Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!

2.3K
Mau langsing boleh saja. Tapi cara diet yang dilakukan harus tepat, agar juga sehat!

Apa kabar resolusi langsing? Sudah seberapa jauh jarum timbangan bergerak ke kiri? Cukup jauh ya? Keren, Ma! Apakah ini berarti cara diet yang Mama lakukan sudah benar?

Menjadi langsing memang terasa menyenangkan, dan sah-sah saja jika kebanyakan perempuan ingin bertubuh langsing.

Namun, pertanyaannya, apakah Mama juga sehat? Masih sering terserang flu nggak? Atau, malah alergi Mama makin menjadi?

Hmmm, coba kita cek yuk. Apakah benar cara diet Mama ini sudah benar. Jangan-jangan, memang sih Mama langsing, tapi ketahanan tubuh Mama juga berkurang gara-gara Mama tidak memenuhi beberapa hal ini itu yang tampak sepele tapi justru penting untuk tubuh.


BACA JUGA


Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Ketahui Cara Diet yang Benar, Jangan Percaya terhadap 5 Hal yang Ternyata Hoax Soal Diet Ini!

Mama bingung ingin menerapkan cara diet yang mana? Sebelum memilih satu yang Mama sanggup, yuk ketahui dulu mitos seputar diet di artikel ...

Read more..


Yes, Mama. Jangan pernah lakukan 7 cara diet seperti ini, karena ini cara diet yang salah!


1. Tidak sarapan



Hari ditenagai oleh sarapan yang tepat dan bergizi. Lalu, dari mana kita mendapatkan energi untuk beraktivitas setengah harian, jika kita tak sarapan, Ma?

Sering ada keluhan sakit pasca diet. Setelah ditelisik, ternyata yang yang dimaksud dengan cara diet supaya cepat langsing adalah tidak sarapan. Pantas saja. Kecuali sedang berpuasa, jangan pernah tinggalkan sarapan pagi ya!


2. Anti karbo



Para pejuang penurunan berat badan, biasanya punya cara diet yang sangat anti terhadap karbohidrat. Banyak yang makan nasi atau karbo lainnya sesedikit mungkin, bahkan tidak sama sekali.

Well, faktanya, ada beberapa jenis karbo yang sebenarnya tak seburuk yang dibayangkan, bahkan masih banyak komponen baiknya. Alih-alih bermusuhan dengan karbo, coba saja ganti nasi yang biasa dikonsumsi dengan nasi merah, nasi hitam, atau brown rice.

Tetapi Ma, pastikan konsumsinya tidak berlebihan, ya.


3. Anti ngemil



Banyak yang bilang, ngemil bikin gemuk. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar.

Camilan yang dikonsumsi dengan tepat justru cukup “berjasa” memasukkan unsur-unsur penting di sela-sela waktu makan besar. Pilih saja camilan yang sehat, seperti buah, sayur segar, kacang-kacangan dan bebijian yang direbus atau sangrai atau bahkan dalam bentuk raw (mentah).

Cara diet yang benar adalah dengan mengonsumsi camilan sehat dalam jumlah wajar. Jangan sampai keasyikan ngemil membuat kita kekenyangan dan tak sanggup lagi makan makanan utama.


BACA JUGA


Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

Diet? Nggak Perlu! Begini Cara Mencintai Bentuk Tubuh Seutuhnya Apa Adanya dan Tanpa Syarat

Mencintai bentuk tubuh dan diri sendiri adalah langkah pertama untuk menjadi sehat dan memiiki pandangan positif terhadap tubuh yang kita ...

Read more..


4. Makan hanya sedikit



Banyak orang mati-matian melakukan cara diet ketat. Makan hanya sejumlah kecil makanan yang sudah tertakar. Mungkin memang mereka menjadi langsing dengan cepat, meski salah satu dampaknya mungkin adalah penampilan kulit yang memburuk, kendur dan kusam.

Diet cara begini cukup “menyiksa” lo! Tidak banyak orang yang akan dapat menjalaninya dengan konsisten. Rasa lapar, lemas, bahkan sakit, kerap dirasakan oleh mereka yang melakukan cara diet macam ini. Kalaupun BB sukses turun, biasanya tidak bertahan lama, kemudian kembali ke porsi makan sebelumnya. Akhirnya, terjadi yoyo diet. Turun, lalu naik lagi. Diet lagi lalu turun lagi. Terus lelah dan bosan dan naik lagi. Begitu seterusnya.

Alih-alih menyiksa tubuh demikian, perhatikan saja komposisi makanan. Pastikan sayur menempati minimal setengan bagian piring kita. Kunyah dengan baik dan cukup halus agar tubuh cukup waktu menyadari rasa kenyang.

Makanlah sampai terasa kenyang. Kenyang yang membuat perut nyaman, bukan kekenyangan yang membuat perut terasa berat atau tubuh susah bergerak.


5. Tidak makan malam



Tidak makan malam, sama buruknya dengan tidak sarapan, Ma. Mungkin dalam pandangan sebagian orang, malam toh kita tak perlu beraktivitas berat, hanya tidur saja.

Namun, jangan lupa, tubuh malam tetap melakukan aktivitas meski bukan bergerak atau bekerja. Ingin tekor energi di pagi hari? Terus saja lanjutkan cara diet yang men-skip makan malam. Namun jika ingin tubuh tetap tercukupi energi sehari semalam, maka jangan tinggalkan makan malam dengan menu bergizi.


6. Begadang



Kurang tidur bikin kurus, jadi sering begadang saja supaya cepat langsing!

Pernah mendapat saran “sesat” seperti itu, Ma? Jika dilakukan, mungkin memang bisa kurus dengan cepat. Tapi, tak menutup kemungkinan justru sebaliknya. Tetap terjaga sampai larut malam, terkadang membuat perut lapar dan mulut terus ingin mengunyah.

Dan kalaupun benar-benar cepat langsing, yakin bisa langsing dengan tubuh sehat, Ma? Malam hari saat tubuh istirahat adalah waktu untuk beberapa proses penting dalam tubuh. Dalam hal pencernaan, malam adalah saat serap, di mana tubuh menyerap sari-sari makanan. Malam hari juga saat liver bekerja mendetoks, mengeluarkan racun-racun yang masuk ke tubuh disengaja atau tidak.

Dan, proses-proses tersebut tak dapat optimal dalam kondisi tubuh masi terjaga. Jadi, jika memang berniat langsing dengan cara diet yang sehat, pastikan cukup tidur ya, Ma.


7. Produk Diet Pabrikan



Bukan bermaksud melarang penggunakan berbagai produk diet pabrikan lo, Ma. Namun hal yang sangat penting dipastikan sebelum mengonsumsinya adalah faktor keamanan dan legalitasnya.

Jika itu berbentuk suplemen, pastikan produk tersebut mengantongi registrasi BPOM. Ketahui dulu dengan saksama mulai bahan, cara penggunaan dan jika ada, kontra indikasinya. Tanyakan sejelas-jelasnya pada seller atau konsultan produknya.

Dan yang juga sangat penting, jangan jadikan produk ini sebagai asupan utama, jika bermaksud melakukan cara diet yang sehat. Langsing saja tanpa sehat? Nyaris enggak guna, Ma.

Untuk langsing dan sehat kita membutuhkan cukup makanan “hidup”. Makanan hidup, artinya yang banyak atau masih mengandung enzim. Makanan katagori ini terutama terdapat dalam buah-buahan segar dan sayuran segar. Limpahi tubuh dengan keduanya, maka bukan hanya langsing, namun juga sehat dan kulit cantik!


BACA JUGA


Terlalu Banyak Makan Padahal Lagi Diet? Ini Tips untuk Membebaskan Rasa Bersalah Mama

Terlalu Banyak Makan Padahal Lagi Diet? Ini Tips untuk Membebaskan Rasa Bersalah Mama

Jangan sampai ya, Ma, hanya gara-gara sepotong kecil cheese cake, Mama jadi merasa bersalah terus. Usir si galau dengan cara berikut

Read more..


Pasti mau kan, Ma, langsing dengan sehat serta kulit cantik? Makanya, lakukanlah cara diet yang benar ya, bukan 7 cara diet seperti di atas.

Stay healthy, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kalau Cara Diet Mama Seperti 7 Hal Ini, Yakinlah, Bukan Langsing yang Mama Dapat, Melainkan Penyakit!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Widyanti Yuliandari | @widyantiyuliandari

Ibu dua anak, pecinta sayur dan buah lokal, food combiner, blogger dan penulis buku.

Silahkan login untuk memberi komentar