4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

9.1K
Merawat kulit tidak akan berat jika menjadi kebiasaan dan rutinitas. Hanya 4 hal saja kok yang harus kita lakukan setiap hari, tapi efeknya bisa seumur hidup!

Ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik? Nggak perlu sering-sering ke salon kok, apalagi operasi plastik. Mama hanya perlu melakukan 4 langkah merawat kulit berikut ini setiap hari.

Harus setiap hari? Iya dong, kulit yang sehat dan cantik kan tidak bisa diperoleh secara instan, Mama harus rutin melakukan perawatan kulit setiap hari. Tidak usah berpikir ritual perawatan yang merepotkan dengan tahapan yang banyak dulu. Nanti, belum-belum sudah malas karena merasa nggak punya waktu.

Komponen penting dalam merawat kulit adalah membersihkan dan merawatnya dengan bantuan krim atau produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit kita.


BACA JUGA


Ini Lho, Ma, 6 Resep Masker Organik dari Selebritis Dunia Untuk Kecantikan Kulit Mama

Ini Lho, Ma, 6 Resep Masker Organik dari Selebritis Dunia Untuk Kecantikan Kulit Mama

Bicara soal kecantikan pastinya tidak melulu tentang lipstick, pensil alis, blush on dan perangkat make up lainnya. Hal yang paling mendasar ...

Read more..


4 langkah merawat kulit secara simpel yang wajib dilakukan setiap hari.


1. Membersihkan wajah


Wajah yang kotor dapat membuat pori-pori tersumbat serta menimbulkan jerawat dan komedo yang dapat merusak penampilan. Agar kulit wajah bersih, Mama perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah secara efektif dengan menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Untuk mengetahui jenis kulit dan merawat kulit wajah dengan tepat, Mama bisa mengikuti tips berikut.

Berminyak

Kulit terlihat mengkilap karena minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebum pada kulit sangat berlebihan. Pori-pori wajah besar dan tampak oleh mata disertai komedo. Sering muncul jerawat.

Pembersih wajah yang cocok: berbentuk cair yang lembut (gentle cleansing wash) dengan kandungan bebas minyak (oil free) dan pembersih berbentuk gel. Hindari pembersih dengan kandungan alkohol tinggi.

Kering

Kulit kering akan terasa tegang setelah dibersihkan. Pori-pori tidak terlihat. Lebih cepat muncul keriput dan timbul sisik halus di wajah.

Pembersih wajah yang cocok: pembersih wajah yang lembut seperti susu pembersih, kemudian bersihkan dengan sabun pembersih yang juga lembut. Pembersih wajah dengan kandungan bahan organik juga sangat disarankan ya, Ma. Pembersih organik ini mengandung bahan-bahan alami seperti almond, ekstrak bunga chamomile serta bebas bahan kimia.

Kombinasi / normal

Memiliki ukuran pori-pori yang tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Tekstur kulit terasa halus. Warna kulit juga tampak cerah dan tidak kusam, walaupun biasanya pada bagian leher tetap terasa kering dan sedikit berminyak pada area T di wajah.

Pembersih wajah yang cocok: berbagai jenis pembersih wajah dapat digunakan untuk kulit jenis ini. Baik yang berbentuk cair maupun toner.

Sensitif

Tekstur kulit sangat tipis dan berwarna agak terang. Terasa kering pada area tertentu serta sering timbul jerawat, flek, dan gatal.

Pembersih wajah yang cocok: gunakan produk pembersih yang sudah teruji secara klinis (biasanya terdapat tulisan dermatology tested pada kemasan produk).

Cara membersihkan dan merawat kulit wajah yang baik

  • Membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian sangat perlu dilakukan agar kotoran, minyak, zat kimia pada kosmetik tidak tertimbun pada wajah.
  • Basuhlah kulit wajah dengan air hangat, agar kotoran yang menyumbat pori serta debu dapat terangkat. Kemudian oleskan pembersih wajah lalu bilas dengan air bersuhu normal atau dingin.
  • Jika Mama terlalu banyak menggunakan make up pada wajah, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih make up.


2. Eksfoliasi



Eksfoliasi merupakan suatu cara merawat kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak sehingga kulit menjadi halus. Jika timbunan kulit mati tidak dibersihkan, kulit bisa menjadi kering, kasar, dan bersisik. Eksfoliasi cukup Mama lakukan seminggu sekali saja.

Cara melakukan eksfoliasi

Scrubbing atau merawat kulit dengan menggunakan produk krim yang mengandung butiran scrub adalah metode yang paling mudah untuk melakukan eksfoliasi pada kulit. Model perawatan kulit ini sangat tergantung pada daerah yang akan dieksfoliasi.

Cara terbaik menggunakan scrub adalah dengan krim berbutiran scrub khusus wajah yang halus. Gosoklah krim scrub ke seluruh wajah.


3. Menggunakan pelembap



Semua jenis kulit membutuhkan pelembap, Ma, tak terkecuali jenis kulit berminyak.

Kulit memerlukan perlindungan terhadap efek-efek alam seperti penuaan, paparan sinar matahari, dan udara sekitar yang berpengaruh terhadap kulit sehingga membuat kulit menjadi kusam dan kasar. Untuk mempertahankan dan merawat kulit agar tetap halus dan lembut, caranya dengan memberikan pelembap kulit.

Pelembap biasanya berbentuk krim dengan kekentalan bervariasi dari ringan sampai sangat kental, tergantung dari kandungan minyak dan gliserol.

Pelembap yang baik adalah pelembap dengan formula di mana minyak dan air tidak akan terpisah ataupun mengalami kerusakan bahkan untuk jangka waktu yang lama.

Cara menggunakan pelembap

Jika kulit Mama cenderung kering, pilih krim pelembap berbahan dasar minyak seperti silicone, ceramides, atau glycerin.

Untuk kulit berminyak, gunakan produk yang berbahan dasar air. Jika Mama memiliki kulit normal, pilihlah losion ringan yang mengandung humectant seperti sodium PCA dan hyaluronic acid.

Oleskan pelembap pada kulit tubuh dan kulit wajah sesudah mandi. Oleskan pada kulit tidak lebih dari 3 menit sesudah mandi, agar keadaan kulit tidak mengering.

Agar hasilnya maksimal, gunakan pelembap 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari.


4. Gunakan tabir surya



Faktor utama terjadinya penuaan dini atau munculnya kerutan pada wajah adalah paparan sinar matahari pada kulit.

Oleh karena itu, tabir surya atau sunscreen ini wajib digunakan setiap keluar ruangan ya, Ma. Fungsinya untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

Cara menggunakan tabir surya

Pilihlah tabir surya dengan minimal SPF (Sun Protection Factor) 15. Pastikan Mama memilih tabir surya yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Gunakan sekitar 30 menit sebelum keluar rumah dan oleskan kembali setiap 2 jam.


BACA JUGA


5 Cara Cantik Alami untuk Ibu Rumah Tangga Ini Harus Dicoba Demi Tetap Kinclong Meski Sibuk Bukan Kepalang

5 Cara Cantik Alami untuk Ibu Rumah Tangga Ini Harus Dicoba Demi Tetap Kinclong Meski Sibuk Bukan Kepalang

Cara cantik alami nggak perlu ala salon mahal. Bisa kok kita menemukan cara cantik alami ala kita sendiri, dengan menggunakan bahan alami ...

Read more..


Nah, keempat langkah merawat kulit di atas memang perlu untuk Mama lakukan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas. Nggak berat kan ya? Apalagi kalau sudah rutin, pastinya akan terbentuk kebiasaan untuk merawat kulit tanpa beban sama sekali.

Hasilnya? Meski tanpa make up, Mama pasti tetap terlihat cantik alami. Mau kan?

Makanya, yuk, jadikan wajah bersih dan terawat ini sebagai kebiasaan.

Stay pretty, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar