10 Masker Wajah Berikut Ini Bisa Mengatasi Kulit Wajah Berminyak yang Menyebalkan!

10 Masker Wajah Berikut Ini Bisa Mengatasi Kulit Wajah Berminyak yang Menyebalkan!

3.4K
Kulit berminyak memang selalu membuat wajah menjadi kurang kece. Masker wajah ini bisa loh, Ma, dibuat dan dipakai untuk membersihkan minyak di wajah.

Bete nggak sih, Ma, kalau kulit Mama termasuk dalam kategori kulit berminyak yang selalu terlihat mengkilat sepanjang hari? Yang kadang terlihat kusam karena banyaknya produksi minyak di wajah? Sampai kadang-kadang rasanya ingin memeras wajah supaya minyaknya hilang.

Itulah yang saya rasakan, Ma. Kulit saya termasuk kulit yang produksi minyaknya cukup membuat saya terganggu. Kertas minyak dan compact powder merupakan 2 hal wajib yang nggak boleh ketinggalan di tas saya, karena setiap saat harus menotolkan kertas minyak atau spon compact powder di wajah agar wajah terlihat cerah tanpa minyak.

Mama tahu nggak, kalau ternyata masker wajah bisa membantu menghilangkan minyak di wajah loh. Tapi yaaaa, agak menguras dompet sih kalau harus dipakai teratur. Tapi, tenang aja, Ma. Kita bisa kok buat masker wajah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan.


BACA JUGA


5 Tips Kecantikan Alami Ini Bisa Mama Lakukan Setiap Hari Untuk Mengembalikan Pancaran Wajah Mama

5 Tips Kecantikan Alami Ini Bisa Mama Lakukan Setiap Hari Untuk Mengembalikan Pancaran Wajah Mama

Tips kecantikan alami yang bisa Mama lakukan untuk mengembalikan pancaran wajah Mama adalah dengan melakukan 5 rutinitas simpel ini

Read more..


Sebenarnya, penyebab kulit berminyak itu apa sih?

Dalam istilah medis, kulit berminyak disebut juga Seborrhea. Beberapa penyebab kulit berminyak antara lain:

  1. Kulit berminyak disebabkan oleh sebum berlebih atau minyak kulit.
  2. Salah stau penyebab kulit berminyak adalah hormon. Itulah kenapa kulit berminyak biasanya muncul pada saat pubertas. Peningkatan kadar androgen di masa pubertas menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah. Meskipun masa pubertas sudah dilewati, beberapa orang tetap memiliki produksi minyak berlebih di wajah.
  3. Faktor genetik.
  4. Produksi minyak akan lebih banyak pada saat Mama menstruasi, saat Mama merasa stress, ketika cuaca lembab, dan ketika Mama memakai make up berat secara teratur.
  5. Memakai make up atau pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit Mama.

Mama bisa mengontrol beberapa penyebab kulit berminyak di atas, atau Mama bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan produksi minyak berlebih.

Tapi, jika semua sudah dilakukan dan kulit Mama masih tetap berminyak, Mama bisa mencoba membuat beberapa ide masker wajah di bawah ini untuk membersihkan minyak. Dengan membuat masker wajah sendiri di rumah, Mama jadi yakin akan bahan-bahan alami yang digunakan di dalamnya.


Beberapa masker wajah untuk kulit berminyak yang bisa Mama buat sendiri di rumah

Cuka Sari Apel


Mengandung antibakteri dan antiseptik alami, cuka sari apel merupakan pilihan tepat untuk dibuat masker wajah untuk kulit Mama yang berjerawat dan berminyak.

Mama bisa langsung menggunakan cuka sari apel langsung ke wajah Mama sebagai toner tanpa campuran apa pun. Basahi kapas dengan cuka sari apel, kemudian totolkan lembut ke seluruh wajah. Diamkan hingga kering dan meresap.

Kemudian cuci bersih kulit Mama. Atau Mama juga bisa mencampurkannya dengan baking soda, yang memiliki khasiat mengelupaskan kulit.


Masker Pisang


Bahan masker wajah yang bisa membantu Mama membersihkan minyak ini bisa Mama dapatkan dengan mudah di pasar atau supermarket.

Mama bisa langsung mengoleskan pisang yang sudah Mama haluskan terlebih dahulu, ke wajah. Atau, Mama bisa mencampurkan pisang dengan madu sebelum mama oleskan ke wajah Mama.

Pisang yang paling bagus untuk digunakan sebagai masker wajah adalah pisang yang benar-benar sudah matang. Jika Mama mau, Mama bisa memasukkan pisang ke lemari es terlebih dahulu sebelum diolah sebagai masker wajah.

Dengan begitu, akan ada efek mendinginkan ketika Mama oleskan ke wajah Mama.


BACA JUGA


4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

4 Langkah Sederhana Merawat Kulit dan Wajah Ini Wajib Mama Lakukan Demi Kulit Kinclong Setiap Hari!

Merawat kulit tidak akan berat jika menjadi kebiasaan dan rutinitas. Hanya 4 hal saja kok yang harus kita lakukan setiap hari, tapi efeknya ...

