10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?

9.5K
Buku adalah gudang ilmu. Mau buku fiksi atau nonfiksi, semua perlu banget kita baca untuk menambah wawasan kita sendiri. Sudah baca 10 buku yang paling laris sedunia ini belum?

Selamat Hari Buku Sedunia!

Pastinya Mama juga suka membaca buku kan ya? Dari buku kita bisa dapat banyak ilmu dan sekaligus juga bisa jadi me time yang paling menenangkan. Betul, Ma?

So. sudah berapa banyak buku yang Mama baca bulan ini? 5, 6, ... 10, 20?

Pastinya Mama juga sudah membaca buku-buku best seller dunia ya? Semacam serial Harry Potter, atau serial Lord of the Ring, dan serial Confession of a Shopaholic? Atau mungkin Mama penggemar buku-buku nonfiksi semacam The 7 Habits of Highly Effective People?

Mungkin Mama memang sudah membaca banyak buku. Sudah khatam buku-buku laris sedunia, novel-novel paling top oleh penulis-penulis terkenal, baik klasik maupun modern.


BACA JUGA


Jangan Mengaku Penggemar Novel, Kalau Mama Belum Membaca 4 Jenis Novel 'Nyeleneh' Ini!

Jangan Mengaku Penggemar Novel, Kalau Mama Belum Membaca 4 Jenis Novel 'Nyeleneh' Ini!

I do believe something very magical can happen when you read a good book. ~ J.K Rowling

Read more..


Tapi pengin tahu nggak sih, buku-buku apa saja yang dibaca oleh orang-orang sedunia, Ma? Karena bisa saja Mama belum baca semua buku yang orang-orang juga baca.

So, here is the list of most read books in 50 years. Dihitungnya berdasarkan jumlah eksemplar yang dijual, Ma. Jadi, asumsinya memang setiap kali ada penjualan, maka saat itu pula buku tersebut pasti dibaca. Yah, ini sih pada umumnya ya. Kalau misal ternyata ada orang kayak saya, seorang tsundoku (penimbun buku) sejati, maka ya mereka-mereka ini juga ikut terhitung sebagai pembaca buku sih. Meski bacanya entah kapan-kapan. #eh


Ini dia 10 buku yang paling banyak dibaca di seluruh dunia dalam 50 tahun terakhir, seperti yang dirilis oleh situs hubpages.com.




10. The Diary of Young Girl - Anne Frank (Terjual 27 juta eksemplar)

The Diary of a Young Girl adalah buku versi bahasa Inggris yang ditulis berdasarkan buku harian milik Anne Frank saat dia bersembunyi selama 2 tahun bersama keluarganya saat pendudukan Nazi di Belanda.

Buku ini sekarang dianggap sebagai salah satu key text di abad ke-20, Ma.


9. Think and Grow Rich - Napoleon Hill (Terjual 30 juta eksemplar)

Think and Grow Rich merupakan buku motivasi yang ditulis oleh Napoleon Hill.

Buku ini adalah buku tentang self improvement dan personal development, yang ditulis oleh Napoleon Hill terinspirasi oleh saran-saran yang didapatkannya dari Andrew Carnegie, seorang miliarder keturunan Skotlandia - Amerika.


8. Gone with the Wind - Margareth Mitchell (Terjual 33 juta eksemplar)


Ah, yang satu ini memang fenomenal banget ya. Sudah difilmkan, dan merupakan salah satu film klasik yang must watched banget.

Gone With the Wind merupakan novel drama romantis, ditulis oleh Margaret Mitchell. Setting-nya adalah di Georgia selama Perang Saudara Amerika, dengan tokoh utama bernama Scarlett O'Hara, putri seorang pemilik perkebunan imigran Irlandia.

Novel ini memenangkan penghargaan Pulitzer, dan diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama dan juga berhasil memenangkan Academy Award.


7. The Twilight Saga - Stephenie Meyer (Terjual 43 juta eksemplar)

The Twilight Saga merupakan buku novel pertama dalam serial young adult populer yang ditulis oleh Stephenie Meyer. Berkisah tentang seorang gadis muda yang jatuh cinta pada seorang vampir, buku ini penuh dengan kutipan romantis pun dengan aksi-aksi yang memikat dari para tokohnya.

She says 'First, he was a vampire. Second, there was a part of him that thirsted for my blood. And third, I was unconditionally and irrevocably in love with him'.


BACA JUGA


Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller, Keempat Sosok Ini Bisa Mama Jadikan Inspirasi

Dari Blogger Menjadi Penulis Best Seller, Keempat Sosok Ini Bisa Mama Jadikan Inspirasi

Mama memiliki hobi menulis? Pada umumnya sudah memiliki blog, yes. Menjadi sukses berawal dari blog itu bisa lho, Ma. Keempat sosok ini ...

Read more..


6. The Da Vinci Code - Dan Brown (Terjual 57 juta eksemplar)

The Da Vinci Code adalah novel fiksi yang ditulis oleh penulis berkebangsaan Amerika, Dan Brown, berkisah mengenai penyelidikan Robert Langdon atas kasus pembunuhan di Museum Louvre Paris.

Dalam buku ini diceritakan, bahwa Langdon menemukan kemungkinan yang menarik bahwa Yesus Kristus telah menikah dengan Maria Magdalena, dan bahkan punya anak kemudian. Kontroversi pun merebak seputar beberapa "fakta" yang disajikan dalam novel ini yang bertentangan dengan ajaran agama Katolik yang berlaku, sehingga membuat buku justru laris dibeli dan dibaca.

The Da Vinci Code telah dibuat menjadi film yang dibintangi oleh Tom Hanks. Mama pasti sudah nonton juga ya?


5. The Alchemist - Paulo Coelho (Terjual 65 juta eksemplar)

The Alchemist diterbitkan pada tahun 1987, dan menjadi buku terlaris di Brasil, serta telah terjual 65 juta eksemplar di seluruh dunia. Buku ini menjadi salah satu buku terlaris sepanjang sejarah, Ma. The Alchemist telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 67 bahasa, berhasil memenangkan Guinness World Record untuk jenis buku yang paling banyak diterjemahkan dalam bahasa-bahasa di dunia dan ditulis oleh penulis yang masih hidup.

Paulo Coelho bukan hanya salah satu yang paling banyak dibaca, tapi juga salah satu penulis penulis paling berpengaruh saat ini.


4. Lord of the Rings - J. R. R. Tolkien (Terjual 103 juta eksemplar)

This one is my fav!

Lord of the Rings adalah cerita fantasi epik yang ditulis oleh ahli filologi, J. R. R. Tolkien. Novel ini ditulis sebagai sekuel The Hobbit, buku cerita fantasi untuk anak yang sudah terbit sebelumnya, namun justru berkembang menjadi jauh lebih terkenal.

Lord of the Rings telah dibuat pula menjadi sebuah trilogi film yang terdiri dari 3 film fantasi fantasi live action; Fellowship of the Ring, The Two Towers dan The Return of the King, yang kemudian disusul dengan film The Hobbit yang merupakan cikal bakal perjuangan Frodo Baggins saat mengembara untuk memusnahkan Sang Cincin.


3. Harry Potter - J. K. Rowlings (Terjual 400 juta eksemplar)

Harry Potter merupakan rangkaian dari 7 novel fantasi, oleh penulis Inggris J. K. Rowling. Dan sepertinya ketujuhnya sudah menjadi film layar lebar yang pasti juga sudah Mama tonton bareng keluarga ya, Ma.

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama terpesona dengan karakter fiksi Harry Potter ini, dan sepertinya nggak pernah puas akan kisahnya ya. Terbukti, meski katanya seri filmnya sudah tamat, permintaan untuk dibuat film dan buku masih terus saja ada.


BACA JUGA


6 Film Keluarga Nominasi Oscar 2017 yang Cocok untuk Mama Tonton Bersama Papa dan Anak-anak!

6 Film Keluarga Nominasi Oscar 2017 yang Cocok untuk Mama Tonton Bersama Papa dan Anak-anak!

Ini dia film-film keluarga yang mendapat nominasi Oscar 2017. Jangan sampai belum nonton ya

Read more..


2. Quotations from the Works of Mao Tse-tung - Mao Tse-tung (Terjual 820 juta eksemplar)

Quotations from the Works of Mao Tse-tung, atau seperti yang biasa disebut, 'little red book' Mao Tse-tung, adalah penjelasan pribadi orang-orang Tiongkok tentang ideologi Partai Komunis Tiongkok.


1. The Holy Bible (Terjual 3.9 miliar eksemplar)

Wah, mungkin ini agak di luar ekspektasi kita semua ya, bahwa buku paling banyak dibeli dan dibaca adalah The Holy Bible, atau Alkitab. Tapi menurut data yang ada memang demikian, Ma. Buku The Holy Bible telah dibeli sebanyak 3.9 miliar (and counting) di seluruh dunia.


BACA JUGA


Emma Watson, Seperti Belle dalam Beauty and The Beast, Begitu Cantik dan Suka Baca Buku. Buku Apa Saja yang Dibaca Ya?

Emma Watson, Seperti Belle dalam Beauty and The Beast, Begitu Cantik dan Suka Baca Buku. Buku Apa Saja yang Dibaca Ya?

Emma Watson, di mana beauty and brain menjadi satu. Pemeran Belle dalam film Beauty and The Beast terbaru ini bukan hanya cantik, tetapi ...

Read more..


Nah, sudah berapa banyak buku di atas yang sudah Mama baca? Atau malah belum baca semua?

Well, ada baiknya memasukkan beberapa di dalam daftar wishlist Mama juga untuk tahun ini ya, untuk memperkaya wawasan kita sendiri. Baca buku kan nggak pernah ada ruginya ya, Ma?

Selamat membaca buku, Ma!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Buku yang Paling Banyak Dibaca di Seluruh Dunia - Sudahkah Mama Membaca Semuanya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar

Ratna Amalia | @ratnaamalia

Dari 10, cuma 2 yang dibaca; Anne Frank (jaman SD) en Dan Brown belakangan ini. Gone With The Wind, nonton filmnya aja, gak baca.

Rina Darma | @rinadarma

Dari 10 buku paling banyak dibaca orang di dunia baru baca 1 harry potter itu pun waktu masih SMA. Padahal stlh menikah suami ada buku da vinci code & twilight saga. Memalukan sy padahal ngakunya book lover huhu... *payah