktif memantau dan menanyakan keadaan mobil di bengkel via telepon atau datang langsung. Kadang kalau kita nggak sigap follow up, mereka juga cenderung lambat dalam mengerjakan. Nggak mau kan sampai berminggu-minggu beraktivitas tanpa kendaraan kesayangan?

Jadi, poin keenam cara klaim asuransi mobil ini jangan sampai Mama lupakan, yes.

7. Klaim ditolak? Cari tahu sebabnya!

Cara klaim asuransi mobil : klaim ditolak? Cari tahu sebabnya!

Pengajuan klaim Mama ditolak? Dan Mama kemudian merasa diperlakukan tidak adil dari pihak asuransi? Well, jangan diam saja, Ma. Jangan menyerah, dan cobalah berusaha mencari tahu penyebab kegagalan proses klaim mama dengan meminta pernyataan tertulis dari pihak asuransi.

Terpenting, bicarakan secara baik-baik ya, jika Mama merasa tidak setuju dengan penolakan tersebut.

Baca juga : Pengin bebas macet? Coba minta bantuan pada 3 aplikasi smartphone saja!

Memang sih kesal banget saat mengalami kecelakaan. Tapi, mau nggak mau Mama harus menjalani proses klaim juga. Karena biaya yang akan kita keluarkan nggak sedikit lho untuk perbaikinya. 7 cara klaim asuransi mobil ini semoga bermanfaat bagi Mama dalam menjalani prosesnya. Mama sudah tahu kan step by step-nya, tinggal eksekusi saja.

Jangan menyerah sebelum berusaha, ya, Rocking Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Cara Klaim Asuransi Mobil yang Harus Mama Lakukan Ketika Mobil Mengalami Kecelakaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar