2 Jenis Perawatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mama Lakukan Sendiri di Rumah Ini Akan Membuat Mama Segera Pulih. Cobain Deh!

2 Jenis Perawatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mama Lakukan Sendiri di Rumah Ini Akan Membuat Mama Segera Pulih. Cobain Deh!

3.6K
Perawatan setelah melahirkan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah secara tradisional. Iya, kuncinya hanya satu, yaitu telaten dan berkemauan, karena memang agak ribet ya, bikin ini dan itu. Tapi yakin deh, hasilnya, Mama akan bangga dengan diri Mama sendiri.

Perawatan setelah melahirkan? Saya sih YES, Ma. Nggak tahu kalau Mas Anang. Hehehe.

Saya pribadi dibesarkan dalam adat dan tradisi orang Jawa yang masih sangat kental. Walaupun sekarang sudah zaman modern dan masyarakatnya sudah mulai menipis keyakinannya terhadap segala sesuatu yang berbau tradisional, tetap saja saya melakukan beberapa tradisi sesaat setelah melahirkan. Tradisi pasca melahirkan ini meliputi perawatan bayi baru lahir, minum jamu-jamuan tradisional, serta perawatan tubuh untuk bayi dan ibu.

Hal tersebut masih saya lakukan saat saya melahirkan anak pertama saya tahun 2009, dan juga melahirkan anak kedua tahun 2012. Perawatan setelah melahirkan yang saya lakukan adalah perawatan dari dalam maupun dari luar, Ma, yang kesemuanya bertujuan baik bagi diri saya dan bayi.


BACA JUGA


2 Resep Jamu Segar untuk Langsing Segera Setelah Masa Nifas

2 Resep Jamu Segar untuk Langsing Segera Setelah Masa Nifas

Resep jamu segar ini bisa Mama coba untuk mendapatkan perut langsing segera setelah masa nifas. Praktis

Read more..


Apa saja perawatan setelah melahirkan yang saya lakukan secara tradisional itu? Well, barangkali Mama juga ingin melakukannya, karena khasiatnya tak perlulah kita ragukan lagi. Badan segera pulih, bayi pun bisa tumbuh sehat karena perawatan setelah melahirkan ala tradisional ini.


Beberapa perawatan setelah melahirkan yang saya lakukan

Perawatan setelah melahirkan dari luar: Memakai bedak beras kencur


Bedak beras kencur ini berupa butiran bubuk berwarna putih sebesar kelereng. Pemakaian perawatan setelah melahirkan dengan bedak beras kencur ini adalah dengan mengencerkannya dengan air dingin, lalu oleskan ke seluruh tubuh seperti luluran, Ma.

Kalau di kota besar tentu saja sudah jarang sekali dijual benda semacam ini. Tapi jangan khawatir, kita bisa membuatnya sendiri di rumah kok, Ma.

Bahannya :

Cara membuatnya :

  • Cuci bersih beras, lalu rendam selama 3-4 jam. Setelah direndam, beras ditiriskan. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Nggak sabar menumbuk? Mama bisa menggilingnya dengan blender kok. Lebih praktis kan?
  • Cuci bersih kencur. Haluskan, bisa dengan cara diparut atau ditumbuk.
  • Campurkan tepung beras dan parutan kencur. Aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit.
  • Campur sampai adonan pas untuk dibentuk bola-bola kecil (tidak terlalu encer atau terlalu kering).
  • Setelah dibulat-bulatkan, jemur di bawah sinar matahari. Ini agar bedak beras kencur ini bisa awet untuk pemakaian berbulan-bulan.

Cara pemakaian :

  • Ambil 5 butir bedak beras kencur yang sudah Mama buat tadi. Taruh dalam wadah. Tambahkan sedikit air. Campur hingga merata.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ke dalamnya. Irisan jeruk ini menambah efek kesegaran di badan.
  • Balurkan ke seluruh tubuh sehabis mandi. Seperti luluran, tapi ini dilakukan sehabis mandi saat badan bersih dari keringat dan kotoran.

Khasiat:

Resep perawatan setelah melahirkan ini merupakan resep warisan yang sudah turun temurun, Ma. Diwariskan oleh nenek saya lalu kepada ibu saya. Jadi sebagai anak yang sholeha dan berbakti, ya saya cuma “Sami’na wato’na”. Hehehe

Karena nggak dijelaskan oleh ibu apa khasiat dari bedak beras kencur ini, akhirnya saya mencari informasi apa saja khasiat yang terkandung dalam beras dan kencur untuk kulit. Dan ternyata memang WOW banget kegunaannya, lho Ma.

Dari berasnya, ternyata bukan hanya untuk dimakan dan menghasilkan karbohidrat. Namun, kandungan sari pati beras ini bisa melembutkan kulit. Saya jadi ingat kosmetik yang mengandung beras. O iya, Mama pasti tahu wanita Jepang yang kulitnya terkenal putih dan mulus? Konon mereka selalu membasuh tubuhnya dengan air beras.

Manfaat lainnya, butir-butir beras yang sudah ditumbuk tadi berguna sebagai scrub alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bersih dan halus.

Sedangkan khasiat kencur ketika dioleskan pada bagian kulit adalah menyembuhkan memar-memar dan pegal linu, Ma. Saya jadi ingat, kalau anak-anak jatuh sampai benjol dan memar, ibu saya selalu memakai kencur dan beras untuk mengobati memarnya dengan cara mengunyah beras dan kencur lalu mengoleskan pada luka memar. Benjol dan memar jadi cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas.

Mama yang baru saja melahirkan kan badannya (luar biasa) pegel sana-sini ya. Jadi kalau dioles atau dilulur dengan beras kencur ini, jadi cepat hilang deh pegelnya. Nyaman banget rasanya, Ma, setelah luluran dengan bedak beras kencur ini.

Hal ini sudah biasa kalau di kampung halaman saya, sehingga nggak perlu malu saat ada yang menjenguk bayi dan ibunya. Tapi kalau di kota domisili saya sekarang yang notabene adalah kota besar yang lebih modern, waktu saya pakai luluran ini setelah melahirkan anak kedua, mereka heran bahkan ada yang menertawakan, Ma. Hahaha.

Ya kebayang kan? Seluruh tubuh, mulai muka, tangan dan kaki semuanya putih, coreng-moreng, kayak ondel-ondel atau badut Ancol. Hihihi.

Tapi nggak apa-apa, Ma. Tetap pede! Saya juga kan yang merasakan manfaatnya sekarang.


Perawatan setelah melahirkan dari dalam: Minum jamu beras kencur


Ada sebagian orang yang anti banget meminum minuman yang berlabel “jamu”. Apakah Mama termasuk di antaranya?

Entah mungkin karena rasanya yang nggak enak atau alasan lain, saya nggak tahu juga sih. Tapi saya sih merekomendasikan, Ma, untuk perawatan setelah melahirkan jangan anti minum jamu. Karena khasiatnya luar biasa lho.

Manfaat jamu beras kencur:

  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengurangi pegal-pegal di tubuh.
  • Menyegarkan badan.
  • Menambah stamina tubuh.
  • Meredakan rasa nyeri.
  • Sebagai obat masuk angin.
  • Mencegah munculnya jerawat di wajah.
  • Sebagai obat pelangsing alami.
  • Memelihara kesehatan tubuh.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah, terus di mana kita bisa mendapatkan jamu beras kencur? Yah, kalau di sini sih, biasanya ada mbak-mbak yang jualan keliling komplek. Saran saya sih, jangan minum jamu beras kencur yang instan atau kemasan yang dijual di supermarket, karena siapa yang tahu zat apa saja yang ditambahkan kan? Bisa saja mengurangi khasiat beras dan kencur itu sendiri.

Nah, kalau ingin lebih aman, kita juga bisa membuat jamu beras kencur sendiri di rumah kok. Caranya sangat mudah asal telaten saja sih, Ma. Hehehe.

Bahan:

  • Beras putih 200 gr
  • Kencur 3 buah seukuran jari
  • Kunyit 1 buah seukuran jari
  • Asam jawa, 2 sdm
  • Gula jawa 200 gr
  • Jahe 1 buah seukuran jari
  • Daun pandan 2 lembar (kalau tidak ada tidak apa-apa)
  • Jeruk nipis 2 buah
  • Air

Cara membuatnya

  • Rendam 200 gr beras selama 3 jam.
  • Rebus kencur, kunyit, jahe, daun pandan, asam jawa, serta gula jawa ke dalam 6 gelas air.
  • Setelah matang dan air menyusut, saring air rebusan tadi. Pisahkan ampasnya.
  • Tumbuk halus beras yang sudah direndam dengan ampas rebusan tadi. Setelah ditumbuk halus, campurkan lagi ke dalam air rebusan. Setelah diaduk rata kemudian saring.
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis serta sepucuk sendok teh garam ke dalamnya. Aduk rata.

Minumlah jamu beras kencur ini dua kali sehari agar badan terasa segar, pegal-pegal cepat hilang dan ASI pun lancar.


BACA JUGA


Resep Minuman Tradisional Beras Kencur, Gula Asam dan Serbat yang Segar dan Menyehatkan

Resep Minuman Tradisional Beras Kencur, Gula Asam dan Serbat yang Segar dan Menyehatkan

3 minuman tradisional berikut ini begitu menyegarkan, kaya manfaat, dan sehat! Coba bikin sendiri aja yuk

Read more..


Nah, Mama, itulah rahasia perawatan setelah melahirkan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah secara tradisional. Iya, kuncinya hanya satu, Ma, yaitu telaten dan berkemauan, karena memang agak ribet ya, bikin ini dan itu. Tapi yakin deh, hasilnya, Mama akan bangga dengan diri Mama sendiri.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "2 Jenis Perawatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mama Lakukan Sendiri di Rumah Ini Akan Membuat Mama Segera Pulih. Cobain Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Winursih UwienBudi | @uwienbudi

Silahkan login untuk memberi komentar