7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!

6.6K
Camilan sehat harus selalu tersedia setiap saat. Namanya anak-anak kan sudah biasa nggak bisa berhenti makan. Dengan camilan sehat, maka gizi mereka pun juga terpenuhi.

Hai, Mama! Apakah Mama sudah menyiapkan camilan sehat yang bisa dinikmati anak-anak saat menonton cartoon channel, sore nanti? Pasti mereka bakalan anteng deh, duduk-duduk depan TV sambil menyamil dan melihat film kesukaannya. Mama juga kan bisa tenang melipir ke kamar buat ngintipin kelanjutan sinetron India kan? Atau, lebih suka nonton drama Korea? Bisa, bisa. Tinggal pilih saja.

By the way, kalau denger kata 'camilan' itu rasa-rasanya mengarahnya ke makanan kemasan, atau malah ke ‘makanan sampah’ alias junk food. Begitu bukan, Ma? Seperti burger, kentang goreng, keripik kemasan, donat, dan teman-temannya. Ngga baik dong, buat anak-anak? Jadi gimana? Lagipula, sebenarnya, apa sih artinya junk food itu?

Junk food is
1. food that is high in calories but low in nutritional content
2. something that is appealing or enjoyable but of little or no real value

~Merriam-Webster Dictionary.

Oh, begitu ya. Berarti bukan camilan sehat dong ya?

Iyalah, Ma. Bukan camilan sehat, namanya saja 'junk'.

Lalu, apa ya, camilan sehat yang baik buat para buah hati tercinta? Yang--kalau bisa--tetap menarik serta ada nilai gizinya.

Nah, bagaimana kalau Mama membuat camilan sehat sendiri, supaya kebersihannya lebih terjaga, dan bahan-bahannya lebih terpilih.


BACA JUGA


Resep Camilan Sehat Rumahan untuk Anak Ini Wajib Dicoba! Say Yes to Homemade Food!

Resep Camilan Sehat Rumahan untuk Anak Ini Wajib Dicoba! Say Yes to Homemade Food!

Resep camilan sehat untuk anak nggak serumit itu kok, Ma. Resep camilan Cake Pisang Gula Merah ini salah satu resep camilan yang bisa ...

Read more..


Ini dia 7 camilan sehat pengganti junk food yang layak untuk dicoba ala Rocking Mama


1. Orak-arik Telur Keju Wortel


Seperti biasa, telur adalah andalan para Mama di seluruh dunia. Dengan simpanan telur di kulkas, Mama bisa berkreasi sebebasnya. Kali ini, buatkan anak-anak camilan sehat berupa telur orak-arik yuk, Ma!

Cukup dengan mengaduk-aduk dua-tiga butir telur di atas wajan dengan api kecil, supaya matang dengan warna kuning muda yang menawan. Kemudian taruh di atas piring, taburkan dengan parutan tipis keju dan wortel. Dengan topping wortel, anak-anak akan melahap juga sedikit betakaroten yang terkandung di dalam sayuran oranye itu.

Hmmm ....


2. Kulit Kentang Krispi


Mulai sekarang, Ma, simpan kulit kentang yaa. Jangan dibuang! Soalnya bisa dijadiin camilan sehat nan lezat loh; keripik krispi nan bergizi.

Bergizi?

Yup, kulit kentang itu mengandung banyak kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Umbi yang femes di resto-resto fastfood ini, kulitnya juga mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh serta kulit, serta vitamin B6 yang baik untuk organ jantung.

Selain itu, tentu saja kulit lebih banyak mengandung serat daripada dagingnya, sehingga dapat lebih membantu sistem pencernaan. Jadi, segera celupkan kulit-kulit kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam larutan tepung, air, sedikit bawang putih dan garam-merica, ya. Lalu goreng sampai kering kecokelatan.

Tambahkan semangkuk mayonnaise sebagai teman ‘cocolan’. Yummy!


3. Nachos dan Guacamole


Kalau biasanya Mama membelikan keripik Nacho untuk sekadar dikudap begitu saja, well then you should try this easy trick to make it more healthy.

Siapkan satu buah alpukat matang yang dilumatkan, seperempat bawang bombay dipotong kotak kecil, sedikit bubuk bawang putih, dan potongan paprika jika anak-anak suka pedas. Campur semua bahan dalam satu mangkuk, lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Voila! Mama baru saja membuat saus ala Meksiko sebagai saus camilan sehat Mama.

Suguhkan saus ala Meksiko ini bersama satu kantung Nachos, dan biarkan buah hati Mama menyantap camilan sehat keripiknya dalam balutan buah yang kaya dengan omega tiga. Nom nom nom .…


BACA JUGA


Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju, Cukup Dengan 5 Bahan Saja! Dijamin Yummy Rasanya!

Resep Camilan Praktis - Telur Gabus Keju, Cukup Dengan 5 Bahan Saja! Dijamin Yummy Rasanya!