Read more..


Masker Putih Telur


Menggunakan putih telur di kulit wajah Mama merupakan ide bagus, karena protein di dalam telur membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat.

Selain itu, masker wajah putih telur juga bisa melembapkan kulit dan membantu memperlambat proses penuaan kulit loh, Ma.

Campurkan putih telur dengan madu dan lemon. Madu merupakan antibakteri, dan lemon merupakan zat yang dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat sekaligus mencerahkan warna kulit.


Masker Oatmeal


Campur oatmeal dengan putih telur dan madu, Ma. Kombinasi masker wajah ini sangat bagus untuk membersihkan kulit.


Masker Tanah Liat


Menggunakan tanah liat sebagai masker wajah merupakan cara klasik untuk merawat kulit wajah Mama. Wait, what? Tanah liat?

Yes! Alasan kenapa tanah liat sangat bagus untuk wajah adalah karena tanah liat mampu mengeluarkan kotoran dari pori-pori, Ma. Kombinasikan tanah liat dengan witch hazel.

Kombinasi ini sangat bagus untuk membersihkan wajah Mama.


Masker Serbuk Kulit Jeruk

Bahan lain yang sangat bagus untuk masker wajah namun sedikit sulit didapat adalah serbuk kulit jeruk. Mama mungkin bisa mendapatkannya di supermarket bagian rempah-rempah.

Atau, Mama bisa membuat sendiri serbuk kulit jeruk dengan cara mengeringkan dan menggiling kulit jeruk.

Serbuk kulit jeruk merupakan pembersih yang bagus. Zat yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi dan mengandung vitamin yang dapat menciptakan warna kulit yang sehat.


Masker Air Mawar


Bahan lain yang banyak ditemukan di masker wajah pada umumnya adalah air mawar.

Air mawar sebenarnya terbuat dari bunga mawar. Mama bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Air mawar dapat membersihkan, mengencangkan dan menenangkan kulit di seluruh tubuh Mama. Dan sangat bagus jika Mama bisa menambahkan air mawar ke dalam air yang Mama gunakan untuk mandi.

Untuk masker wajah, Mama bisa mencampurkan air mawar dengan madu, putih telur dan tepung barley. Jika Mama tidak menemukan atau memiliki tepung barley, Mama bisa mem-blender oatmeal sebagai gantinya.


BACA JUGA


Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 4 Hal Ini Harus Mama Hindari! Nomor 3, Pasti Jarang Dilakuin!

Kesehatan kulit wajah penting banget untuk diperhatikan. Semakin bertambah usia, perawatan yang dibutuhkan Mama harus ekstra nih demi ...

Read more..


Scrub Wajah Jagung dan Yoghurt


Mama dapat mencampurkan yoghurt, lemon, dan jagung giling sebagai bahan masker wajah, atau yang lebih berfungsi sebagai scrub.

Jagung sangat bagus untuk pengelupasan kulit, sementara lemon merupakan antiseptik, dan yoghurt dapat membantu menyeimbangkan dan memberikan nutrisi pada kulit.


Masker Tomat


Bahan yang sebenarnya sangat bagus untuk digunakan sebagai masker wajah buatan sendiri adalah tomat. Tidak hanya untuk kulit, tomat juga sangat bagus untuk seluruh tubuh Mama.

Vitamin dalam tomat dapat membantu memudarkan noda dan menghaluskan kulit kasar, membentuk kolagen untuk mempertahankan elastisitas kulit, dan membantu melembapkan kulit.

Kombinasikan tomat dengan madu, lemon atau timun, tergantung kebutuhan kulit Mama.


Masker Kunyit


Kunyit adalah bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan jerawat dan iritasi kulit lainnya. Selain itu, kunyit juga bagus untuk menghaluskan penyimpangan pigmentasi dan mengobati kulit terbakar. Dan saya yakin Mama pasti punya stok kunyit di dapur. Hehehe.

Untuk membuat masker kunyit. Untuk membuat masker wajah ini, yang Mama butuhkan adalah kunyit, madu dan yoghurt.


BACA JUGA


Beberapa Reaksi Setelah Facial Wajah Ini Perlu Mama Ketahui - Mana yang Normal dan Mana yang Perlu Diwaspadai

Beberapa Reaksi Setelah Facial Wajah Ini Perlu Mama Ketahui - Mana yang Normal dan Mana yang Perlu Diwaspadai

Reaksi setelah facial wajah sangatlah umum terjadi. Namun, ada beberapa reaksi setelah facial wajah ini yang harus Mama waspadai

Read more..


Gimana Ma? Mudah kan membuat masker wajah sendiri untuk membersihkan minyak di wajah Mama.

Selamat mencoba ya.

And stay pretty!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Masker Wajah Berikut Ini Bisa Mengatasi Kulit Wajah Berminyak yang Menyebalkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wian Hermawan | @wianhermawan

Silahkan login untuk memberi komentar