3 Perawatan Kulit Sehari-hari yang Wajib Dilakukan Oleh Perempuan Usia 40-an Agar Tetap Segar dan Kencang

3 Perawatan Kulit Sehari-hari yang Wajib Dilakukan Oleh Perempuan Usia 40-an Agar Tetap Segar dan Kencang

2.3K
Melakukan perawatan kulit berarti berinvestasi bagi diri sendiri untuk jangka waktu yang panjang. Yuk, lakukan perawatan kulit sejak sekarang!

The fabulous forty! Meski usia sudah berkepala 4, kulit harus tetap segar dan kencang, karena di kulitlah kunci kita bisa nampak awet muda. Betul, Ma? Makanya, perawatan kulit nggak boleh kendor. Karena kita sudah nggak dipusingkan oleh hal-hal yang riweuh khas mama-mama muda, makanya pasti sudah mulai ada waktu buat memikirkan diri sendiri.

Menurut para ahli dermatologis, kulit akan cenderung menjadi lebih kering saat kita memasuki usia 40-an. Juga mulai nampak kerutan dan garis halus, warna kulit nggak merata seperti timbulnya flek di beberapa tempat, dan bahkan kulit cenderung lebih sensitif. Nggak jarang juga lho, Ma, di usia 40-an jerawat jadi sering mampir lagi. Duh, macam remaja aja ya!

Semua itu dikarenakan produksi hormon estrogen dan progesteron yang menurun di usia 40 sehingga juga menyebabkan berkurangnya kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Nggak berhenti di situ, elastin dan komponen penting lainnya juga menjadi kurang stabil, yang mengakibatkan produksi sebum atau minyak pada kulit juga berkurang. Kulit menjadi lebih tipis dan kering deh.

Sebagai perempuan, kita memang harus selalu memperhatikan perawatan kulit ya, Ma. Sudah semacam kewajibanlah, supaya kulit selalu terlihat sehat dan segar. Investasi diri, begitulah istilahnya.

Perawatan kulit sehari-hari yang kita lakukan ini nggak sulit kok. Asal kita lakukan secara teratur.

Mama pasti juga sudah tahu, bahwa rajin mengonsumsi air putih sehari minimal 2 liter itu mutlak demi kesegaran alami kulit kita. Apalagi ditambah dengan memperbanyak buah dan sayur, say no to junk food, rajin berolahraga. Pastilah akan membuat kesehatan kulit kita selalu terjaga. Selain kulit sehat, bonusnya pun luar biasa; tubuh yang bugar!

Selain hal-hal yang sudah wajib kita lakukan di atas, ada beberapa hal wajib lain yang juga harus kita lakukan demi perawatan kulit yang maksimal, Ma. Coba kita lihat yuk!


Hal-hal yang wajib dilakukan dalam rangka perawatan kulit secara maksimal di usia 40-an


1. Jangan pernah lupa membersihkan wajah


Perawatan kulit pertama yang harus Mama lakukan adalah kulit pada wajah, pastinya ya. Perawatan kulit wajah yang paling mendasar adalah menjaga agar wajah selalu dalam kondisi bersih.

Membersihkan wajah adalah kegiatan wajib. Segala macam kotoran yang ada di wajah, seperti sisa-sisa make up, debu, minyak hasil produksi kulit wajah dan lain-lain, jangan dibiarkan tinggal berlama-lama menempel. Karena bisa menyebabkan pori-pori wajah tertutup, dan akan menimbulkan jerawat.

Mama bisa memilih facial foam ataupun produk pembersih wajah yang lain, misalnya lotion pembersih, yang disesuaikan dengan jenis kulit wajah Mama.

Jika Mama lebih suka menggunakan facial foam, maka pilihlah yang bertekstur creamy, karena biasanya mengandung lebih banyak bahan alami untuk membersihkan sekaligus melembapkan wajah.

Bersihkan wajah terutama saat menjelang tidur ya, Ma.


2. Menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya


Pelembap juga hal penting yang wajib kita pakai sehari-hari untuk perawatan kulit wajah ya, Ma. Pilihlah pelembap yang mengandung AHA, dan tabir surya agar kulit terlindung dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar matahari.

Perawatan kulit dengan menggunakan pelembap dengan tabir surya ini akan meminimalisir efek buruk pada kulit. Sudah tahu kan ya, Ma, bahwa sinar matahari (apalagi sinar matahari siang yang langsung mengenai kulit) merupakan penyebab utama penuaan dini. Apalagi kita hidup di negara tropis, yang sinar mataharinya kayak didiskon aja setiap harinya baik di musim hujan maupun di musim kemaraunya.

Kalau Mama sehari-hari menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan ber-AC, maka Mama juga akan membutuhkan pelembap ekstra juga sebagai tambahan perawatan kulit Mama, karena udara AC juga bersifat mengeringkan kulit.

Bawalah pelembap atau body lotion berpelembap dalam tas kesayangan Mama ke mana pun Mama pergi.


3. Jangan lupakan krim malam


Nah, bersihkan muka sudah, pakai pelembap juga sudah. Apa beneran sudah oke nih perawatan kulit kita? Belum! Ada yang wajib juga dilakukan nih, Ma, tapi banyak yang melupakan. Yes, memakai krim malam!

Kulit kita ini cenderung akan lebih mudah menyerap nutrisi pada malam hari dibanding siang hari, Ma. Krim malam akan membantu kita melembapkan daerah-daerah yang kering pada wajah, sehingga kulit wajah pun terasa rileks setelah seharian terpapar polusi dan sinar matahari. Karena itu pemakaian krim malam sebagai pelengkap perawatan kulit itu penting!

Krim malam yang bagaimana yang baik kita gunakan? Lagi-lagi kembali lagi ke jenis kulit Mama. Krim malam yang mengandung retinoid bagus untuk mengatasi penuaan.

Bersihkan wajah lebih dulu dengan facial foam atau lotion pembersih yang biasa Mama pakai, kemudian oleskan krim malam secara merata.


Memang banyak tips kecantikan dan tips awet muda yang bisa kita dapatkan dari berbagai tempat, terutama di internet ya, Ma. Tapi menurut saya, ketiga hal di atas merupakan yang paling esensial dalam perawatan kulit kita yang sudah berusia 40-an.

So, jangan lupa untuk melakukan ketiga perawatan kulit tersebut sehari-hari ya, Ma. Mama akan merasakan hasilnya nggak terlalu lama kemudian.

Stay pretty, Mama!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Perawatan Kulit Sehari-hari yang Wajib Dilakukan Oleh Perempuan Usia 40-an Agar Tetap Segar dan Kencang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Susanti Dewi | @SusantiDewi

Silahkan login untuk memberi komentar