10 Perawatan Tubuh yang Wajib Mama Lakukan Setiap Harinya untuk Investasi Diri Jangka Panjang

10 Perawatan Tubuh yang Wajib Mama Lakukan Setiap Harinya untuk Investasi Diri Jangka Panjang

7.2K
Melakukan perawatan tubuh secara teratur sama saja dengan melakukan investasi pada hidup kita sendiri. Karena apa yang akan terjadi di hari tua kita nanti, tergantung pada apa yang kita kerjakan sekarang.

Untuk bisa cantik sepanjang waktu, sebenarnya cukup sederhana, Ma, yaitu dengan melakukan perawatan tubuh secara teratur. Karena setiap bagian dari tubuh nggak cuma butuh perhatian, tapi juga membutuhkan perawatan untuk investasi jangka panjang.

Meski Mama sudah punya peralatan make up yang lengkap, dan sudah belajar make up ke 7 tempat yang direkomendasikan Rocking Mama, namun jika Mama tak melakukan 10 basic perawatan tubuh ini maka ya, sama saja bohong deh. Make up tidak akan bisa menempel pada wajah kita dengan sempurna jika wajah kita tidak pernah dibersihkan dan dirawat secara teratur. Demikian pula, misalkan Mama pengin mewarnai rambut dengan gaya hidden rainbow, juga nggak akan bisa keren kalau rambut Mama rontok tak keruan.

Dengan demikian, setuju pastinya ya, bahwa basic-basic perawatan tubuh ini sangat penting, sebelum you take yourself to the next level? Nggak cuma akan memengaruhi penampilan dan kecantikan fisik Mama saja sih, namun perawatan tubuh ini juga akan baik bagi kesehatan Mama.

Nggak ribet kok, Ma. Sama sekali nggak ribet. Hanya saja, memang perlu niat karena Mama harus melakukannya secara teratur. Nggak setiap hari juga sih. Misalnya, untuk masker rambut kan nggak perlu juga Mama lakukan setiap hari. Hasilnya akan optimal jika Mama lakukan sebulan sekali.

Well, kita lihat saja yuk, beberapa basic tips we should know how to treat every inch of our body.


10 Perawatan tubuh yang wajib Mama lakukan secara teratur


Perawatan Tubuh #1 - Rambut



  • Kalau mau nyatok, sebaiknya Mama mempilih tingkat panas yang paling rendah.
  • Begitu juga dengan hair dryer, pilih yang ada diffuser-nya, jadi panas nggak secara langsung kena rambut.
  • Rambut dan kulit kepala kita juga perlu dimasker lho, Ma, supaya terhidrasi dengan baik. Lakukan minimal sebulan sekali ya.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal untuk merawat rambut, konsumsilah ikan salmon, bayam, brokoli, telur, dan wortel secara teratur.


Perawatan Tubuh #2 - Mata



  • Jangan terlalu lama di depan komputer. Biasakan istirahat setiap 20 menit sekali, and do a little eye exercise, misalnya dengan mengedipkan mata sebanyak 10 kali setiap kali break.
  • Gunakan lensa kontak tak lebih dari 19 jam, apalagi pas tidur. Mata membutuhkan supply oksigen biar bisa bekerja dengan baik, dan lensa kontak mengganggu laju oksigen ke mata.
  • Lakukan medical checkup 2 tahun sekali.
  • Rawat juga dari dalam dengan banyak mengonsumsi wortel, sayuran hijau, dan ikan salmon.


Perawatan Tubuh #3 - Gigi



  • Ganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali. Sikat gigi yang sudah lama digunakan biasanya bulunya mencuat sehingga bisa melukai gusi.
  • Kumur-kumur dengan antibacterial mouthwash dan bersihkan lidah dengan tongue scraper.
  • Lakukan medical checkup 6 bulan sekali.
  • Banyak-banyaklah makan sugarfree gum dan stroberi, Ma, untuk memperkuat gigi.


Perawatan Tubuh #4 - Telinga



  • Sebenarnya kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya. Namun, kalau Mama memang ingin membersihkan telinga Mama, daripada membersihkannya dengan cotton bud, akan lebih baik gunakan saja cairan pembersih telinga yang banyak dijual di apotek.
  • Sering mendengar suara yang keras bisa mengakibatkan rambut halus dalam telinga menjadi rusak. So, kurangilah kebiasaan mendengarkan musik dengan volume keras ya, Ma.
  • Lakukan medical checkup kalau telinga sudah mulai berdengung atau pendengaran mulai berkurang.
  • Telinga yang sehat juga membutuhkan nutrisi yang mengandung Omega3 dan vitamin D (salmon, tuna), brokoli, pisang dan kentang.


Perawatan Tubuh #5 - Kulit



  • Gunakan sunscreen dengan SPF minimum 15 – 30, supaya nggak mudah terkena dampak buruk dari sinar UV.
  • Do exfoliate both facial skin and the body once a week, Ma. Bersihkan dengan sabun, lalu gosokkan scrub dengan gerakan memutar.
  • Untuk kulit yang cerah, perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, mangga, kiwi, stroberi, cabai dan brokoli.


Perawatan Tubuh #6 - Ketiak



  • Cukur bulu ketiak, bisa dengan shaving atau waxing, karena rambut ketiak yang tebal akan membuat bakteri betah tinggal.
  • Keringat yang bercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau badan. So, kalau mau nggak bau badannya, Mama harus jaga ketiak agar tetap bersih dengan rajin mandi dan membersihkannya. Bisa juga menggunakan antiperspirant deodorant yang bisa menghambat produksi keringat.
  • Oleskan minyak perasan lemon atau tomat pada ketiak, lalu tunggu 10 menit. Hal ini bisa membantu membuat ketiak yang menghitam karena sering dicukur jadi lebih putih.


Perawatan tubuh #7 - Kuku



  • Untuk membersihkan kutikula, cukup doronglah kutikula ke dalam kukunya, Ma.
  • Gunting kuku secara teratur, supaya kuku nggak sampai patah karena kepanjangan.
  • Membersihkan kuku terlalu dalam dapat memunculkan celah antara kuku dengan bantalan kuku sehingga bakteri dan jamur jadi gampang masuk, dan bisa menyebabkan banyak masalah pada kuku Mama. So, jangan bersihkan terlalu dalam ya.
  • Begitu ada infeksi pada kuku, langsung periksakan ke dokter.
  • Kuku juga bisa kita rawat dengan nutrisi dalam makanan lho, Ma. Makanan yang membawa pengaruh baik bagi kuku di antaranya adalah daging merah, kacang mede, almond, tiram laut, dan susu.


Perawatan Tubuh #8 - Daerah Kewanitaan



  • Underwear dari bahan katun adalah yang terbaik, apalagi untuk pemakaian seharian. Bahan yang lembut dan nyaman bisa membuat kulit area daerah kewanitaan kita bernapas dengan lega.
  • Gunakan sabun pembersih yang tidak mengandung parfum, supaya pH alaminya nggak terganggu dan jadi iritasi. Bersihkan bagian luarnya saja ya, Ma, biar bakteri baik di dalamnya nggak ikut mati.
  • Kalau Mama sedang menstruasi, usahakan untuk mengganti pembalut minimal 4 jam sekali ya. Tangan harus benar-benar higienis saat menggantinya.
  • Konsumsi makanan-makanan fermentasi misalnya yoghurt, untuk membuatnya tetap sehat.


Perawatan Tubuh #9 - Kaki



  • Oleskan coconut oil ke telapak kaki yang bersih sebelum tidur, lalu lapisi dengan kaos kaki dan biarkan semalam. Hal ini akan membuat kulit kaki Mama tetap lembut sepanjang waktu.
  • Kaki juga harus sering-sering dibersihkan ya, Ma, supaya nggak penuh dengan kotoran dan bakteri. Apalagi kalau seharian pakai sepatu.
  • Make the feet stronger dengan berjalan kaki atau lari kecil beberapa kali dalam seminggu.
  • Konsumsi cokelat dan delima untuk pemeliharaan kulit kaki; keju dan cherries untuk otot kaki; bayam, susu dan ikan salmon untuk tulang kaki Mama.


Perawatan Tubuh #10 - Otak



Yes, ini perawatan tubuh yang paling penting. Setuju nggak, Ma?

  • Olahraga teratur untuk memompa sel darah merah yang membawa oksigen ke otak sehingga otak bisa bekerja dengan baik.
  • Tidur yang cukup supaya otak kita punya waktu untuk beristirahat.
  • Sesekali coba mengisi TTS atau main scrabble, supaya otak menjadi terlatih dan daya ingat nggak menurun.
  • Feed it with salmon, tuna, brokoli, bayam, avokad, dan kacang-kacangan.


Well, siapa sih yang nggak pengin tampil cantik sampai tua nanti? Mama tentunya setuju kan dengan saya, bahwa tubuh kita adalah investasi hingga di masa-masa yang akan datang. Apa yang akan terjadi pada kita di hari tua nanti tergantung pada apa yang kita lakukan sekarang. Makanya ayo, Ma, lakukan perawatan tubuh setidaknya yang basic seperti di atas secara teratur.

So, sayangi tubuh Mama selalu ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Perawatan Tubuh yang Wajib Mama Lakukan Setiap Harinya untuk Investasi Diri Jangka Panjang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dewi Kamaratih | @DewiKamaratih

A mom. A wife. A fighter.

Silahkan login untuk memberi komentar