6 Tips Mengatasi Stres dengan Cepat Tanpa Obat-Obatan Ini Bisa Dicoba Saat Mama Sesak Akan Tekanan Hidup

Ksepana Mudra

6 Tips Mengatasi Stres dengan Cepat Tanpa Obat-Obatan Ini Bisa Dicoba Saat Mama Sesak Akan Tekanan Hidup

465
Life is such a roller coaster! Kita butuh tip cepat mengatasi stres, namun tanpa obat-obatan, yang bisa kita lakukan setiap saat. Gimana ya, caranya?

Life is full of lots of ups and downs, begitu kata almarhum Tommy Page. Dan, memang terbukti sekali ya, bahwa hidup itu bak roller coaster. Sehingga, dalam kondisi apa pun, kita mesti selalu siap dengan beberapa jurus ampuh untuk mengatasi stres.

Buat para working mama, tekanan yang paling besar mungkin berasal dari pekerjaan. Entah itu atasan yang hanya bisa kejam memerintah tanpa perasaan, rekan kerja yang kurang bisa diandalkan, klien yang banyak maunya, atau 'sekadar' meja yang penuh dengan berkas-berkas. Duh, mumet!

Sedang bagi para stay at home mama, tekanan pun tak kalah variatifnya. Bisa datang dari tetangga yang sibuk Whatsapp mengajak gosip, sahabat yang maunya curhat melulu, grup ibu-ibu sekolah yang tak habisnya mengajak piknik dadakan ke kedai bakso (yang berarti, diet gagal maning-gagal maning!), dan, tentu saja, krucils yang senantiasa cerdas-aktif dan selalu sukses membuat Mama melambaikan bendera putih pada kamera.

Aaarrrgghhh! Gimana atuh, ya, enaknya? Harus apa, supaya kepala Mama terasa ringan dan hati kembali tenang?

Okay, stay calm!


BACA JUGA


Mau Me Time Atasi Stres Tapi Cuma Punya Waktu 20 Menit? Bisa! Ini Dia 16 Caranya!

Mau Me Time Atasi Stres Tapi Cuma Punya Waktu 20 Menit? Bisa! Ini Dia 16 Caranya!

Kita sebenarnya nggak perlu banyak menghabiskan waktu untuk sekadar ber-me time dan rileks. Saat kita hanya punya 20 menit dalam sehari saja ...

Read more..


Rocking Mama sudah merumuskan 6 tips untuk mengatasi stres nih. Semua layak banget dicoba, demi kemaslahatan bersama keluarga. Yuk kita mulai!

1. Sadari diri


Ini yang paling pertama harus Mama lakukan untuk bisa mengatasi stres dan melepaskan segala kepenatan. Mama harus sadar diri, bahwa Mama adalah manusia biasa yang punya keterbatasan. Selama Mama yakin bahwa apa pun yang diusahakan itu telah tertunaikan dengan baik, ya sudah! Saatnya back off.

Memangnya kenapa, kalau nanti si bos marah-marah lagi? Biar sajalah, pura-pura menunduk sambil sumpal telinga dan kebalkan hati saja.

Dan, kenapa juga harus selalu meladeni sahabat yang dikit-dikit curhat? Toh permasalahannya serupa, dan Mama sudah bantu kasih solusinya.

Mama harus sadar, bahwa ada hal-hal yang berada di luar kuasa Mama. Yang tidak bisa Mama kendalikan dengan kedipan mata. Jadi, sudahlah, let it go!


2. Beberes


Meskipun malas, tapi secara psikologis, beberes itu membantu Mama 'menata' pikiran, dan bisa mengatasi stres lo, Ma. Merapikan berkas-berkas di meja kerja, memisahkannya sesuai urutan deadline, bisa menolong pengaturan jadwal yang lebih efektif.

Kalau sedang di rumah, membereskan lemari pakaian juga dapat mengatasi stres yang Mama rasakan. Mama jadi bisa menyusun pakaian sesuai tema, atau warna, yang nantinya pasti sangat menghemat waktu berpakaian.

Tidak hanya berefek 'menata', beberes juga melonggarkan pikiran. Dengan membuang berkas-berkas atau ATK yang sudah tidak terpakai ke tempat sampah, beban Mama serasa ikut tersingkirkan.

Sama halnya saat berurusan dengan lemari pakaian. Baju-baju yang sudah kumal dan hanya bikin sempit pandangan, segera buang! Hati Mama akan terasa ikut 'plong' saat melihat lemari pakaian sudah rapi dan lega.


3. Beli sekotak cokelat


Menurut penelitian di Universitas California, Sandiego School of Medicine, orang-orang yang sedang mengalami tekanan, baik tingkat rendah maupun tingkat depresi mengaku, kalau mengonsumsi cokelat bisa membantu mereka untuk mengatasi stres.

Well, hasil panen yang satu ini memang mengandung caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine yang dipercaya dapat digunakan sebagai obat anti-depresi.

Siapa saja yang makan cokelat akan merasakan dampak dari molekul-molekul psikoaktif yang ada padanya, sehingga kembali merasa nyaman.

Jadi, untuk memperbaiki mood, mengatasi stres dan mengurangi kepenatan, Mama sah saja kok membeli sekotak cokelat dan menghabiskannya sendiri!

Pikirkan soal kalori nanti saja, yang penting stresnya reda!


BACA JUGA


Mengatasi Stres Secara Lebih Efektif, Lakukan 3 Hal Ini Setiap Kali Mama Membutuhkan

Mengatasi Stres Secara Lebih Efektif, Lakukan 3 Hal Ini Setiap Kali Mama Membutuhkan

3 cara mengatasi stres berikut ini cukup sederhana, Ma. Mama bisa melakukannya di mana pun, setiap kali Mama membutuhkannya. Coba yuk

Read more..


4. Bikin salad


Semangkuk salad yang penuh dengan vitamin B, ya Ma! Ini karena, vitamin B itu membantu tubuh memproduksi hormon serotonin dan dopamine, yang bertanggung jawab untuk 'perasaan senang' di hati.

Jadi, makanan-makanan yang khususnya mengandung vitamin B5 akan turut membantu kesehatan sistem syaraf, sehingga mampu mengatasi stres.

Nah, coba siapkan bahan-bahan berikut ya Ma:

  • Setengah buah avokad ukuran sedang, potong memanjang
  • Satu buah telur rebus, potong kecil-kecil
  • Satu mangkuk kecil brokoli
  • Satu buah wortel ukuran sedang, parut kasar
  • Seperempat gelas kacang polong rebus
  • Segenggam kacang almond, tumbuk kasar

Masuklan semua bahan dalam satu mangkuk. Untuk dressing-nya, tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun, satu sendok teh cuka apel dan satu sendok makan madu. Aduk merata, lalu bawa ke depan TV.

Selamat menikmati camilan sehat dan pereda stres, Ma!


5. Tree Pose Yoga


Secara filosofis, berpose pohon sebagai gerakan yoga ini mengandung 2 arti.

Pertama, sebagai pohon, Mama harus tumbuh ke atas, untuk meneduhkan, menghasilkan buah (karya). Tapi di atas, Mama harus menyelaraskan diri dengan embusan angin, yang kadang membawa daun-daun bergoyang ke kiri, kadang ke kanan. Dengan fleksibilitas seperti dedaunan, niscaya Mama akan mampu mengikuti arus hidup dengan luwes.

Kedua, sebagai pohon, 'akar' Mama harus menancap kuat ke dalam tanah. Menyiratkan kekokohan dalam berprinsip. Mama harus tahan menjadi sandaran, terutama bagi keluarga, juga orang lain yang mungkin datang berteduh (maksudnya membutuhkan bantuan).

Kombinasi kekokohan atas keyakinan di dalam diri, serta kelembutan dan fleksibilitas yang terbuka di luar akan membuat Mama menjadi sebatang pohon, eh, manusia yang mampu mengatasi stres dan semua permasalahan hidup.

Jadi, ayo berdidi dan angkat sebelah kaki, lalu berusaha seimbangkan akar dan dedaunan Mama!


6. Ksepana Mudra


Image via Sequence Wiz

Mudra adalah salah satu bentuk self healing yang sudah dijalankan orang-orang di India secara turun temurun. Selain berfungsi untuk menyembuhkan penyakit lahir, Mudra juga terbukti mampu menyehatkan batin. Salah satu Mudra yang mampu mengatasi stres adalah Ksepana Mudra.

Ksepana dalam bahasa Sansekerta berarti 'membuang'. Artinya, dengan melakukan pose Mudra Ksepana ini, Mama akan 'membuang' segala kenegatifan yang sedang membebani hati dan pikiran.

Kapan pun merasa kehilangan semangat dan butuh energi positif, segera lakukan Mudra ini selama setidaknya 5 menit, sambil duduk bersila dengan bernapas dalam. Arahkan jari-jari telunjuk kebawah seperti gambarnya, untuk 'membuang' hal-hal negatif ke bumi, sekaligus mengambil energi positif yang selalu dimiliki sang ibu pertiwi. Efek melakukan Ksepana Mudra adalah seperti 'recharge' batin, yang setelahnya, Mama akan merasa kembali positif dan semangat.



Nah, sudah kembali ringan di hati dan pikiran kan, Ma? Malam nanti, boleh juga mengajak Papa mempraktekkan satu-dua tip mengatasi stres di atas ini, ya. Supaya bersama-sama kembali menjadi pribadi yang positif dan menyenangkan lagi. Ajarkan Papa caranya, ya!

Stay positive, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Tips Mengatasi Stres dengan Cepat Tanpa Obat-Obatan Ini Bisa Dicoba Saat Mama Sesak Akan Tekanan Hidup". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


PutuAyu Winayasari | @ayuwinayasari

A whole-hearted writer. A caring teacher. A Rocking Mama. A loving wife-daughter. Visit me at bilikayuwinayasari@blogspot.co.id. Reach me at raynorkayla@gmail.com. Or just come by to LIA-Bandung to have some bakso with me :)

Silahkan login untuk memberi komentar