Hayo lagi tunggu resep camilan nggak, Ma? Tenang saja Ma, kali ini Rocking Mama akan berbagi resep camilan praktis, telur gabus keju

Read more..


4. Mac, Broccoli, and Cheese


Mama punya simpanan sedikit makaroni di lemari, dan banyak keju (boleh cheddar, boleh mozzarella) di kulkas? Yuk, disatukan menjadi satu camilan sehat ala Italia! Mama hanya perlu tambahan: bawang bombay, sedikit susu cair, potongan brokoli dan tepung.

Pertama, rebus makaroninya sampai matang, tiriskan. Kedua, panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang bombay sampai harum, kemudian masukkan susu cairnya dan aduk merata. Tambahkan sedikit tepung dan masukkan semua keju yang sudah diparut serta potongan brokoli, hingga semua tercampur sempurna. Tuangkan saus keju kental ini di atas makaroni, dan hidangkan selagi hangat pada anak-anak.

Mereka tentu rela melahap brokoli dengan keju yang menempel di sekelilingnya!


5. Yasai No Tempura


Kita sudah nyobain camilan sehat dari Meksiko dan Italia, sekarang kita ke Jepang!

Tempura Sayuran khas Negeri Sakura ini adalah salah satu dari ide cemerlang untuk ber-healthy junk food. Betapa tidak? Gorengan ini membuat anak-anak jadi ‘terpaksa’ memakan semua jenis sayuran di balik tepungnya yang krispi itu.

Mama hanya cukup menyiapkan segenggam buncis, wortel, ubi merah dan terung yang dipotong tipis, serta irisan cincin bawang bombay. Setelah itu, Mama tinggal mencelupkan semua bahan ke dalam larutan tepung tempura (yang bisa dibeli di pasar atau supermarket), lalu goreng dengan minyak panas.

Tidak usah terlalu lama, Ma, hanya hingga tepungnya berwarna kuning emas saja, supaya sayurannya masih renyah untuk dikunyah. Nyam, kriuk!


6. Ubi Goreng


Kalau biasanya anak-anak menyamil french fries ala resto fastfood yang super nikmat itu, kali ini, yuk, Ma, ganti bahan utamanya dengan ubi.

Mengapa ubi?

Karena ubi memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namun kadar seratnya lebih tinggi, sehingga lebih mengenyangkan walaupun hanya makan sedikit. Tanaman jenis umbi yang menjalar ini juga merupakan sumber berbagai vitamin A dan C, juga sebagai sumber mineral dan kalium yang baik bagi tubuh.

So, pasti akan jadi camilan sehat yang bergizi buat anak-anak kan?

Caranya sama mudahnya dengan membuat kentang goreng, yaitu dengan mengiris ubi seukuran jari, tapi alih-alih mencemplungkannya dalam minyak panas, Mama bisa menjejerkannya di baki tahan panas, dan memanggangnya dalam oven. Jangan lupa taburkan garam dan merica secukupnya, juga taburan seledri yang wanginya menggugah selera ya, Ma!


7. Sweets


Yang terakhir ini, kita buatkan anak-anak camilan sehat yang manis, yuk Ma! Tapi, kembang gula, permen dan cokelat jelas bukanlah camilan sehat. Jadi, ganti saja dengan beberapa buah kering yang lebih berserat dan bervitamin.

Mama dapat membeli kismis dan beberapa buah kering lainnya--seperti tomat chery dan stroberi--di berbagai supermarket atau toko bahan kue. Selain itu, beli juga sekantung kacang mete atau pistachio yang kaya lemak baik. Agar lebih meriah, Mama bisa menambahkan beberapa jenis cereal, bahkan chocolate chips.

Masukkan semuanya ke dalam mangkuk besar, lalu siram dengan madu. Anak-anak pasti suka akan kejutan rasa yang akan mereka temukan dalam mangkuknya!


BACA JUGA


Anak Nggak Suka Sayuran? Coba Resep Camilan Satu Ini: Carrot Bites!

Anak Nggak Suka Sayuran? Coba Resep Camilan Satu Ini: Carrot Bites!

Carrot Bites, camilan sehat bergizi yang mudah dibuat untuk anak yang menolak makan sayuran

Read more..


Kalau jajanan junk food di luar sana sudah sangat menggoda dan terlalu sulit untuk dihindari, maka 7 variasi camilan sehat buatan Mama ini pasti akan menjadi alternatif yang lebih sehat bagi keluarga. Lagipula, masakan Mama selalu mengandung sentuhan khusus penuh cinta yang akan semakin melengkapi kebersamaan keluarga. Betul?

So, happy healthy snacking, Ma!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Camilan Sehat untuk Keluarga Ini Cocok Sebagai Pengganti Junk Food. Sedap Lagipula Bergizi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar